Gak Sampai Rp10.000, Bisa Liburan Murah di Museum Jakarta

museum jakarta

Liburan gak selalu harus mahal. Salah satu wisata murah yang bisa kamu lakukan adalah berkunjung ke museum. Di Jakarta, banyak banget museum bersejarah yang sudah berdiri dari zaman dahulu dan punya cerita menarik.

Dengan berkunjung ke museum, kamu bisa ngerasain suasana klasik, menambah wawasan sejarah tentang Jakarta, dan sekalian cari spot foto yang bagus. Selain menyenangkan, main ke museum juga murah, lho. 

Nah, Airy punya daftar museum di Jakarta yang tiket masuknya murah banget, gak sampai Rp 10.000! Simak ulasannya sampai habis, ya!

Museum Bahari

museum jakarta
Credit: instagram.com/octavia.lia

Museum Bahari termasuk salah satu museum tertua di Jakarta yang dibangun sejak tahun 1652. Awalnya dibangun VOC sebagai gudang rempah sampai akhirnya diresmikan jadi Museum Bahari oleh Pemprov Jakarta pada 7 Juli 1977.

Di sini koleksi benda-benda kemaritiman bersejarah tersimpan dengan rapi. Kamu bisa melihat 19 buah perahu asli Nusantara yang terjaga keasliannya. Ada juga miniatur kapal laut seperti Kapal Pinisi, Perahu Lancang Kuning, dan Perahu Jukung Karere. Selain itu di Museum Bahari juga tersimpan alat navigasi pelayaran, foto-foto, dan lukisan bersejarah. 

Untuk masuk ke Museum Bahari kamu cukup membayar Rp5.000 aja. Murah banget, ya!

Museum Kebangkitan Nasional 

museum jakarta
Credit: instagram.com/mbltua

Pada zaman penjajahan Belanda, museum ini dikenal sebagai STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Artsen) atau Sekolah Dokter Bumiputera yang sangat terkenal. Di sini terdapat enam ruangan yang punya diorama dan karakteristik berbeda-beda. Ada Ruang Pengenalan, Ruang Awal Pergerakan Nasional, Ruang Kesadaran Nasional, Ruang Pergerakan Nasional, Ruang Propaganda Studi Fonds, Ruang Memorial Budi Utomo, dan Ruang Pers.

Di Museum Kebangkitan Nasional kamu bisa melihat sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang ditampilkan dalam bentuk replika, benda bersejarah, dan diorama. Harga tiketnya murah banget. Kamu cukup membayar Rp2.000 untuk dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak. 

Museum Bank Indonesia

museum murah jakarta
Credit: instagram.com/trismujiono

Di museum ini kamu bisa menemukan sejarah dan perkembangan mata uang Rupiah dan jenis-jenis mata uang negara lain. Museum Bank Indonesia juga di desain modern dengan diorama dan efek visual yang bercerita tentang perkembangan uang di Indonesia. Selain itu, museum ini juga punya arsitektur yang klasik banget. Banyak spot foto bagus dan instagramable.

Gak mahal, kamu cukup membayar Rp5.000 aja untuk masuk ke Museum Bank Indonesia. Bahkan untuk pelajar atau mahasiswa bisa masuk gratis, lho. 

Museum Fatahillah

museum jakarta
Credit: instagram.com/han.capture

Museum Fatahillah, Jakarta Barat menampilkan koleksi sejarah kota Jakarta dari masa prasejarah sampai kota Jayakarta berdiri. Kamu bisa menemukan replika dan koleksi bersejarah seperti replika Tugu Prasasti abad ke-5, replika monumen Padrao 1522, hingga koleksi peta kota Jakarta dari masa ke masa. 

Salah satu spot terkenal di museum ini adalah halaman depan museum atau alun-alun Kota Tua. Pada zaman dulu, alun-alun ini berfungsi sebagai tempat masyarakat berkumpul untuk mendengarkan pengumuman dari pemerintah Belanda. Sekarang, banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di alun-alun Kota Tua seperti menaiki sepeda onthel, menikmati jajanan, hingga berfoto-foto. 

Kamu cukup membayar Rp5.000 untuk masuk ke dalam museum. Sedangkan alun-alunnya bisa dikunjungi dengan gratis. 

Museum MH Thamrin

museum murah jakarta
Credit: instagram.com/taufikwijaya30

Gak banyak yang tahu akan kehadiran museum ini. Padahal, museum ini memiliki peran penting terkait kemerdekaan Indonesia. Gedung ini digunakan sebagai tempat rapat dan pemufakatan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, di gedung inilah konsep lagu “Indonesia Raya” pertama kali disusun oleh W.R Supratman.

Di sini kamu bisa menemukan foto-foto perjuangan MH Thamrin, foto-foto kota Jakarta pada zaman dulu, dan ada juga barang-barang pribadi MH Thamrin yang masih terjaga dan terawat dengan rapi. Banyak banget informasi sejarah menarik yang bisa kamu dapatkan.

Tiket masuknya hanya seharga Rp5.000 dan bisa kamu kunjungi setiap hari Selasa sampai Minggu pada jam 09.00 sampai 15.00 WIB. 

Terjangkau banget, kan! Menikmati museum gak perlu mahal-mahal. Bisa banget buat mengisi liburanmu. Nah, biar rencana liburanmu lebih nyaman, booking kamar dan tiket pesawat pakai Airy! Kamu cukup download dan install aplikasi Airy di Google Play Store dan App Store. Kamu bisa menemukan kamar Hotel Jakarta terbaik di Airy. Mau cari promo? Kamu bisa langsung follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Banyak banget promo Airy buat kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy 0804 111 2479. 

Header & feature image credit: instagram.com/rolly_teranishi0709

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *