Mencicipi 10 Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Surabaya memang istimewa. Selain dikenal sebagai kotanya para pahlawan, Surabaya juga menyimpan segudang kuliner khas yang bakal rugi banget kalau sampai terlewatkan ketika kita berkunjung ke sana. Apa saja sih kuliner khas Ibukota Jawa Timur ini? Well, setidaknya ada 10 (sepuluh) kuliner khas Surabaya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber sebagai referensi wisata kuliner kamu. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Rujak Cingur

rujak-cingur

Tak afdol ke Surabaya jika tidak mencicipi Rujak Cingur. Meski memiliki nama yang familiar, rujak cingur berbeda dengan rujak-rujak pada umumnya, komposisinya terdiri dari lontong, sayuran, aneka buah, dan cingur yang dibalur dengan bumbu kacang dan petis yang memiliki sensasi rasa manis sekaligus gurih. Uniknya, komposisi utama sajian ini adalah cingur alias hidung sapi atau kerbau. Cukup eksotik bukan? Kalau kamu tertarik mencobanya, warung Rujak cingur Ahmad Jaiz cukup populer di kalangan pecinta kuliner lokal maupun wisatawan.

2. Lontong Balap

lontong-balap

Kuliner ini dikhususkan bagi kamu yang doyan berwisata kuliner di malam hari. Ya, lontong balap memang telah cukup lama menemani warga Surabaya yang ingin mengisi perut di tengah malam. Tak jauh berbeda dengan rujak cingur, lontong balap memiliki komposisi yang kurang lebih sama seperti lontong, dan tauge yang disiram bersama dengan bumbu petis yang khas. Jika ingin mencicipi nikmatnya lontong balap ini, warung legendaris Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang berlokasi di Jl. Kranggan wajib kamu sambangi.

3. Soto Lamongan

soto-lamongan

Meski bukan makanan asli Surabaya, soto lamongan bisa dibilang adalah kuliner yang cukup populer di kalangan warga Surabaya. Layaknya soto ayam pada umumnya, soto lamongan disajikan dengan kuah santan yang menambah nikmat ketika disantap bersama nasi hangat. Ingin menyantap soto lamongan ketika rehat makan siang selagi jalan-jalan di Surabaya? Kamu bisa sowan ke kedai Soto Lamongan Cak Har yang bisa ditemui di Jl. Ir.Soekarno, Surabaya.

4. Nasi Krawu

nasi-krawu

Alangkah ruginya jika Nasi Krawu kamu lewatkan selagi berkunjung ke Surabaya. Selain rasanya yang lezat dan bikin nagih, kuliner ini konon cukup sulit ditemui di kota lain. Nasi Krawu sendiri adalah perpaduan nasi putih dengan lauk pendukungnya seperti semur daging, jeroan sapi, bumbu serundeng, dan pelengkap andalan terakhir yakni; sambal terasi! Keberadaan Nasi Krawu cukup tersebar banyak di seantero Surabaya, jadi jangan ragu untuk berkeliling kota Surabaya dulu ya guys.

5. Kepiting Cak Gundul

Buat kamu penyuka seafood, sajian kepiting di rumah makan Kepiting Cak Gundul ga boleh kamu lewatin. Kiprahnya yang sudah tersohor sejak puluhan tahun silam, membuat warung seafood ini tak pernah sepi pengunjung. Pastikan pesan menu andalannya seperti kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis.

6. Rawon Setan

rawon-setan

Sajian Rawon memang telah dikenal sebagai sajian berkuah khas Jawa Timur pengganti soto, tetapi kalau bicara soal Rawon Setan, kuliner ini sudah lama jadi favorit arek suroboyo!. Meski namanya terkesan agak seram, bicara soal rasa, Rawon Setan juara banget. Disajikan dengan kuah hitam yang kental, Rawon Setan didominasi oleh potongan daging sapi empuk, dan sesekali dengan kikil maupun jeroan sapi. Nikmat!

7. Sate Klopo

sate-klopo

Layaknya sate pada umumnya, Sate Klopo bukanlah sate yang berbahan dasar kelapa, melainkan tetap berbahan daging yang dilumuri oleh parutan kelapa terlebih dahulusebelum dibakar. Hal yang membuatnya beda yakni Sate Klopo disajikan dengan campuran jeroan dan lemak sapi dalam setiap tusuknya untuk menambah kenikmatan selagi santap siang atau makan malam. Untuk menyantap Sate Klopo, kamu bisa kunjungi warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang terletak di Jalan Walikota Mustajabno 36, Surabaya.

8. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk

PEDAS dan BESAR, itu lah dua kata yang bisa menggambarkan kuliner khas Surabaya yang satu ini. Pada dasarnya, Nasi Goreng Jancuk adalah nasi goreng biasa, namun dimasak dengan tingkat kepedasan yang hampir tidak waras dan porsinya yang raksasa. Satu porsi Nasi Goreng Jancuk akan cukup untuk 4-5 orang dengan harga per porsinya sekitar 100 ribuan, cukup hemat jika datang berama-ramai.

9. Nasi Cumi

nasi-cumi

Satu lagi kuliner malam hari khas Surabaya. Meski banyak warung kaki lima yang bertebaran di penjuru kota, namun warung Nasi Cumi yang berada di Jalan Waspada layak untuk kamu jajal. Tak ubahnya seperti nasi rames atau nasi campur, Nasi Cumi merupakan perpaduan ciamik dari nasi putih yang pulen beserta lauknya yang serba cumi. Dengan tampilannya yang sangat “khas kaki lima”, menyantap seporsi Nasi Cumi lezat tak akan lebih dari 15 ribu Rupiah saja.

10. Es Krim Zangrandi

zangrandi

Puas menyantap makanan berat khas Surabaya, menikmati dessert atau makanan penutup juga harus khas Surabaya. Nah untuk urusan ini, Es Krim Zangrandi adalah salah satu tempat menikmati es krim yang wajib kamu sambangi. Dengan cita rasa yang mewah, Es Krim Zangrandi diklaim menggunakan bahan baku alami yang konon dipertahankan sejak 1933. Penasaran ingin segera mencoba? Sejatinya Es Krim Zangrandi telah memiliki beberapa outlet yang tersebar di Surabaya, namun jika ingin merasakan suasana yang otentik dan berkesan retro, kamu bisa sambangi Es Krim Zangrandi yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso Surabaya..Pastikan pesan menu andalannya seperti Noodle Ice Cream, dan paket Love Deal yang menyajikan seluruh rasa es krim dalam satu tempat.

Berwisata kuliner di Surabaya tak akan terasa lengkap jika tidak disempurnakan dengan pengalaman menginap di jaringan kamar hotel Airyrooms. Temukan kamar hotel Airyrooms di Airy Citraland International Surabaya dan Airy Ngagel Jaya yang dapat Anda pesan hari ini juga dengan mengunduh Airy App di smartphone Anda melalui Google Play Store atau App Store. Cek juga ketersediaan kamarnya di airyrooms.com atau langsung hubungi Customer Care yang siap 24/7 di 0804 111 2479.

Airy Ngagel Jaya Surabaya
Airy Ngagel Jaya Surabaya

Airyrooms memastikan kenyamanan bermalam yang berkesan dengan menyediakan linen dan kasur yang berkualitas, kamar ber-AC, kamar mandi yang bersih, flat-screen TV, sarapan setiap hari dan unlimited Wi-Fi. Temukan kamar hotel Airyrooms yang telah tersedia di Jakarta, Tangerang, Bandung, Bogor, Surabaya, Solo, Jogja, Bali dan akan segera hadir di kota lainnya. Untuk info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia

Header image courtesy of: majalahscg.com

5 Responses to “Mencicipi 10 Kuliner Legendaris Khas Surabaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *