Persiapan Marathon, Perhatikan 3 Hal Penting Ini!

Persiapan Marathon

Kompetisi cabang olahraga atletik, marathon sudah menjadi trend dalam masyarakat urban sejak tahun 2013. Karena jarak tempuh marathon sejauh 42 km, maka diperlukan latihan konsisten dan stamina yang kua. Untuk kamu pemula, perhatikan hal ini selama kamu melakukan persiapan. Simak tips dari Airy untuk kamu!

Perlengkapan lari marathon

Sepatu

Jarak lari yang panjang bisa bikin kakimu kram! Jadi, jangan sepelekan perlengkapanmu saat berlari. Pilih sepatu yang nyaman, supaya kamu bisa berlari dengan leluasa. Sepatu yang tepat bisa membuatmu berlari secara konsisten dan terhindar dari cedera. Jangan lupa, perhatikan juga jenis telapak kakimu dan tipe sepatu seperti apa yang sesuai. Lalu, cek juga medan tempat kamu berlari nanti, ya. Sepatumu juga perlu disesuaikan dengan medan tempatmu berlari!

Kaos kaki

Gunakanlah kaos kaki yang menyerap keringat, untuk menghindari lecet karena akan adanya pergesekan pada tumitmu yang cukup lama. Fungsi lain dari kaos kaki ternyata penting untuk memberi tambahan bantalan, supaya lari terasa lebih nyaman. 

Sport Watch
Credit: garmin.co.id

Jangan lupa membeli jam tangan khusus lari ya, supaya bisa menjadi pengingatmu dan lebih memacu kamu untuk mencapai setiap pos, rute, sampai membantu mendeteksi detak jantungmu. Saat memakainya, jam tangan olahraga dapat meningkatkan kebugaran kamu, alat tersebut dapat berfungsi sebagai pendeteksi denyut jantung dan pengingat untukmu mulai berolahraga. Kamu bisa mendeteksi berapa banyak gerak yang sudah kamu lakukan. Jadi, running kit ini penting sekali untuk kamu miliki.

Konsistensi 

Persiapan Marathon

Saat kamu memutuskan untuk mengikuti marathon, pastikan kamu menyiapkan waktu 2-3 bulan untuk mempersiapkan stamina dan mentalmu. Idealnya, dalam seminggu kamu bisa berlatih 2-3 kali untuk mempersiapkan lomba marathon yang kamu ikuti. Minimal berlari 5 km terlebih dahulu sambil mempersiapkan latihan fisik, ya! Coba untuk berlari di pagi hari. Udara di pagi hari bisa membantumu untuk lebih produktif dan lebih segar. Jadi, sambil mempersiapkan latihan marathon, kamu juga bisa sambil refreshing singkat di pagi hari. 

H-12 sebelum marathon, sudah waktunya kamu untuk berolahraga ringan. Kamu bisa jogging atau sekedar jalan kaki. Intinya memfokuskan diri kamu untuk tenang dan terhindar dari rasa nervous

Pola Makan 

Menjelang lari, pola makan yang baik sudah harus mulai diatur. Perkaya makanan yang sehat dan mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Mulai konsumsi rutin buah-buahan dan sayuran, karena memiliki zat yang mengandung zat besi, mineral dan vitamin c. Selain itu, konsumsi karbohidrat berlebih harus kamu hindari. Jangan lupa lengkapi asupan makananmu dengan tambahan protein. 

Perbanyak minum air putih untuk mencegah kamu dari dehidrasi untuk mempertahankan keseimbangan tubuhmu juga.

Gimana sudah mulai mempersiapkan untuk mengikuti Borobudur Marathon 2019 tahun ini? Maksimalkan persiapanmu mulai sekarang ya! Jangan lupa cek syarat giveaway Borobudur Marathon 2019 dari Airy ya! 

Supaya liburan makin hemat, kamu bisa booking tiket pesawat kamu di Airy App, tersedia berbagai pilihan maskapai untuk semua destinasi kamu. Hotel Airy tersedia 90 kota di Indonesia dengan jaminan kenyamanan untukmu. Nah, itu dia rekomendasi destinasi dari Airy, selamat mencoba dan selamat liburan, ya! 

Coba sekarang download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Supaya liburanmu lebih hemat lagi, buruan follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms ,ya! Ada banyak informasi tentang promo-promo Airy!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *