Cegah Corona, Ini Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi

makanan sehat

Di tengan virus Corona yang tengah mewabah, kamu perlu memperkuat imunitas diri. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan imun tubuh. Makanan yang bernutrisi tinggi bisa membantu kamu tetap sehat, bugar, dan tidak mudah terserang virus atau bakteri yang bikin kamu jatuh sakit. Apa aja makanan sehat yang perlu kamu konsumsi? Cek bareng Airy, yuk!

Makanan mengandung Vitamin C Tinggi

makanan sehat
Credit:  Stephanie Harvey on Unsplash

Pertama, kamu perlu mengkonsumsi makanan sehat yang tinggi Vitamin C. Alasannya, Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C, kamu bisa mencegah tubuhmu terserang penyakit seperti batuk dan pilek. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C antara lain, paprika, jeruk, brokoli, cabai, kiwi, pepaya, strawberry, nanas, mangga, dan kangkung

Bayam

makanan sehat
Credit: Heather Ford on Unsplash

Siapa yang pas kecil dulu ngefans sama Popeye si Pelaut? Punya tubuh yang kuat, Popeye doyan makan bayam. Ternyata, sayur ini memiliki kandungan zat besi, folat, serat, Vitamin A, dan antioksidan. Selian gizinya tinggi, rasanya juga lezat! Apalagi ditumis dan dimakan dengan nasi yang masih hangat, selera makanmu bakal makin tinggi!

Semangka

makanan sehat
Credit: Team Easil on Unsplash

Coba bayangkan, di tengah panas terik, kamu makan sepotong semangka! Rasanya segar banget dan bisa menghilangkan dahaga. Ternyata, buah segar yang satu ini sehat banget, lho. Mengandung Kalium, Vitamin B6, dan Glutathione yang bagus banget untuk kekebalan tubuh kamu.

Bawang putih

Credit: Sébastien Marchand on Unsplash

Memang, belum ada penelitian yang bilang kalau bawang putih mampu mencegah penularan apalagi membunuh virus Corona. Tapi, bawang putih merupakan sumber allicin, senyawa sulfida, asam amino, antioksidan, magnesium, kalium, dan kalsium. Makanan sehat ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kita gak mudah terserang penyakit.

Teh hijau

Credit: Randy Fath on Unsplash

Buat yang suka ngeteh, coba ganti dengan teh hijau. Selain seru buat menemani santai di sore hari, teh hijau merupakan sumber asam amino L-theanine, lho. L-theanine ini mampu melawan kuman dan bisa membantu meredakan rasa cemas dan mengusir stres. 

Kacang-kacangan

makanan sehat
Credit: Ignacio F. on Unsplash

Siapa yang doyan ngemil kacang-kacangan pas lagi nonton atau nyantai? Ternyata, hobimu ini sehat, lho. Kacang-kacangan kaya akan Vitamin E dan lemak sehat. Selain itu, kacang-kacangan juga punya serat yang tinggi. Mengkonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang tepat, pencernaanmu bisa lebih lancar, deh.

makanan sehat

Nah, itu dia beberapa makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga resiko untuk tertular virus Corona bisa diminimalisasi. Selain konsumsi makanan di atas, jangan lupa tetap jaga kebersihan diri, ya. Salah satunya dengan sering-sering mencuci tangan hingga bersih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *