Mudik Dengan Pesawat Terbang Bersama Buah Hati? Perhatikan Dulu Tips Berikut Ini

Apakah Anda berencana mudik dengan pesawat terbang pada libur Lebaran kali ini? Jika ya, informasi dalam artikel ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi Anda yang mengikutsertakan buah hati dalam perjalanan Anda. Tidak terlalu sulit sebenarnya, namun persiapan matang sebelum mudik dengan pesawat terbang sangat diperlukan agar buah hati dan Anda tetap nyaman selama perjalanan.

Hal yang patut Anda perhatikan pertama kali, pastikan Anda mengetahui kebijakan dari setiap maskapai penerbangan. Beberapa maskapai diketahui memiliki kebijakan yang berbeda dalam membawa penumpang anak kecil, terutama bayi dalam perjalanan. Umumnya kategori anak kecil berusia yaitu di bawah 12 tahun, dan kategori bayi ialah berusia di bawah dua tahun.

Pahami dengan seksama kebijakan masing-masing maskapai, terutama jika Anda berniat untuk membawa si kecil yang masih berusia di bawah 14 hari, beberapa maskapai ada yang tidak mengizinkan bayi berusia di bawah 14 hari untuk ikut terbang. Meskipun, ada juga beberapa maskapai yang mengizinkan namun harus disertai dengan keterangan medis dari institusi kesehatan minimal 72 jam sebelum keberangkatan.

Setelah Anda memahami kebijakan standar maskapai perihal aturan dan izin penerbangan, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut yang akan bermanfaat bagi sang buah hati. Simak di bawah ini:

1. Sesuaikan Waktu Penerbangan Dengan Jam Tidur Anak

Penyesuaian ini akan tentu akan membuat anak Anda tetap nyaman dalam perjalanan. Jika anak-anak terbiasa tidur siang, usahakan pilih jadwal penerbangan pada siang hari. Dan jika penerbangan memakan waktu tempuh yang panjang, jadwal penerbangan di malam hari akan sangat membantu Anda dan anak-anak dapat tidur dengan tenang selama penerbangan.

2. Pilih tempat duduk yang berdekatan dengan lorong

Posisi duduk yang berdekatan dengan lorong jelas akan memudahkan mobilitas anak ketika misal ingin pergi ke toilet dan sebagainya. Posisi ini juga memudahkan Anda untuk meminta bantuan dari kru pesawat.

3. Bawa asupan anak ke dalam kabin

Agar tetap nyaman, beri asupan favorit anak Anda dalam penerbangan. Seperti misalnya; makanan pendamping ASI, botol susu, air mineral (tidak lebih dari 100ml), camilan anak, dan sebagainya yang tentu akan membantu menjaga asupan makan selama penerbangan. Perlu Anda ketahui, sajian di dalam penerbangan belum tentu berselera bagi anak Anda, jadi pastikan untuk membawa makanan favoritnya tadi.

4. Bawa perlengkapan penting lainnya ke dalam kabin

Bawa perlengkapan yang membuat buah hati Anda nyaman seperti kaus kaki, selimut, serta penutup kepala agar menjaganya untuk tetap hangat di dalam kabin pesawat yang dingin. Pastikan untuk tidak membawa stroller ke dalam kabin, dikarenakan beberapa maskapai penerbangan memiliki kebijakan tertentu agar stroller disimpan di bagasi.

5. Bawa mainan favoritnya

Untuk waktu tempuh penerbangan yang cukup jauh, bawa mainan favorit anak Anda agar perjalanan tidak membuatnya bosan. Tapi perlu Anda ingat, mainan yang Anda bawa seperlunya saja dan hindari membawa mainan yang berukuran besar.

6. Perhatikan kondisi anak saat pesawat lepas landas dan mendarat

Situasi ini mungkin dapat menyebabkan kenyamanan anak terganggu. Untuk menghindarinya, berikan asupan berupa cairan sesaat sebelum memasuki situasi ini, seperti misalnya saat lepas landas, beri anak Anda susu atau mengunyah permen agar bisa terhindar dari sakitnya gendang telinga akibat perubahan tekanan udara secara mendadak.

Baca juga: Libur Lebaran Hemat dan Nyaman Bersama AiryRooms

Itulah tadi sedikit tips yang akan berguna bagi Anda dan buah hati saat mudik bersama dengan pesawat terbang. Untuk referensi penginapan terbaik dalam liburan Anda, pastikan pilih Airy Rooms, jaringan akomodasi budget terkemuka di Indonesia yang menawarkan kenyamanan tingkat tinggi, dengan tarif kamar yang sangat terjangkau.

01_Airy Sawahan Kranggan Surabaya_double bed room.jpg
Airy Sawahan Kranggan Surabaya
01_airy panakkukang pasar segar pengayoman makassar_twin bed room.jpg
Airy Panakkukang Pasar Segar Pengayoman Makassar

Temukan inspirasi liburan menarik lainnya bersama Airy Rooms dengan mengikuti akun media sosial kami di Facebook, Twitter, dan juga Instagram. Airy Rooms sudah bekerjasama dengan hotel-hotel budget terpilih di kota Jakarta, Tangerang, Bandung, Bogor, Surabaya, Solo, Jogja, Batam, Makasar, Padang, Medan, Lombok, Semarang, Bali, Malang, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak dan akan segera hadir di kota lainnya. Airy Rooms memastikan kenyamanan menginap Anda dengan menyediakan linen dan kasur yang berkualitas, kamar ber-AC, kamar mandi yang bersih, flat-screen TV, sarapan setiap hari dan unlimited Wi-Fi. Kamar ini bisa dipesan langsung lewat aplikasi AIRY APP yang bisa di-download langsung di Google Play Store atau di website airyrooms.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *