Pedestrian Jalan Malioboro, Wajah Baru di Yogyakarta

Jalan Malioboro

Sebagai salah satu ikon pariwisata Indonesia, pesona Yogyakarta tidak pernah hilang dari ingatan. Kota yang terkenal dengan gudeg, kebudayaan, dan keramahan warganya, kini memiliki wajah baru. Pedestrian Jalan Malioboro yang sudah selesai direvitalisasi bisa menjadi destinasi wisata ketika berkunjung ke Jogja. Kamu yang akan berkunjung ke Jalan Malioboro juga tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor, lho! Hal ini karena, jalan tersebut sudah ditetapkan sebagai kawasan khusus pedestrian.

Karena sudah menjadi kawasan khusus pedestrian, Jalan Malioboro hanya dilalui oleh moda transportasi tradisional seperti andong dan becak. Selain itu, angkutan bermotor yang diizinkan melintas di kawasan Jalan Malioboro hanya bus Trans Jogja.

Jalan Malioboro

Akhir tahun lalu, Pemerintah Kota Yogyakarta berencana menggandeng operator untuk membangun aplikasi pemanggil andong dan becak secara online. Aplikasi tersebut mirip seperti ojek online, tetapi untuk memanggil andong dan becak. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan, dapat memudahkan kamu yang akan berkunjung ke Jalan Malioboro.

Diharapkan, dengan wajah baru dari Jalan Malioboro, makin banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Pada tahun 2019, Dinas Pariwisata Yogyakarta menargetkan sekitar 3,4 juta wisatawan, yang akan terus bertambah hingga 4 tahun mendatang.

Nah, selain Jalan Malioboro, ada sejumlah objek wisata baru di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi.

Pedestrian Jalan Suroto

Jalan Malioboro
Credit : instagram.com/_uni26_

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, keberadaan pedestrian baru di Jalan Suroto bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menikmati pedestrian di Yogyakarta selain Malioboro. Mirip dengan Jalan Malioboro, pedestrian Jalan Suroto juga dilengkapi bangku, taman, guiding block untuk penyandang disabilitas, serta lampu bergaya Indis khas Kotabaru yang membuat nyaman pejalan kaki.

The Lost World Castle

Jalan Malioboro
Credit : instagram.com/herrywb_

Salah satu destinasi yang sedang hits di Yogyakarta adalah The Lost World Castle. Destinasi wisata terbaru di lereng Gunung Merapi ini akan membuat kamu seperti berada di belahan dunia lain. Di sini, kamu bisa melihat benteng kuno seperti The Great Wall di Tiongkok, Taman Cowboy, Paradise Gate untuk berfoto dengan latar pemandangan Merapi, dan 3D Art Installation.

Desa Wisata

Selain menelusuri jalanan Malioboro atau berburu sunset di Candi Ratu Boko, kamu bisa berkunjung ke desa wisata yang ada di Yogyakarta. Sebut saja Desa Wisata Kasongan, Tembi, Manding, Krebet dan Ketingan. Ada banyak kegiatan seru anti mainstream yang bisa kamu lakukan di desa-desa wisata ini. Mulai dari menanam padi, memetik buah langsung dari pohon, hingga membuat kerajinan dari gerabah.

Jalan Malioboro
Credit : instagram.com/saejanis

Ayo ajak temanmu untuk mengunjungi Yogyakarta, dan kunjungi destinasi-destinasi baru di sana bersama Airy. Caranya gampang, download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store, lalu pesan tiket pesawat dan kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhanmu! Jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, biar gak ketinggalan informasi promo-promo menarik dan destinasi seru lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 08041112479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *