Aduk Yu Sheng Salad, Teriakkan Harapanmu!

Yu Sheng Salad

Saat Imlek tiba, apa tradisi atau makanan khas yang paling kamu tunggu-tunggu? Selain bisa berkumpul bersama keluarga terkasih, Imlek juga menjadi momen yang dinanti untuk menikmati makanan yang hanya ada saat Tahun Baru Cina ini. Salah satunya Yu Sheng Salad!

Yu Sheng merupakan makanan pembuka yang akan dimakan terlebih dahulu saat mulai merayakan Imlek. Terdiri dari ikan dan sayuran segar, makanan satu ini punya makna yang mendalam, mulai dari bahan hingga cara menyantapnya. Ada saja faktanya? Kita cari tahu sama-sama, yuk!

Yu Sheng Salad
Credit: mothership.sg

Imlek memang identik dengan etnis Tionghoa, karena merupakan Tahun Baru Cina. Tapi tahukah kamu? Ternyata, Yu Sheng Salad bukan berasal dari negeri tirai bambu, lho. Tradisi ini dimulai oleh nelayang yang datang dari Guangzhou dan menetap di Malaysia. 

Dirinya merayakan Imlek dengan ikan yang melimpah, hasil tangkapannya di laut. Seiring berjalannya waktu, tradisi ini diadaptasi oleh etnis Tionghoa yang tinggal di Malaysia, Indonesia, dan Singapura.

Yu Sheng Salad
Credit: fortuna.vn

Sebelum disantap, bahan-bahan salad ini dihidangkan secara terpisah. Sayuran ada di satu wadah, ikan di wadah yang berbeda, serta masing-masing sausnya ada di mangkuk lain. Biasanya, ikan yang dipilih adalah irisan ikan tuna atau salmon. 

Ternyata, masing-masing bahan salad memiliki makna. Ikan melambangkan kelimpahan, kulit wonton goreng sebagai lambang emas, dan wortel memiliki arti keberuntungan. Ketika semua disatukan, diharapkan seluruh keluarga akan mendapat kelimpahan dan berkat di tahun yang akan datang.

Yu Sheng Salad
Credit: singaporemotherhood.com

Di sinilah keunikan dan tradisi menikmati Yu Sheng Salad. Keluarga akan duduk mengelilingi hidangan ini. Kemudian, semua bahan salad akan dicampur menjadi satu. Seluruh anggota keluarga mengaduk salad menggunakan sumpit masing-masing, sembari berteriak tentang doa dan harapan mereka di tahun baru. 

Salad diaduk dan diangkat tinggi. Ada kepercayaan yang mengatakan, semakin tinggi Yu Sheng diangkat, semakin besar dan tinggi pula rezeki yang akan diterima. Selama proses mengaduk salad, para anggota keluarga akan tertawa, bahagia, dan menjadi ritual favorit saat imlek.

Kalau kamu, apa aktivitas Imlek yang paling kamu tunggu? Liburan bersama keluarga? Pas banget! Airy punya pilihan kamar nyaman untuk kalian saat tamasya nanti. Cek rekomendasinya di bawah, ya!

Sekarang, rencanakan liburan Imlek bareng Airy, yuk! Buruan download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Kamar Airy sudah menanti kamu sekeluarga untuk liburan. Selain kamar hotel, di Airy juga bisa pesan tiket pesawat, lho. Rute penerbangan domestiknya lengkap! Supaya liburanmu makin irit, jangan lupa follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Airy punya berbagai promo dan info menarik untukmu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

One Response to “Aduk Yu Sheng Salad, Teriakkan Harapanmu!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *