Sehat dan Lezat! Ini Jenis Pecel Khas di Indonesia

jenis pecel

Kata siapa semua nasi pecel itu sama aja? Biasanya, pecel yang kita kenal berisi sayuran rebus seperti kacang panjang, kol, bayam, lalu disiram dengan sambal kacang Namun jangan salah, nasi pecel juga punya banyak varian dengan ciri khas masing-masing, lho! 

Perbedaan di setiap daerah terletak pada jenis sayuran, jenis sambal, hingga hidangan pendampingnya. Variasi pecel biasanya akan mengikuti ciri khas daerah tersebut. Beberapa daerah di pulau Jawa punya beragam jenis pecel dengan versi unik.  

Dari ulasan Airy berikut ini, kira-kira yang mana favorit kamu? Simak sampai habis, ya!

Pecel Turi

jenis pecel
Credit: instagram.com/herminanovida 

Pecel ini berasal dari Yogyakarta. Sesuai namanya, hidangan ini menggunakan kembang turi sebagai salah satu bahan pecel. Bunga turi punya cita rasa gurih, sedikit pahit, dan ada aroma wangi dan harum ketika kamu makan. Pecel Turi ini favorit banget buat masyarakat Yogyakarta. Sensasi rasa bunga turi dalam pecelnya nikmat banget!

Pecel Punten

jenis pecel
Credit: instagram.com/wid_satriyo

Hidangan satu ini cukup berbeda dari jenis pecel lainnya. Kalau pecel lain dihidangkan dengan nasi, pecel ini disajikan dengan “punten”, sejenis ketupat namun terbuat dari beras dan santan kental. Bentuknya terlihat seperti nasi yang dipadatkan. Pas banget buat sarapan kamu! 

Pecel Ponorogo

jenis pecel
Credit: instagram.com/pasangankulineran

Tetangga kota Madiun, Ponorogo juga punya ciri khas unik. Nasi Pecel Ponorogo menggunakan tambahan sayur trancam dan parutan kelapa dalam hidangannya. Selain itu, bumbu kacang yang digunakan juga sedikit lebih pedas dari biasanya. Bakal bikin kamu makin lahap, nih!

Pecel Kecombrang

jenis pecel indonesia
Credit: instagram.com/warungkulo

Purwokerto juga punya jenis pecel unik, yaitu Pecel Kecombrang. Hidangan ini ini bisa dibilang spesial karena bunga kecombrang bukanlah jenis sayuran yang gampang kamu temukan di pasar. Penggunaannya di pecel juga memberikan sensasi unik yaitu aroma wangi ketika di makan. Kesegarannya bikin mood kamu happy!

Pecel Bledek

jenis pecel indonesia
Credit: instagram.com/soviadenysugianto

Jangan ngaku pecinta pedas kalau belum coba Pecel Bledek khas Nganjuk, Jawa Timur. “Bledek” dalam bahasa Jawa memiliki arti petir, jadi siap-siap aja kamu bakal ngerasain pecel yang pedasnya seperti “disambar” petir! Rasa pedas di pecel ini bakal bikin kamu penasaran dan mau nambah terus. Gak bisa berhenti makan, deh!

Jadi makin lapar, ya? Langsung aja susun rencana liburanmu buat cobain varian pecel tadi pakai Airy! Kamu cukup download dan install Airy melalui Google Play Store dan App Store. Mau cari promo kamar atau promo pesawat? Follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia, dan LINE Official Account @airyrooms buat melihat semua promo Airy. 

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa kunjungi website www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy 0804 111 2479. 

Header & feature image credit: instagram.com/budi_tok_74

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *