Mau Pulang Kampung Dengan Nyaman Bersama Buah Hati? Simak Tipsnya!

Menjelang hari raya Idul Fitri, tradisi mudik (pulang kampung) seakan jadi tradisi yang tak bisa dipisahkan oleh masyarakat Indonesia. Umumnya, aktivitas satu tahun sekali ini kerap membutuhkan waktu perjalanan yang cukup panjang, terlebih jika perjalanan dilakukan dengan transportasi darat. Situasi ini juga kerap jadi tantangan tersendiri bagi orang tua, yang mengikutsertakan si buah hati dalam perjalanan liburan menuju kampung halaman. Agar perjalanan mudik bersama si kecil bisa tetap nyaman, berikut ini ada tips yang bisa dilakukan dan mungkin bermanfaat untuk Anda. Silakan disimak.

1. Bawa perlengkapan khusus anak di dalam satu tas terpisah

Perlengkapan khusus anak Anda sebaiknya disimpan dalam satu tas terpisah yang memudahkan mobilitas | Photo: Pixabay

Perlengkapan khusus anak Anda terkadang bisa lebih banyak ketimbang orang tuanya. Perlengkapan ini bisa berupa baju ganti, popok, peralatan mandi, handuk kecil, alat makan, dan sebagainya. Agar tak merepotkan dalam perjalanan, perlengkapan macam ini jangan digabung dalam tas pakaian. Ada baiknya Anda simpan di dalam tas terpisah, mungkin bisa berupa tas jinjing, atau juga ransel kecil agar mudah dikeluarkan saat tiba-tiba dibutuhkan dalam perjalanan.

2. Gunakan car seat

Car seat khusus anak biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi demi menambah kenyamanan perjalanan | Photo: bbc.com

Tak jarang, para pemudik juga kerap menggunakan kendaraan roda empat pribadi untuk menuju kampung halamannya. Jika Anda salah satunya, penggunaan car seat (perangkat kursi khusus untuk anak kecil di dalam mobil) bisa jadi cara yang tepat agar anak Anda tetap nyaman dalam perjalanan. Umumnya, car seat juga dilengkapi dengan fitur keamanan tersendiri, jadi si kecil dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bawa snack dan mainan favoritnya

Bermain gadget bisa jadi cara ampuh menghilangkan rasa bosan di perjalanan panjang | Photo: er24.info

Semua tahu, perjalanan panjang bisa membuat semua orang bosan. Begitu juga dengan anak Anda. Maka dari itu, pastikan Anda bawa serta makanan kecil berikut dengan mainan favoritnya untuk dapat membunuh rasa bosan karena jarak tempuh yang panjang. Di jaman sekarang, gadget seperti mobile tablet atau pun smartphone jadi “perangkat” yang ampuh untuk mengisi waktu si kecil dalam perjalanan.

4. Bawa kantung sampah

Sempatkan membawa kantung plastik untuk membuang sampah | Photo: huffingtonpost.com

Tak ada yang tahu kapan momen seperti mabuk perjalanan, atau pun makanan anak Anda tak sengaja tumpah di dalam mobil benar-benar terjadi. Namun setidaknya, “skenario terburuk” tadi bisa teratasi hanya karena Anda membawa kantung sampah, seperti misalnya kantung plastik bekas, dan sebagainya.

5. Istirahat secara berkala

Rest area yang banyak tersebar di jalan tol bisa jadi tempat istirahat yang ideal bagi Anda dan juga buah hati | Photo: detik.com

Idealnya, menyetir non-stop harus diimbangi dengan istirahat secara berkala setiap 2 atau 3 jam sekali. Tak perlu lama-lama, istirahat selama 15 sampai 30 menit tentu sangat bermanfaat. Hal ini selain mampu mengembalikan konsentrasi bagi si pengendara, anak Anda juga bisa melakukan perjalanannya dengan tenang. Waktu istirahat ini bisa dimanfaatkan antara lain menggunakan toilet umum, menghirup udara segar, atau beribadah.

6. Jangan merokok

Urungkan niatan merokok dalam perjalanan demi kenyamanan anak Anda saat mudik | Photo: Pixabay

Jika Anda termasuk tipe perokok, demi kenyamanan sang anak, ada baiknya Anda urungkan dulu niat merokok di dalam perjalanan. Selain memang tak baik bagi kesehatan si kecil, asap rokok jelas membuat ia juga jadi tak nyaman dalam perjalanan. Jika tak tahan, Anda bisa manfaatkan waktu istirahat di rest area untuk sekedar merokok. Pastikan jangan sampai merokok di dalam mobil. Cemilan ringan seperti permen karet biasanya akan membantu sebagai alternatif rokok dalam perjalanan.

Baca juga: 5 Tips Singkat Ini Bisa Bikin Mudik Anda Tetap Nyaman dan Aman

Dengan mengikuti sedikit tips di atas tadi, setidaknya perjalanan mudik Anda bersama sang buah hati bisa berjalan dengan nyaman, dan tanpa kendala. Tak lupa, jika Anda membutuhkan akomodasi yang nyaman dan aman saat libur Lebaran, pastikan Anda pilih Airy Rooms, jaringan akomodasi hemat terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Airy Dago Golf Raya 49 Bandung
Airy Tegalsari Kawi Raya 49 Semarang

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Untuk informasi dan kode promo terbaru, jangan lupa like Facebook Airy Indonesia dan follow Instagram dan Twitter @airyindonesia.

Feature image: Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *