Liburan Keluarga Ternyata Mampu Beri Manfaat Positif Pada Perkembangan Otak Anak!

Sebagai seorang dewasa, manfaat liburan tak jauh hanya sekedar untuk refreshing atau mengisi ulang tenaga yang terkuras oleh aktivitas sehari-hari. Namun bagi anak-anak, manfaat berlibur bersama sang buah hati selain mampu memberikannya sebuah kebahagiaan tersendiri, manfaat tumbuh kembang otak secara positif juga akan diraihnya.

Pembelajaran di rumah itu penting, namun menjelajah dunia luar juga sama pentingnya. Setidaknya inilah pesan yang ingin coba disampaikan oleh perkembangan sains terkini yang menyatakan, bagi para orang tua mari mulai dari sekarang coba untuk ajak anak ikut liburan bersama-sama. Dikutip dari Telegraph, berikut ini merupakan manfaat yang bakal didapat ketika kita melakukan liburan bersama sang buah hati:

Perkembangan Otak

Hanya sedikit yang mengetahui bahwa liburan dapat memberikan manfaat pada perkembangan otak pada anak-anak kita. Hal ini karena ketika berada di dalam liburan keluarga, kita sedang melatih dua sistem genetik yang berada di bagian limbic pada otak yang seluruhnya tidak dilatih ketika berada di rumah. Hal ini disebut dengan “Play system” dan “Seeking system”.

Play system pada otak dilatih setiap kali kita menenggelamkan kaki anak kita ke dalam pasir, melakukan sebuah permainan di kolam renang atau menggendong mereka di belakang punggung kita. Sedangkan untuk Seeking system, dilatih pada setiap kali kita pergi berjelajah bersama dengan mereka, seperti ke hutan, pantai, dan tempat-tempat yang membutuhkan sedikit aktivitas petualang.

Sistem dan kinerja otak seperti ini ditemukan pertama kali oleh seorang ahli syaraf dunia, Profesor Jaak Pankepp dari Washington State University. Menurutnya, aktivitas liburan keluarga secara utuh dapat memicu reaksi senyawa neuro-kimia yang acap kali ada di tiap otak anak yang sedang bertumbuh, senyawa tersebut termasuk senyawa  opioids, oxytocin dan dopamine yang membantu otak untuk mengurangi stress, menghangatkan suasana keluarga, meningkatkan rasa rendah hati di antara sesama, dan perasaan saling mencintai dari semua hal yang baik di dunia.

girl-play-at-beach
Membawa buah hati mengenalkan alam terbuka dipandang sangat baik bagi tumbuh kembang otaknya

Dengan fungsi yang sedemikian rupa, semakin sering kita berlibur bersama anak tentu dapat meningkatkan perkembangan otak dan pendewasaan pada anak kita yang terlibat dalam fungsi kognitif, kecerdasan sosial, dan mampu memiliki kemampuan untuk fokus secara lebih baik yang dalam hal ini jelas sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran akademis anak.

Membangun kemampuan konsentrasi

Para peneliti telah mengungkapkan, bahwa perkembangan pada kemampuan konsentrasi anak setelah berada di alam terbuka meningkat lebih cepat. Diklaim peningkatan itu mampu dicapai hanya dalam kurun waktu 20 menit. Hal ini kemudian menyimpulkan bahwa liburan bersama buah hati akan lebih baik jika dilakukan di alam terbuka. Karena, secara luar biasa, penelitian pada otak menyatakan bahwa alam dapat meningkatkan fungsi khusus dalam mengatur tingkat stress, perhatian, konsentrasi, perencanaan yang bagus dan kemampuan untuk belajar secara lebih siginifikan.

Bagaimana ingin bersenang-senang sambil meningkatkan kemampuan dan perkembangan otak sang buah hati? Yuk mulai sekarang ajak anak kita berlibur bersama menikmati alam terbuka. Beberapa kamar Airy juga tersedia di berbagai lokasi yang menawarkan keindahan alam, seperti misalnya di Airy Rooms Bali, Airy Rooms Lombok, dan juga di beberapa lokasi di Jawa Barat seperti Airy Bogor dan Bandung.

airy-cimanggu-bogor
Airy Premier Bukit Cimanggu Bogor
airy-mataram-batu-bolong-senggigi-lombok
Airy Mataram Batu Bolong Senggigi Lombok

Airy Rooms sudah bekerjasama dengan hotel-hotel budget terpilih di 72 kota di Indonesia. Airy Rooms memastikan kenyamanan menginapmu dengan menyediakan linen dan kasur yang berkualitas, kamar ber-AC, kamar mandi yang bersih, flat-screen TV, sarapan setiap hari dan unlimited Wi-Fi.

Temukan tiket pesawat murah dan kamar nyaman sesuai dengan kebutuhan perjalananmu melalui website ataupun Airy App! Download langsung di App Store atau Play Store untuk pemesanan yang lebih cepat dan mudah. Info dan pemesanan kamar bisa dilakukan melalui airyrooms.com jika ada kendala reservasi silakan menghubungi Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Feature image courtesy of: Pixabay

One Response to “Liburan Keluarga Ternyata Mampu Beri Manfaat Positif Pada Perkembangan Otak Anak!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *