Bingung Cari Ransel Ideal Untuk Hiking? Ikuti Saja 3 Tips Ini!

Buat Anda pecinta alam, aktivitas hiking tentu tak akan Anda lewati demi hanya sekedar melepas penat, atau bahkan berlibur dari rutinitas. Hiking bisa di mana saja, baik itu perbukitan, hutan rimba, atau bahkan pegunungan yang sedikit lebih menantang. Di mana pun lokasi hiking-nya, perbekalan menjadi salah satu hal wajib agar kegiatan ini bisa tetap dijalani dengan nyaman dan aman. Perbekalan, umumnya diletakkan di dalam tas berupa ransel. Tapi jangan salah, ransel yang mesti Anda pilih bukan sembarang ransel. Berikut ini adalah 3 tips yang tepat bagi Anda dalam memilih ransel sebelum pergi hiking! 

1. Perhatikan durasi perjalanan berbanding kapasitas ransel

Sesuaikan kapasitas bawaan di dalam ransel dengan durasi perjalanan. Jangan sampai dibuat repot karena tidak sesuai

Analoginya begini. Hiking di dataran tinggi Dieng tentu jauh berbeda dengan jika Anda hiking ke Gunung Rinjani. Jika ke dataran tinggi Dieng kegiatan pendakian bisa dilakukan dalam jangka waktu dua hari, ke Rinjani idealnya bisa memakan waktu tiga hingga lima hari. Durasi perjalanan inilah yang harus Anda cermati dalam memilih ransel.

Dari durasi ini tentu kaitannya adalah jumlah barang perlengkapan yang akan Anda bawa. Untuk itu pilih ransel yang berkapasitas pas sesuai dengan durasi perjalanan. Agar tidak terlalu membebani, jumlah berat barang yang dibawa maksimal 30% dari berat badan. Misal, jika berat badan Anda berkisar 60 kilogram, maksimal beban yang dibawa adalah 20 kilogram. Dengan demikian, kapasitas ransel yang ideal adalah 60+5 liter.

2. Sesuaikan fungsi pada ransel pilihan Anda

Maksimalkan fungsi yang ada pada ransel agar perjalanan tetap nyaman

Pengetahuan terhadap fungsi yang ada pada ransel, tentunya akan bermanfaat bagi Anda dalam memilih ransel yang ideal untuk. Misalnya saja manfaat frame pada ransel. Frame ransel berfungsi untuk menyesuaikan struktur badan, dan tentunya untuk menahan beban.

Selain itu, perlu diperhatikan juga fungsi dari elemen tertentu lain seperti hipbelt atau tali pinggang. Biasanya banyak pendaki yang melepas ikatan tali ini dengan alasan lebih ringkas, padahal fungsinya cukup krusial, yakni untuk meringankan beban bahu dan tulang panggul. Untuk itu pastikan tas ransel yang Anda pilih memiliki spek mumpuni yang menunjang fungsi-fungsi tadi.

3. Pilih tipe ransel yang sesuai tipe medan yang akan ditempuh

Karakteristik medan memiliki peran penting menentukan pilihan ransel yang Anda bawa

Karakteristik alam saat hiking ternyata memiliki pengaruh cukup besar terhadap pemilihan ransel. Ada ransel yang difungsikan secara spesifik, namun ada juga yang bisa digunakan di segala medan. Seperti misalnya ransel bertipe trekking yang dirancang untuk perjalanan panjang dan membawa beban berat.

Ada beberapa tipe lain yang bisa disesuaikan untuk perjalanan Anda. Namun, umumnya ransel masa kini berbahan ultralight, di mana bahan yang digunakan lebih tipis dan ringan, namun kuat untuk menahan beban berlebih.

Baca juga: 5 Jenis Sepatu Traveling untuk Perjalanan Nyaman dan Aman

Seperti halnya memilih ransel, dalam perjalanan Anda, mungkin terbesit keinginan untuk memilih penginapan yang nyaman dan mumpuni. Untuk urusan ini jangan sembarang pilih. Pastikan menginap di Airy Rooms untuk kenyamanan maksimal, dengan tarif yang minimal.

18_airy klojen oro oro dowo merbabu malang_double (1)
Airy Klojen Oro Oro Dowo Merbabu Malang
airy-sawahan-kranggan-surabaya
Airy Sawahan Kranggan Surabaya

Pesan kamar hotel Airy Rooms sekarang juga. Untuk reservasi kilat, manfaatkan aplikasi Airy Rooms yang dapat Anda download di Google Play Store. Tersedia pula pemesanan lewat situs www.airyrooms.com. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan konsumen Airy Rooms di nomor  0804 111 2479 (AIRY). Jangan lewatkan promo dan informasi ter-update Airy Rooms dengan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *