55+ Rekomendasi Wisata Kuliner Jogja

Kuliner Jogja

Yogyakarta istimewa! Wisata di kota ini memang gak pernah ada habisnya. Selalu ada cerita dan tempat wisata menarik untuk dibagikan. Begitu juga dengan ragam kulinernya. Kota ini terkenal punya banyak banget wisata kuliner yang lezat dan unik. Mulai dari sate, soto, gudeg, sampai tempat makan kekinian. Dijamin kamu gak bakal kehabisan ide untuk kulineran di sini. Untuk menemani jalan-jalanmu, Airy sudah mengumpulkan rekomendasi kuliner lezat dan menarik di Yogyakarta. Simak sampai habis dan jangan lupa dikunjungi, ya!

House of Raminten

wisata kuliner jogja
credit: instagram.com/andreas_yunianto

Meskipun sama interiornya kebarat-baratan, sesungguhnya House of Raminten menawarkan menu makanan tradisional namun dikemas dengan bagus banget. Di restoran ini, kamu bisa menikmati berbagai hidangan tradisional khas Jogja seperti Nasi Kucing, Nasi Liwet, Nasi Gudeg, atau Bakmi Jawa yang disajikan secara modern. 

Konsepnya juga unik banget, semua pelayannya mengenakan seragam khas Jawa seperti kemben dan jarik batik. Begitu masuk ke restoran, kamu juga bisa merasakan aroma wangi dupa dan melihat pajangan serta dekorasi antik. Nuansa Jawa tradisionalnya kental banget!

Alamat House of Raminten: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Nasi Goreng Beringharjo

wisata kuliner jogja
credit: travelingyuk.com

Nasi Goreng Beringharjo sudah ada sejak tahun 1960 dan cita rasanya gak pernah berubah sampai sekarang. Gak heran kalau Nasi Goreng Beringharjo punya banyak langganan dan selalu ramai. Selain nasi goreng, kamu juga bisa pesan bihun goreng atau bakmi goreng. 

Lokasinya juga gampang banget dicari karena dekat dengan Pasar Beringharjo. Mulai buka dari jam 19.00 WIB sampai habis. Jangan lupa mampir, ya!

Alamat Nasi Goreng Beringharjo: Jl. Pabringan 1, Yogyakarta

Bong Kopitown

wisata kuliner jogja
credit: instagram.com/bongkopitown

Mau cari tempat makan dengan konsep yang unik banget? Harus cobain makan di Bong Kopitown! Di sini, kamu bakal ngerasain suasana makan seperti di penjara. Bangunannya dibuat mirip penjara, lengkap dengan sekat jeruji besi di setiap ruangan. Pelayannya juga menggunakan seragam khas seperti sipir. 

Menu favorit di sini ada Kopi Tetes, Penang Fried Noodle, dan Rendang Spicy Noodle. Jangan kaget kalau kamu minta menu tapi dikasih koran, karena memang menu makanannya dicetak dalam bentuk koran. Seru banget, ya!

Alamat Bong Kopitown: Jl. Sagan No.4, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Mie Telap 12

wisata kuliner jogja
credit: neolimastrans.com

Kalau diperhatikan, gambar penyajian mie instan di bungkusnya kelihatan enak banget, ya? Tapi setiap kali mau bikin seperti itu ternyata gak gampang. Nah, kalau pengen nyobain, kamu bisa langsung ke Mie Telap 12. Di sini kamu bisa menikmati mie instan dengan penyajian persis sepert gambar yang adai di bungkusnya! 

Kalau kamu pesan mie rendang, kamu bakal dibikinin mie instan lengkap dengan potongan daging rendang serta timun dan topping lainnya. Pokoknya semua menu mie disajikan dengan spesial. Persis seperti di bungkus!

Alamat Mie Telap 12: Jl. Pandeyan, Pandeyan, Umbulharjo, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/sarahpras

Kalau lagi nyari yang seger-seger, kamu bisa ke Kalimilk Yogyakarta. Tempat ini jadi salah satu tujuan wisata yang lagi sering banget dikunjungi. Kalimilk menyajikan aneka olahan berbahan dasar susu dengan varian yang menggoda. Kamu bisa memesan susu dengan berbagai varian rasa seperti green tea, karamel, oreo, durian, dan masih banyak lain lagi. 

Ada dua jenis porsi susu yang bisa kamu pesan. Porsi medium dan porsi gajah. Untuk porsi gajah, kamu harus mengosongkan perut dulu ya, karena ukurannya benar-benar besar!

Alamat Kalimilk Yogyakarta: Jl. Kaliurang KM 4.9 Yogyakarta

Banyu Mili Country Club

wisata kuliner jogja
credit: phinemo.com

Mau makan bersama keluarga besar? Banyu Mili Country Club bisa jadi pilihan tepat. Di restoran ini, kamu bisa makan sekaligus rekreasi karena di sini ada wahana air seperti kolam renang dan danau buatan. Kamu bisa menikmati suasana asri sambil berkeliling danau.

Sudah puas bermain air, kamu bisa mencicipi kelezatan makanan seafood seperti kepiting telur, udang bakar madu, gurame bakar, atau cumi bakar. Komplit!

Alamat Banyu Mili Country Club: Jl. Godean Km.4,5, Nogotirto, Gamping, Kwarasan, Nogotirto, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Gudeg Manggar Manding

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/sweetfodies

Jalan-jalan ke Jogja rasanya gak pas kalau belum makan gudeg. Kalau mau cobain gudeg, kamu bisa cobain Gudeg Manggar Manding. Gudeg Manggar ini berbeda dengan yang lain karena menggunakan manggar atau bunga kelapa muda. Saat ini manggar sudah cukup sulit ditemukan, jadi gudeg manggar kini menjadi hidangan spesial dan banyak dicari orang. Cita rasanya renyah dan tangkai bunganya sedikit mirip dengan jamur tiram. 

Alamat Gudeg Manggar Manding: Jl. Parangtritis KM.11,5, Kadibeso, Sabdodadi, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Gudeg Pawon

kuliner jogja
credit: instagram.com/tindakjogja

Ambil makan langsung di dapur, cuma bisa di Gudeg Pawon. Itulah keunikan tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini. Para pelanggan rela antri panjang untuk mencicipi gudeg legendaris ini. Rasa gudegnya enak, gak terlalu manis dan ada sedikit pedas. Ditambah dengan teh manis panas, makan malam kamu jadi makin komplit!

Alamat Gudeg Pawon: Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Jejamuran

wisata kuliner jogja
credit: travelingyuk.com

Variasi makanan dari Jamur memang gak ada habisnya, banyak banget kreasi kuliner yang bisa dibuat dari bahan dasar satu ini. Di Jogja, kamu bisa mengunjungi Jejamuran untuk menikmati hidangan unik dari jamur. Menu andalan di restoran ini ada jamur tumis pedas, sate jamur, telur dadar jamur, dan fuyunghai jamur. Pecinta jamur wajib banget datang ke sini.

Alamat Jejamuran: Jl. Pendowoharjo Niron RT 01 RW 20, Niron, Pandowoharjo, Sleman

Tempo Gelato 

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/ceiskandar

Ini dia, salah satu tempat hits yang lagi ramai dikunjungi anak muda di Jogja. Tempo Gelato menyediakan es krim gelato dengan varian rasa unik. Kamu bisa mencoba es krim dengan rasa buah naga, mint, spicy chocolate, nutella, tiramisu, kopi, kiwi, mangga, leci, banana, salted caramel, dan masih banyak lagi.

Selain es krim, kamu juga bisa memesan kopi untuk menemani waktu santaimu. Tempatnya enak banget buat nongkrong bareng teman-teman. Dekorasinya juga lucu dan asyik untuk foto-foto. 

Alamat Tempo Gelato: Jl. Prawirotaman No.43, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta 

Rujak Es Krim Pak Paino

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/makanyogya

Di daerah Pakualaman, ada rujak unik yang terkenal dan menjadi favorit masyarakat Yogyakarta. Rujak Es Krim Pak Paino menyediakan rujak dengan isian aneka buah-buahan seperti mangga, timun, pepaya, nanas, kedondong, lalu ditambah es puter di atasnya. Rasanya cenderung manis dan tekstur es krimnya juga lembut. Biar seru, kamu juga bisa menambahkan sambal rujak. Ada sensasi rasa asam, manis, dan pedas. Seger banget!

Alamat Rujak Es Krim Pak Paino: Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta

Gudeg Sagan

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/ameliaprima

Gudeg Sagan punya nuansa syahdu dan nyaman untuk menikmati hidangan gudeg. Tempat makan ini cukup populer bagi masyarakat setempat. Di sini, kamu bisa menikmati gudeg khas jogja ditemani dengan live music. Cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau kerabat untuk menikmati nuansa kota Yogyakarta. Lokasinya juga strategis, berada di tengah kota sehingga mudah dicari.

Alamat Gudeg Sagan: Jl. Prof Dr. Herman Yohanes No. 53, Caturtunggal, Depok, Samirono, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

Abhayagiri Restaurant

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/ardha.tp

Abhayagiri jadi pilihan tepat kalau kamu mau menikmati kuliner dengan suasana dan pemandangan romantis. Kamu bisa melihat pemandangan Candi Prambanan, Candi Sojiwan, hingga Gunung Merapi. Abhayagiri menyediakan menu makanan western seperti Abhayagiri Duck Special, Chicken Steak with Teriyaki, atau Pan Roasted Salmon. Pas banget untuk dikunjungi oleh pasangan. Romantis!

Alamat Abhayagiri Restaurant: Sumberwatu Heritage Resort RT.02/RW.01, Sumberwatu, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

Warmindo Bu Siti

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/jogjaeatgrapher

Sekilas seperti gak ada yang spesial, hidangannya pun cuma mie instan biasa, tapi tempat makan ini laku banget, lho. Warmindo Bu Siti ternyata menciptakan racikan bumbu sendiri di setiap hidangan mie-nya. Gak tau deh isi racikannya apa tapi mie yang dihidangkan jadi enak banget. Bikin penasaran!

Alamat Warmindo Bu Siti: Jl. Sisingamangaraja No.35, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta

Soto Sampah

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/yufendi_jap

Tenang, isinya bukan sampah, kok. Soto Sampah berisi nasi, bihun, tauge, daun seledri, kubis, bawang goreng, lalu disiram dengan kuah bening. Soto ini sangat familiar di kalangan mahasiswa karena harganya murah dan bikin kenyang banget. Paling enak disantap dengan lauk seperti sate usus, sate telur, tempe goreng, telur dadar, tahu goreng, dan gorengan lainnya. Satu porsi harganya cuma Rp6.000 aja. Murah meriah!

Alamat Soto Sampah: Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

Mangut Lele Mbah Marto

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/yunideta

Mangut Lele di warung Mbah Marto beda dengan mangut lele lainnya. Di sini, mangut lele dimasak dengan ditusuk pelepah daun kelapa lalu dipanggang menggunakan tungku dan kayu bakar sampai matang, baru dimasak dengan bumbunya. Kayu bakar inilah yang memberikan sensasi rasa berbeda kepada lele. Lebih lezat dan menyatu dengan bumbu. Sedap banget, deh!

Alamat Mangut Lele Mbah Marto: Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul

Bakmi Kadin

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/dorainka

Kalau pergi ke Yogyakarta dan bertanya tentang Bakmi Kadin, bisa dipastikan masyarakat lokal akan tahu lokasinya. Gak heran karena Bakmi Kadin ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1947. Menu utama yang harus kamu coba adalah bakmi godog, disajikan lengkap dengan potongan sayap atau paha ayam. Ditemani segelas teh panas, cocok banget untuk menikmati udara malam kota Yogyakarta.

Alamat Bakmi Kadin: Jl. Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta

Brongkos Handayani

kuliner jogja
credit: gudeg.net

Ada yang pernah cobain sayur brongkos? Sayur brongkos ini salah satu makanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono X, lho. Makanan ini terbuat dari tahu, tempe, kacang tolo, lalu dicampur dengan kuah santan kental dan kaldu daging. Warna hitamnya berasal dari kluwek. Rasanya unik karena ada manis, pedas, dan gurih ketika disantap.

Alamat Brongkos Handayani: Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

Soto Kadipiro

Kuliner Jogja
Credit: instagram.com/wintarkogunawan

Salah satu hal yang bikin Soto Kadipiro terkenal adalah lokasi cabangnya sudah tersebar banyak di kota Yogyakarta. Terlepas dari cabangnya yang banyak, warung soto ini menyajikan menu soto segar khas Yogyakarta. 

Disajikan dengan mangkuk kecil, kamu bakal mendapatkan seporsi soto dengan nasi, kuah kaldu, dan potongan ayam. Kalau makan ini jangan lupa pakai lauknya, ya. Lauk pauk inilah yang bakal bikin kamu makan lebih lahap. Ada berbagai macam gorengan seperti tahu goreng, tempe goreng, sate telur, sate usus, bakwan, hingga perkedel. Dijamin nikmat!

Alamat Soto Kadipiro: Jl. Wates No.33, Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul

SGPC Bu Wiryo

wisata kuliner jogja
credit: travelingyuk.com

SGPC adalah singkatan dari “Sego Pecel” yang memiliki arti Nasi Pecel. Salah satu kedai yang terkenal di Yogya adalah kedai SGPC Bu Wiryo. Keunggulan dari kedai ini adalah bumbunya punya cita rasa lebih kuat dan ada perpaduan manis dan pedas. Sambil menikmati nasi pecel, jangan lupa cobain lauk pauknya seperti gendar, perkedel, kerupuk aci, telor ceplok, dan lainnya. Lezat banget dan bikin nambah terus!

Alamat SGPC Bu Wiryo: Jl. Agro No.10, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

Soto Bathok Mbah Katro

Kuliner Jogja
Credit: jajanjogjaa.blogspot.com

Mau makan yang anget-anget pas lagi liburan di Jogja? Cicipin Soto Bathok Mbah Katro aja! Soto ini bisa dibilang salah satu soto legendaris dan wajib banget kamu coba pas liburan did Jogja. Uniknya, soto yang dijual di sini disajikan menggunakan batok kelapa, bukan mangkuk. Jadi semakin kental deh, suasana tradisionalnya!

Alamat Soto Bathok Mbah Katro:Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Sate Klathak Pak Bari

Credit: cybertokoh.com 

Selain gudeg, kuliner Jogja yang wajib banget kamu coba adalah sate klathak! Buat yang belum tahu, sate klathak adalah sate kambing yang dibakar di atas bara, seperti sate pada umumnya. Keunikan dari sate ini adalah tusuk satenya yang terbuat dari jeruji besi. Hal ini supaya dagingnya lebih cepat matang. 

Kalau kamu pengin nyoba sate klathak yang paling lezat dan legendaris, kamu harus cicipi Sate Klathak Pak Bari! Dadingnya empuk dan bumbunya meresap meresap, makan ini bikin kamu nagih! Harga per porsinya juga murah, kok! Cuma Rp20.000 aja.

Alamat Sate Klathak Pak Bari: Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

Gudeg Yu Djum

Credit: visitingjogja.com

Rasanya kulineran di Jogja belum lengkap tanpa nyobain lezatnya makan gudeg! Salah satu yang paling terkenal dan lezat, ya Gudeg Yu Djum! Hampir semua warga Jogja dan wisatawan mengincar makanan ini. Jadi, kalau kamu mampir ke Gudeg Yu Djum, kamu harus siap-siap ngantri, ya! Soalnya tempatnya selalu ramai pengunjung!

Alamat Gudeg Yu Djum: Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Mie Ayam Grabyas

Credit: tuguwisata.com

Nah, kuliner ini adalah salah satu kuliner malam di Jogja. Kedai Mie Ayam Grabyas baru buka mulai dari 00.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB. Jadi Mie Ayam Grabyas bisa jadi pilihan, kalau kamu malam-malam lapar dan ngidam mie ayam. Mienya hangat, gurih, dan lezat. Pokoknya pas banget deh, untuk dijadikan pengisi perut di malam hari.

Alamat Mie Ayam Grabyas:Jl. Malioboro No.167, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55213

Mie Ayam Tumini

Credit: datawisata.com

Jangan tertipu dengan kesederhanaan warung Mie Ayam Tumini. Di warung sederhana ini, kamu bisa menemukan mie ayam yang sangat legendaris. Didirikan pada tahun 1990, kelezatan Mie Ayam Tumini sudah sangat terkenal dan dicintai warga. Bayangin, kelezatan mie ditambah kuah yang kental. Duh, bikin ngiler banget, kan? Makanya, liburan ke Jogja nanti, kamu wajib banget ke tempat ini!

Alamat Mie Ayam Tumini: Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163 

Mides Pundong Bu Yanti

Kuliner Jogja
Credit: relunglangit.com

Ini dia salah satu makanan hangat yang mesti kamu coba kalau kulineran ke Jogja, Namanya Mides Pundong Bu Yanti! Sekilas makanan ini terlihat seperti sayur lodeh. tapi ketika kamu gigit, rasanya beda dari kuliner Jogja lainnya! Tekstur kenyal mie ditambah rasa asin, dan pedasnya kuah, bakal bikin kamu pengin nambah. Gak lupa, pelengkap seperti sayur kubis, seledri, dan potongan tomat, supaya rasanya makin lezat! Penasaran pengin coba?

Alamat Mides Pundong Bu Yanti: Monggang, Srihardono, Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55771

Kopi Joss Angkringan Lik Man

Credit: travelingyuk.com

Kalau kuliner Jogja terkenal dengan Gudeg dan sate klathak, buat minumnya kamu harus nyobain kopi joss. Kopi joss terbuat dari kopi hitam, yang ditambah arang panas. Sehingga, rasa kopinya khas dan beda banget dari kopi lainnya. Kopi Jos juga dipercaya lebih sehat karena kandungan arangnya! Supaya acara ngopinya semakin lengkap, kamu bisa sambil ngemil jajanan khas angkringan. Seperti ngemil sate kulit, sate telur puyuh, berbagai pilihan gorengan, dan masih banyak lagi.

Alamat Kopi Joss Angkringan Lik Man: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Dokter Pukis

Credit: deskgram.net

Mau nyobain yang manis-manis? Cobain aja Dokter Pukis! Kuliner Jogja ini termasuk makanan penutup yang gak boleh kamu lewatkan. Teksturnya legit dan rasa manisnya pas! Kamu bisa nyobain kue pukis dengan topping yang kekinian seperti rasa green tea, stroberi, keju, coklat, dan masih banyak lagi!

Alamat Dokter Pukis: Jl. Kepuhsari, Krodan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Sate Pisang

Credit: pikdo.org

Sesuai dengan namanya, kuliner Jogja satu ini menggabungkan dua jenis makanan, yaitu sate dan pisang. Makanan ini dibuat dengan cara mencelupkan pisang yang sudah dibuat seperti sate, ke coklat leleh atau topping pilihan lainnya. Beberapa rasa kekinian yang jadi favorit adalah rasa taro dan green tea. Terdengar lezat, kan? Yuk, ajak temanmu nyobain jajanan ini!

Alamat Sate Pisang: Pondok Permai Kadipiro nomor D-5, Jalan Wates KM 3, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.

Brownies Lumer

jolyday.com

Untuk para sweet tooth, ini dessert untukmu! Pas liburan ke Jogja, jangan lupa sempatkan waktu untuk nyobain Brownies Lumer! Ketika dipotong, bagian brownies ini akan lumer dan coklatnya meleleh. Bayangkan betapa lezatnya menikmati coklat lumer yang kental! Duh, jadi cepat-cepat pengin mencoba, kan?

Alamat Brownies Lumer: Jl. Rajawali, Gatak, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Onde-onde Gardena

Credit: jolyday.com

Siapa yang gak kenal dengan dengan onde-onde? Makanan ringan yang manis dan lembut ini memang bikin nagih. Perpaduan rasa gurih dari biji wijen ditambah manisnya kacang hijau, menjadikan snack ini teman yang cocok yang untuk menemani soremu. Nah, pas liburan ke Jogja nanti, jangan lupa cicipi Onde-onde Gardena yang legendaris, ya! Onde-onde ini gak hanya memiliki filling kacang ijo, lho! Ada isian keju dan coklat, lho! 

Alamat Onde-onde Gardena: Depan Gardena Departement Store,  Jalan Urip Sumoharjo No.40, Klitren, Gondokusuman, Klitren, Gondokusuman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lupis Mbah Satinem

Credit: instagram.com/jogjaeatguide

Nah, ini bukan kue lupis biasa! Lupis Mbah Santinem adalah salah satu kuliner paling melegenda yang harus kamu coba kalau liburan ke Jogja! Konon, Lupis Mbah Satinem sudah ada semenjak tahun 1963, lho! Jadi kebayang dong, betapa lezat dan original rasanya? Mampir ke sini, kamu harus siap-siap ngantri panjang dan dari pagi, ya! Karena tempatnya selalu ramai dan biasanya pukul 9 pagi saja, dagangan kue lupis Mbah Satinem sudah habis!

Alamat Lupis Mbah Satinem: Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231 

Cilok Gajahan

Kuliner Jogja
Credit: fourlook.com

Pas mampir ke Alun-Alun Selatan, ada jajanan yang gak boleh kamu lewatkan! Namanya Cilok Gajahan. Cilok ini terkenal karena rasanya yang gurih dan terbuat dari bahan berkualitas, yaitu menggunakan daging sapi pilihan dan rempah-rempah. Soal harga kamu gak perlu khawatir! Meskipun sudah terkenal, Cilok Gajahan tetap murah meriah kok! Cuma butuh mengeluarkan budget Rp500 aja untuk satu buah cilok!

Alamat Cilok Gajahan: Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

Wedang ronde Mbah Payem

Credit: instagram.com/javafoodie

Ketika cuaca dingin, enaknya makan wedang ronde! Supaya makin mantap, kamu harus cobain Wedang ronde Mbah Payem! Kenikmatan dan kelezatan wedang ronde ini sudah ada sejak tahun 1965, lho! Resepnya masih sama dan selalu dijaga kualitasnya. Saking terkenalnya, mantan presiden RI Soeharto suka ronde ini, lho. Konon, Mbah Payem sering dipanggil oleh ajudan pak Soeharto untuk mempersiapkan wedang ronde pada acara-acara di istana negara. Wuih, keren banget, ya!

Alamat Wedang ronde Mbah Payem: Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

Makaroni Huh_Hah

Credit: pamitranrentalmotor.com

Nah, kalau kuliner yang satu ini bisa untuk dijadikan oleh-oleh kekinian! Makaroni Huh_Hah adalah makanan ringan berbahan dasar makaroni kering. Uniknya, jajanan ini memiliki 19 varian rasa yang lezat-lezat. Ada rasa rendang, balado, ayam bawang, pizza, dan masih banyak lagi! Selain makaroni, di sini juga ada lidi dan kulit crispy yang gak kalah lezat, lho!

Alamat Makaroni Huhhah: Jl. Taman Wiratama, Perengdawe, Balecatur, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55295

Meriam Hotplate Jogja

Credit: Instagram.com/jogjafoodhunter

Ini dia hot plate murah, enak, dan porsinya buaaanyak! Salah satu menu andalannya adalah Ayam Crispy Steak Meriam. Disiram dengan saus lada hitam, rasanya nikmat banget. Apalagi ditambah telur mata sapi yang dimasak setengah, saat kamu tusuk dengan garpu, kuning telurnya bakal meleleh dan bikin makananmu terasa makin gurih! 

Alamat Meriam Hotplate Jogja: Jl. Kledokan Raya, Kota Yogyakarta, dan Jl. Gejayan, Kota Yogyakarta

Mam-mam Enak Pasta Kangen

Credit: Instagram.com/jogjabikinlaper

Yap! Ini disebut makanan istimewa harga mahasiswa. Untuk bisa menikmati Pizza Bolognese ini, kamu cuman perlu membayar Rp22.000 satu porsinya. Selain pizza, ada juga berbagai western food lainnya seperti spageti, burger, serta dessert manis yang enak banget! 

Alamat Mam-mam Enak Pasta Kangen: Jl. Doktor Sutomo No.130, RW.001, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Mie Kepang Jayakarta

Credit: Instagram.com/jogjafoodhunter

Kini mencicipi mie kepang makin nikmat dengan lelehan keju yang dipanggang. Kuliner Jogja satu ini sayang banget kalau kamu lewatkan. Untuk melengkapi seporsi mie kepangmu, kamu bisa memesan pangsit goreng yang rasanya nikmat dan renyah!

Alamat Mie Kepang Jayakarta: Jl. Kusumanegara No.29, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Dualapan Bubble Tea

Credit: Instagram.com/dualapanbubbletea.id

Kalau biasanya kamu takut minum bubble tea karena gulanya terlalu manis, kuliner Jogja satu ini berbeda! Dipadukan dengan brown sugar, rasa manisnya jadi lebih nikmat dan sehat. Gak perlu takut dietmu gagal, deh. Paduan rasanya juga beragam. Salah satu rasa andalan di Dualapan Bubble Tea adalah Ovaltine dan brown sugar. Pas liburan ke Jogja nanti harus kamu coba, ya!

Alamat Dualapan Bubble Tea: Jl. Babarsari, Tambak Bayan, Kota Yogyakarta

KECUP Cheese Tea

Credit: Instagram.com/jogjafoodhunter

Yakin, deh! Kuliner Jogja satu ini mampu menghilangkan dahaga di tengah teriknya kota Jogja di siang hari. Dengan topping keju yang melimpah, rasa matcha atau red velvet jadi makin terasa! Harganya juga terjangkau banget. Mulai 10 ribuan saja!

Alamat KECUP Cheese Tea: Jl. Agro (dekat kehutanan UGM), Kota Yogyakarta

Chilchic (Chili Chicken)

Credit: instagram.com/chilchic.chilichicke

Mau Chilchic rice bowl, chicken snack, spicy wings, atau french fries, semuanya ada di sini. Harga kuliner Jogja ini juga terjangkau banget. Mulai Rp7.000-12.000 saja, kamu sudah bisa kenyang menikmati menu-menu yang ada di sini!

Alamat Chilchic (Chili Chicken): Teras Indomaret Jl. Seturan, Kota Yogyakarta

Roti Bakar Mike

Kuliner Jogja
Credit: Instagram.com/rotibakarmike

Ini dia pelopor roti bakar pandan pertama yang ada di Jogja. Jadi saat main ke kota gudeg, kamu wajib makan kuliner Jogja satu ini, ya! Roti bakar pandan ini tersedia dalam berbagai isian dan topping. Keju coklat, keju susu, selai taro, dan rasa  lainnya siap disajikan untukmu! 

Alamat Roti Bakar Mike: Indomaret Empu Tantular, No.106, Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta

Ruang Waktu Milk and Chicken

Credit: Instagram.com/jogjataste

Mahasiswa/mahasiswi Jogja pasti familiar dengan cafe ini. Punya berbagai menu yang harganya ramah di kantong, Ruang Waktu Milk and Chicken cocok jadi tempat nongkrong asyik. Kamu bisa memesan susu yang beraneka rasa, ayam, roti bakar, dan berbagai camilan. Selain itu, kuliner Jogja satu ini juga menyediakan live music yang siap menghibur para pengunjung setiap hari Jumat! 

Alamat Ruang Waktu Milk and Chicken: Jl. Raya Pundung, Ringroad Barat (barat UNISA), Kota Yogyakarta

La Moda del Gelato

Kuliner Jogja
Credit: Instagram.com/jogjaculinary

Pecinta gelato mana suaranya? Kamu wajib cobain gelato Jogja ini, ya! Tempatnya kece banget. Bernuansa merah muda, sesuai dengan rasa gelato yang dijual, cafe La Moda del Gelato ini manis dan cozy abis! Harganya juga terjangkau, Rp23.000 untuk gelato cone, Rp22.000 cup kecil, dan Rp38.000 cup medium.

Alamat La Moda del Gelato: Malioboro Mall, lantai 3, Kota Yogyakarta

Estuary Cafe

Credit: Instagram.com/estuary.id

Nyari tempat bersantai di Jogja? Kamu bisa mampir ke Estuary Cafe. Didesain dengan arsitektur bergaya minimalis, cafe ini nyaman banget untuk dijadikan tempat nyantai bersama teman-teman atau keluarga. Menu yang tersedia juga lengkap banget. Kalau kamu ingin makan makanan berat seperti spageti, burger, atau Chicken Fricassee de Basil, berbagai western food tersedia lengkap! Atau kalau kamu mau memesan secangkir kopi atau beragam pastries juga ada. 

Alamat Estuary Cafe: Gang Code 3, Karangjati Wetan, No.170 C, Jl. Monjali No.45, Yogyakarta

Move on Jogja

Kuliner Jogja
Credit: Instagram.com/moveon.yogya

Hayo, siapa yang masih belum bisa move on dari masa lalu? Nongkrong di Move on Yogya, yuk! Buka hingga jam 2 subuh, kamu bisa buang segala kegalauanmu di cafe ini. Sepulangnya dari sana, bisa langsung segar dan kamu siap untuk move on! 

Alamat Move on Jogja: Prawirotaman street No.4-10, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta 

RM Demangan

Credit: Instagram.com/cherrydreamy

Tempatnya instagenic banget! Dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang bikin mata segar, suasana cafe ini jadi makin super cozy dan bikin betah nongkrong di sini. Kamu juga bisa menemukan berbagai kuliner Jogja yang maknyus! Ada ada ronde, gorengan, dan camilan lainnya yang rasanya Jogja banget!

Alamat RM Demangan: Jl. Demangan Baru No.19, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

Roaster and Bear

Credit: Instagram.com/nandaarsynt

Sekarang ini lagi zamannya minuman lezat dengan latte art yang lucu-lucu. Kalau di Roaster and Bear ini, sesuai dengan namanya, kamu bisa memesan kopi dengan dekorasi latte bertema beruang. Bukan hanya minumanmu, cafe ini juga punya interior yang dihiasi beruang-beruang imut. Kamu juga bisa menemukan boneka beruang ukuran jumbo di sini. Menggemaskan banget!

Alamat Roaster and Bear: Jl. P. Mangkubumi No.52, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

Kepiting bang Ja’i

Kuliner Jogja
Credit: Instagram.com/jogjafoodhunter

Yang doyan makan seafood wajib banget banget banget mampir dan cicipi kuliner Jogja satu ini. Kepiting di sini dagingnya padat banget, empuk, dan rasanya gurih! Ditambah dengan jagung rebus, saat dicocol dengan sausnya, rasanya enak banget. Yuk, langsung cobain!

Alamat Kepiting Bang Ja’i: Jl. Seturan 164, Yogyakarta

Kue Balok Parikesit Jogja

Credit: Instagram.com/jogjataste

Siap-siap dibikin ngiler sama kue balok yang satu ini! Punya tekstur yang lembut banget, kuliner Jogja ini makin menarik dengan topping meleleh tepat di atasnya. Kamu bisa memilih berbagai topping, seperti coklat, green tea, taro, bahkan mangga! Kekinian banget, kan?

Alamat Kue Balok Parikesit Jogja: Jl. Pandega Marta No. 7, Yogyakarta

Crab 1818 Jogja

Kuliner Jogja
Credit: Instagram.com/jogjabikinlaper

Nikmati sensasi makan seafood dengan cara yang berbeda. Di Crab 1818 Joga ini, pesananmu akan langsung disajikan di atas meja, setelah dilapisi kertas yang bikin makananmu tetap steril dan bersih. Siapkan perut dan langsung santap kuliner Jogja satu ini. Rasanya juara!

Alamat Crab 1818 Jogja: Jl. Tegalturi, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta 

Gogi Grill

Credit: Instagram.com/jogjataste

Makan sambil bakar-bakar, yuk! Di Gogi Grill, kamu bisa memasak sendiri makananmu. Main ke sini bareng teman-teman, rasanya bakal makin seru! Sambil bersenda gurau ditemani asap makanan yang wangi banget, nongkrong ramai-ramai jadi makin asyik!

Alamat Gogi Grill: Jl. Brojomulyo, Gejayan, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Angkringan Gadjah Jogja

Kuliner Jogja
Credit: Instagram.com/angkringangadjahyk

Jogja punya angkringan yang fancy abis! Masih mengusung konsep angkringan pada umumnya, Angkringan Gadjah Jogja didekor jadi lebih mewah dan menawan. Untuk makanannya, kamu bisa memesan berbagai makanan yang biasanya ada di agkringan. Ada sate, nasi, berbagai jajanan pasar, wedang, dan masih banyak kuliner Jogja lainnya. 

Alamat Angkringan Gadjah Jogja: Jl. Kaliurang, KM.9, Yogyakarta

Rischoco Jogja

Credit: Instagram.com/jogjaeatguide

Kalau biasanya kamu makan risoles berisi sayuran dan daging, Rischoco punya varian yang berbeda. Di sini, kamu bisa mencicipi risoles kekinian. Ada yang diisi dengan milo, matcha, coklat, dan lain-lain. Untuk topping-nya, ada kacang, bubuk milo, dan topping lainnya. Bisa dijadikan oleh-oleh juga!

Alamat Rischoco Jogja: Jl. Pandega Marta, Pogung Lor, Yogyakarta

Bakpia Juwara Satoe

Kuliner Jogja
Credit: Instagram.com/shanny_shinyy

Sesuai dengan namanya, rasa bakpia ini juara banget! Dinikmati saat sore-sore, sambil ditemani segelas teh hangat, paket komplit banget, ya! Saat ke Jogja nanti mampir ke sini dan langsung buktikan kelezatan Bakpia Juwara Satoe ini.

Alamat Bakpia Juwara Satoe: Jl. Jogonegaran No. 2, Yogyakarta

Simpan daftar kuliner Jogja ini dan kunjungi satu persatu, ya! Nah, liburan ke Jogja nanti, supaya makin praktis, atur bareng Airy aja! Langsung download dan install aplikasi Airy di Google Play Store atau App Store. Ada berbagai pilihan Kamar Airy di Jogja untukmu. Ada tiket pesawat juga, lho. Pilihan rutenya lengkap banget. Supaya liburanmu nanti makin irit, jangan lupa follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Promo dari Airy masih menantimu!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

4 Responses to “55+ Rekomendasi Wisata Kuliner Jogja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *