Selfie Selagi Wisata? Perhatikan Dulu Aturannya di Tempat-Tempat Berikut ini!

Sejak populernya perangkat ponsel berkamera, aktivitas selfie jadi salah satu hal yang wajib tak boleh dilewatkan saat berwisata ke tempat-tempat menarik. Layaknya suvenir, hasil foto selfie bisa jadi buah tangan yang menarik untuk kenang-kenangan. Tapi ternyata selfie selagi berwisata pun ada kaidahnya lho. Banyak alasannya, mulai dari faktor keamanan, hingga persoalan tata krama. Agar tak salah, berikut ini adalah tempat-tempat yang sebaiknya jangan Anda jadikan lokasi untuk selfie.

Monumen tragedi

monumen-ground-zero
Monumen Ground Zero Bali | e-kuta.com

Tak sedikit di dunia ini dibangun sebuah monumen untuk mengenang tragedi kemanusiaan yang menyedihkan. Di Indonesia, salah satunya ada monumen “Ground Zero” yang berdiri persis di titik nol ledakan bom Bali pada tahun 2002 silam yang menewaskan ratusan jiwa. Berada di tengah hiruk pikuk jalan Legian yang jadi salah satu tujuan utama wisatawan, fotografi mungkin bisa membantu Anda untuk menyelami apa yang terjadi di tempat ini kala itu. Namun, selfie sambil memamerkan senyum ceria Anda dengan latar monumen ini bukanlah cara yang tepat.

Di sekitar hewan liar

selfie-with-wild-flickr
Selfie bersama satwa liar memang menarik, tapi jangan sampai membahayakan jiwa Anda dan mereka | Flickr

Berfoto bersama satwa liar memang kesempatan yang boleh dibilang langka dan menarik untuk dilakoni. Tapi jangan salah, selfie bersama satwa memiliki resiko yang tak hanya Anda sendiri yang menanggung, tapi juga bisa mengancam satwa itu. Di kebun binatang misalnya, pihak pengelola umumnya memasang aturan tertentu terhadap pengunjung untuk aturan boleh tidaknya berfoto bersama hewan liar. Terlebih terhadap hewan buas kemungkinan sangat besar Anda akan dilarang untuk selfie di dekatnya.

Di sisi lain, selfie bersama hewan yang cenderung lemah bila bersentuhan langsung dengan manusia tentu akan membahayakan satwa itu sendiri. Untuk itu, sebaiknya urungkan saja niat untuk selfie yang bersama hewan yang berpotensi tersakiti. Meskipun hewan, kehidupan mereka tetap harus dihormati.

Di tempat-tempat ekstrim

dangerous-selfie
Selfie di tempat ekstrim memang bikin beda dari yang lain, tapi tak jarang nyawa jadi taruhannya | CDANews

Di lokasi ekstrim sepertinya sudah tak terhitung kecelakaan yang terjadi akibat wisatawan yang nekat berfoto selfie. Seperti misalnya di tepi tebing yang curam, kawah gunung yang dalam, hingga bibir puncak gedung demi memperoleh latar foto yang ciamik. Tak sedikit pula yang berakhir dengan kehilangan nyawa. Anda patut ingat, foto bagus selagi plesiran memang penting, tapi itu tentu tak sebanding dengan jiwa Anda.

Tempat-tempat suci dan sakral

sacred-place
Berfoto di tempat suci sebetulnya tak masalah, hanya saja Anda harus tahu batasannya | Pexels

Banyak di Indonesia maupun di negara-negara lain yang memiliki tempat yang dianggap sakral, suci, keramat, dan sebagainya. Lokasi ini patut Anda ‘take-out’ dari daftar tempat selfie. Meski biasanya tempat-tempat ini memiliki arsitektur dan rupa yang mengagumkan, menjaga tata krama dengan menahan hasrat selfie di tempat ini adalah keputusan yang tepat. Beberapa tempat sebetulnya ada yang mengizinkan wisatawan untuk mengambil foto, namun pastikan dulu Anda mengetahui aturan ini.

Museum

museum-inside
Museum dikenal sebagai tempat penyimpanan barang berharga peninggalan masa lampu. Aktivitas selfie yang berlebihan tentu beresiko merusak pajangan museum | Pexels

Museum banyak menyimpan artefak-artefak berusia ribuan tahun atau karya-karya seni agung dari masa lampau. Kebanyakan artefak ini berkondisi dengan sangat rapuh dan rentan rusak jika tersentuh. Selfie di tempat ini jelas memiliki potensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan yang berujung pada kerusakan benda-benda koleksi museum. Beberapa museum bahkan telah melarang pengunjungnya membawa dan menggunakan tongkat narsis ke dalam museum untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi akibat perangkat ini.

Jika Anda orang yang memiliki kepedulian tinggi, niat ber-selfie ria di dalam museum bisa Anda urungkan demi menjaga kelestarian museum. Nikmati saja karya-karya seni yang ada, dan jika ingin mengabadikannya, perhatikan dulu aturan-aturan yang berlaku di setiap museum.

Baca juga: Tips-Tips Berfoto Selfie Keren

Agar jalan-jalan tetap nyaman dan mengasyikkan, kaidah selfie di atas bisa Anda jadikan acuan sebelum berangkat liburan. Punya pendapat lain soal tata cara selfie yang aman tatkala berlibur? Sampaikan di kolom komentar di bawah ini. Cara lain, agar liburan tetap nyaman dan aman, Anda bisa pilih akomodasi terbaik yang paling mengerti kebutuhan traveler. Di mana lagi pilihannya kalau bukan di Airy Rooms, jaringan hotel budget terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Airy-Mataram-Cakranegara-Maktal-8-lombok
Airy Mataram Cakranegara Maktal 8 Lombok
01_airy panakkukang pasar segar pengayoman makassar_twin bed room.jpg
Airy Panakkukang Pasar Segar Pengayoman Makassar

Segera pesan kamarnya melalui aplikasi resmi Airy Rooms di Google Play Store, atau kunjungi www.airyrooms.com untuk informasi lebih lanjut. Hubungi layanan konsumen kami di 0804-111-2479 (AIRY) untuk panduan selengkapnya. Airy Rooms, Tidur Nyaman, Harga Aman!

Source: National Geographic | Feature image courtesy of: Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *