Ini Dia 5 Cara Mudik Seru Dengan Budget Terbatas!

Bagi seorang perantau, kesempatan mudik setahun sekali ke kampung halaman tentu merupakan kesempatan yang berharga. Namun apa daya, musim Lebaran yang biasa diiringi dengan melonjaknya harga-harga bisa jadi membuat rencana mudik yang sudah disiapkan jauh hari jadi sedikit terganggu. Terkendala biaya mungkin saja tak bisa dihindari, tapi siasat untuk bisa mudik dengan budget terbatas tetap ada caranya. Nah untuk itu, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar mudik ke kampung halaman bisa dijalani dengan nyaman, meski budget kamu terbatas.

1. Gunakan moda transportasi yang tepat

Mudik dengan kendaraan pribadi bisa jadi lebih irit biaya ketimbang menggunakan moda transportasi umum | Photo: jogjasemberani.com

Jika jarak kampung halamanmu tak memakan waktu panjang jika dilakukan dengan perjalanan darat, menggunakan moda pesawat mungkin bukan pilihan yang tepat jika ingin berhemat saat mudik. Banyak cara, misalnya saja menggunakan moda kereta api atau bis antar kota umumnya memiliki tarif yang jauh lebih murah ketimbang pesawat. Apalagi jika kamu memiliki kendaraan pribadi, ongkos mudik kamu bisa lebih murah. Asal harus tetap mentaati peraturan ya. Khusus untuk kendaraan roda dua, maksimal penumpang yang disarankan adalah dua orang. Atau, jika kamu menggunakan mobil, memperhatikan kondisi kendaraan sebelum berangkat adalah kiat yang sangat tepat.

2. Ajak kerabat ikut serta dalam perjalanan

Mudik bersama kerabat bisa membantu meringankan biaya perjalanan | Photo: bangka.tribunnews,com

Menyambung cara sebelumnya, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, biaya bensin atau bahan bakar tentu jadi biaya utama yang harus dikeluarkan. Agar lebih hemat, untuk menyiasatinya kamu bisa ajak kerabat atau rekan dalam perjalanan, sembari biaya tersebut bisa di-share sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mendukung perjalanan.

3. Singkirkan sedikit biaya untuk membeli oleh-oleh

Membeli oleh-oleh dari kampung halaman memang menarik, tapi tak wajib bukan? | Photo: amabeltravel.com

Membeli oleh-oleh dari kampung halaman memang menarik, namun karena salah satu tujuan mudik kamu kali ini adalah untuk berhemat, maka sebaiknya singkirkan dulu biaya ekstra untuk membeli oleh-oleh. Jika memang “diharuskan” untuk membeli oleh-oleh, maka pastikan oleh-oleh yang kamu beli tepat sasaran agar tidak menghamburkan uang.

4. Bawa bekal makanan dalam perjalanan

Dengan membawa bekal, biaya makan saat perjalanan bisa teratasi dengan maksimal | Photo: Pixabay

Dalam perjalanan yang panjang, terkadang biaya untuk makan juga bisa jadi penyebab mengapa cost mudik kamu kali ini cukup membengkak. Agar tidak kejadian, kamu bisa menyiasatinya dengan membawa bekal makanan dari rumah. Dengan begini, biaya makan dalam perjalanan bisa teratasi dengan mudah.

5. Buat catatan pos anggaran

Photo: Pixabay

Agar pengeluaran lebih teratur, kamu bisa membuat catatan pos pengeluaran selama mudik dalam sebuah catatan terpisah. Hal ini selain dapat menghindari kamu dari pengeluaran yang berlebih , kamu bisa mengetahui ke mana saja pengeluaran tersebut dialokasikan saat mudik. Niscaya, cara ini akan sangat membantu kamu dalam menghemat biaya mudik.

Demikian cara yang bisa kamu ikuti untuk bisa berangkat mudik dengan hemat. Ada satu lagi cara lain untuk menghemat biaya perjalanan kamu. Pilih akomodasi terbaik bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi hemat terbesar dan terpercaya di Indonesia. Dengan pilihan ribuan kamar yang tersebar di seluruh Indonesia, Airy Rooms siap jadi mitra akomodasi terbaik kamu saat libur Lebaran. Ingin tahu kamarnya seperti apa? Cek kamar Airy Rooms di bawah ini dan booking sekarang juga.

Airy Kota Lama Semarang Imam Bonjol 28
Airy Terminal Tirtonadi MT Haryono 80 Solo

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Kunjungi juga Facebook Airy Indonesia dan follow Twitter dan Instagram @airyindonesia untuk informasi dan kode promo terbaru!

Feature image: Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *