Main ke Pemalang, Jangan Lupa Cicipi Nasi Grombyang!

kuliner jawa tengah

Indonesia memang punya kuliner yang begitu beragam! Hampir di setiap kota selalu punya makanan khas yang lezat. Tak terkecuali di Pemalang. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini, punya wisata kuliner yang khas banget. Kira-kira kamu udah pernah coba belum, ya? Nasi Grombyang, begitu namanya.

Hidangan kuliner Jawa Tengah ini disajikan dalam satu mangkuk kecil yang berisikan nasi, suwiran daging sapi, dan taburan daun bawang yang disiram oleh kuah kaldu. Sekilas terlihat mirip rawon karena hidangan ini juga menggunakan kluwek, jenis bumbu dapur untuk menambah rasa dan berwarna gelap, sehingga membuat kuahnya terlihat sedikit berwarna hitam. Bedanya, kuah Nasi Grombyang gak terlalu kental sehingga rasanya lebih segar. 

Kuliner ini punya cita rasa yang khas banget. Perpaduan gurih dan segar menjadi rasa utama Nasi Grombyang. Meskipun menggunakan kluwek, kuah nasi grombyang lebih encer dan segar. Apalagi disantap saat masih panas, makin sedap!

kuliner jawa tengah
credit: travelingyuk.com

Nama hidangan ini diambil dari bahasa Jawa, “grombyang” yang memiliki arti bergoyang. Nama ini diambil karena penggunaan kuah yang cukup banyak, sehingga membuat isi di dalam mangkuk terlihat seperti “bergoyang”.

Di Pemalang, salah satu rumah makan yang menjual Nasi Grombyang adalah Nasi Grombyang Haji Warso. Rumah makan ini sudah terkenal banget di kalangan warga Pemalang dan menjadi salah satu destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Pemalang. Lokasinya ada di 100 meter ke arah utara alun-alun. Ciri khas unik yang bisa kamu temui di sini adalah adanya gentong besar, yang berisikan kuah segar beraroma wangi dan sedap. Baru datang sudah disambut oleh aroma kuah segar, jadi gak sabar mau segera nyobain, nih!

kuliner jawa tengah
Credit: idntimes.com

Kuliner ini juga punya makanan pendamping yang gak boleh kamu lewatkan. Semangkuk nasi grombyang harus disantap dengan sate sapi. Sate sapi ini juga unik karena gak dibakar melainkan diungkep menggunakan bumbu khas yang kemudian ditusuk menjadi sate. Ketika disajikan, sate ini juga dibalut dengan kelapa parut. Rasanya manis dan teksturnya lembut banget ketika digigit! Cocok banget dengan Nasi Grombyang yang gurih.

Harganya juga murah banget. Seporsi nasi grombyang bisa kamu nikmati hanya dengan Rp15.000 dan sate sapi harganya Rp4.000 per tusuk. Pas banget buat kamu yang lagi mau backpacker-an ke Pemalang. Bisa jadi pilihan sarapan murah meriah, nih!

Gimana? Penasaran kan? Yuk! Langsung atur jadwal liburan ke Pemalang buat nyobain kuliner Jawa Tengah ini. Langsung pesan kamar dan tiket pesawat di Airy aja! Caranya gampang banget, tinggal download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Biar liburanmu makin hemat, jangan lewatkan info promo di media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. 

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header & Feature Image Credit: travelingyuk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *