Cegah Ketinggalan Pesawat Dengan Ikuti Tips Ini

Berlibur memang setidaknya membutuhkan rencana yang matang, mulai dari akomodasi, itinerary, hingga dana semuanya perlu perencanaan. Tatkala semuanya sudah siap, di hari-H semua rencana liburan tersebut jadi berantakan total akibat Anda ketinggalan pesawat. Jika Anda tak ingin mengalami hal tersebut, tak ada salahnya bagi untuk Anda simak tips singkat berikut ini perihal menghindari tertinggal jadwal pesawat.

Seperti yang dirangkum dari Condé Nast Traveler, beberapa tips di bawah ini mungkin patut diikuti agar Anda dapat duduk rapih di kursi pesawat dengan tepat waktu:

1. Lakukan packing maksimal 2 (dua) hari sebelumnya

Melakukan packing pakaian dan perlengkapan di hari-H, atau sehari sebelumnya adalah ide yang buruk. Biasakan lakukan packing maksimal dua hari sebelum hari keberangkatan. Hal ini tak hanya membuat segalanya jadi teratur, namun juga bisa memastikan barang bawaan Anda komplit dan tak ada yang tertinggal di rumah.

2. Manfaatkan fasilitas online check-in

Proses check-in di bandara sangat memakan waktu, terlebih antriannya yang tak pernah pendek. Manfaatkan fasilitas online check-in yang kini telah tersedia di banyak maskapai. Pastikan cari tahu dulu info web check-in maskapai yang tersedia.

3. Cari tahu gate keberangkatan Anda

Kita semua tentu tahu bahwa bandara adalah tempat yang sangat luas. Jangan sampai Anda ketinggalan pesawat hanya karena tidak tahu letak gate keberangkatan. Untuk itu, sebaiknya Anda cari tahu dulu posisi penerbangan Anda berada di gate mana. Informasi gate biasanya akan didapat setelah proses check-in.

4. Gunakan kendaraan pribadi atau minimal gunakan taksi jika harus menggunakan kendaraan umum

Di Indonesia umumnya bandara terletak jauh dari pemukiman, dan itu artinya cukup sulit menjangkau bandara dengan kendaraan umum seperti angkutan kota, bis umum, dsb. Kendaraan pribadi seperti mobil adalah pilihan terbaik, meski jika diharuskan menggunakan kendaraan umum, saat ini taksi merupakan alternatif paling aman untuk menjangkau bandara dengan tepat waktu dan nyaman, meski bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, konon dalam beberapa waktu mendatang akan dilintasi oleh layanan kereta api umum.

…dan jika semua usaha terbaik di atas berhasil membuat Anda tiba di bandara tepat waktu, nasib sial siapa yang tahu, pesawat idaman rupanya mengalami keterlambatan (delay). Agar tak terlalu kecewa, tips yang diberikan oleh Afar Magazine di bawah ini mungkin bisa berguna bagi Anda tentang bagaimana untuk tetap “menikmati” jadwal keberangkatan yang tertunda:

1. Pastikan bawa perlengkapan penting di tas kecil

Bosan menunggu, biasanya kita membutuhkan sesuatu untuk sekedar ‘killing time‘ apakah itu buku bacaan, konsol permainan genggam, dan lain sebagainya. Nah, jika benda penyelamat itu benar diperlukan, ada baiknya jangan disimpan di dalam tas koper yang tentu akan sangat merepotkan jika harus membongkarnya di tengah keriuhan bandara. Untuk itu, ada baiknya anda membawa tas kecil cadangan sebagai tempat menyimpan berbagai hal tersebut yang bisa dikeluarkan sewaktu-waktu tanpa memerlukan usaha yang repot.

2. Cari tahu kompensasi yang diberikan oleh maskapai

Jika penundaan keberangkatan disebabkan oleh kelalaian Anda sendiri, biasanya tidak ada kompensasi yang diberikan oleh maskapai, kecuali Anda membeli tiket berjenis “fleksibel”, penjadwalan ulang keberangkatan bisa diatur kembali oleh maskapai. Namun, lain halnya jika keterlambatan berasal dari kesalahan maskapai (selain faktor force majeur tentunya), Anda berhak dapat kompensasi. Beberapa maskapai memiliki standar kompensasi tersendiri, untuk itu ada baiknya Anda cari tahu tentang informasi ini.

3. Belanja dan cari hiburan di bandara

Beberapa bandara masa kini tak ubahnya seperti mall atau tempat hiburan pada umumnya. Tersedia banyak tempat berbelanja hingga bersantai sambil cari hiburan, seperti cafe, restoran, hingga tempat memanjakan diri seperti spa atau pun massage. Di sejumlah bandara bertaraf internasional bahkan menyediakan bioskop mini sebagai tempat menghabiskan waktu sembari menunggu jadwal penerbangan.

4. Jika baru dapat jadwal penerbangan kembali di esok hari, cari saja hotel terdekat dari bandara

Tak jarang penjadwalan ulang keberangkatan baru didapat esok hari. Agar tidak terpaut jauh dengan lokasi bandara, mencari penginapan yang berlokasi di sekitarnya adalah solusi yang paling jitu. Seperti halnya dengan jaringan kamar hotel Airy Rooms, di mana beberapa kamar hotel terbaiknya terletak hanya beberapa menit saja dari bandara. Misalnya saja seperti di Jakarta, Anda bisa temukan Airy Bandara Soekarno Hatta Suryadarma. Sedangkan untuk di Bali, Airy Bandara Ngurah Rai 1 bisa jadi pilihan yang tepat. Tak ketinggalan, di Jogja juga ada beberapa kamar hotel Airy Rooms yang terletak dekat dengan bandara Adi Sucipto.

promoAiry Tuban Dewi Sartika 3 Bali - Gowin Hotel

promo Airy Tuban Kubu Anyar_Ohana Hotel Kuta

Jaringan kamar hotel Airy Rooms telah bekerjasama dengan berbagai hotel budget terpilih yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti di Jakarta, Tangerang, Bandung, Bogor, Surabaya, Solo, Jogja, Batam, Bali dan akan segera hadir di kota lainnya. Airy Rooms memastikan kenyamanan menginap dengan menyediakan linen dan kasur yang berkualitas, kamar ber-AC, kamar mandi yang bersih, flat-screen TV, sarapan setiap hari dan unlimited Wi-Fi.

Temukan tiket pesawat murah dan kamar nyaman sesuai dengan kebutuhan perjalananmu melalui website ataupun Airy App! Download langsung di App Store atau Play Store untuk pemesanan yang lebih cepat dan mudah. Info dan pemesanan kamar bisa dilakukan melalui www.airyrooms.com, jika ada kendala reservasi silakan menghubungi Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Image courtesy of: Shutterstock

2 Responses to “Cegah Ketinggalan Pesawat Dengan Ikuti Tips Ini”

  • Reza Fauzan azerta Reply

    Nomor wa ceklis ? Klo gak ada nomor wa jgn di cantumkan . Saya mau tanya check in online pemesanan saya bagaimana ?

    • Hai mohon maaf atas ketidaknyamanannya, Anda bisa menghubungi Customer Care kami di 0804 111 2479 atau live chat di FB CS kami: facebook.com/AiryIndonesiaCS. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *