Menarik! Ternyata Ini Makna Di balik 5 Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia

Makanan Indonesia memang bervariasi dan banyak banget pilihannya, ya? Ternyata di balik kelezatan dan keunikan makanan Khas Indonesia, ada cerita dan makna yang gak kalah menariknya. Mau tahu makna di balik makanan lezat khas Indonesia? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Tumpeng

Makanan Khas Indonesia
Credit: Instagram.com/Isti

Kalau kamu ke acara-acara besar atau sebuah acara perayaan pasti kamu akan menemukan nasi tumpeng. Filosofinya, makanan khas Indonesia yang berbentuk seperti gunung ini dibuat sebagai simbol untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur nenek moyang. Lauk-pauk yang dihidangkan bersama tupeng juga ada maknanya! Ayam adalah simbol untuk menyembah Tuhan dengan khusyuk, Ikan teri melambangkan kebersamaan, sementara telur rebus adalah simbol untuk mengungkapkan kalau manusia diciptakan dengan derajat yang sama. Sekarang, nasi tumpeng memiliki filosofi yang masih kurang lebih sama. Yaitu sebagai perwujudan rasa terimakasih pada sang pencipta atas berkah yang diberikan.

Ketupat

Makanan Khas Indonesia
Credit: goodnewsfromindonesia.id

Makanan khas Indonesia ini, pasti selalu kamu temukan di perayaan Hari Lebaran. Sejarahnya, ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga pada masyarakat Jawa untuk merayakan hari Lebaran. Kata Ketupat sendiri merupakan singkatan dari kata ‘ngaku lepat’ yang mempunyai arti mengakui kesalahan dan ‘laku papat’, yang artinya empat tindakan. Nah, yang dimaksudkan empat tindakan ini adalah Lebaran yang mempunyai makna ‘telah usai’, Luberan yang maknanya adalah limpahan berkah untuk bersedekah, Leburan yang secara singkat mempunyai arti dosa kita telah dihapuskan dan Laburan yang artinya kesucian dan jernih kembali karena Lebaran.  Jadi makanan ketupat ini lekat banget dengan prosesi maaf-maafan, ketika hari Lebaran.

Lemper

Makanan Khas Indonesia
Credit: Youtube.com/TheFoodHero

Kalau kamu dapat kotak snack pasti makanan ini selalu ada! Makanan khas Indonesia ini mempunyai filosofi yang dalam, lho. Kata ‘lemper’ adalah singkatan dari ungkapan dari bahasa Jawa “Yen dilem atimu ojo memper” yang artinya “Ketika dipuji maka hatimu jangan sombong atau membanggakan diri”. Jadi secara singkat, lemper mempunyai makna yang mengingatkan kita untuk selalu rendah diri, meskipun dipuji.

Kue Apem

Makanan Khas Indonesia
Credit: resepmasakankomplit.com

Siapa yang sudah pernah nyobain kue Apem? Sejarahnya, nama kue “Apem” berasal dari bahasa Arab yaitu itu “Afwun” yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia, berarti “Maaf”. Dulu, kue ini sering diberikan ke tetangga atau saudara sebagai simbol meminta maaf. Oleh karena itu, kue apem mempunyai rasa yang manis, semanis rasa meminta maaf. Unik banget ya, cerita di balik makanan khas Indonesia ini!

Sate Lilit

Makanan Khas Indonesia
Credit: id.tastemade.com

Kalau kamu liburan ke Bali, kayaknya belum lengkap kalau kamu belum nyobain hidangan yang satu ini! Biasanya, sate lilit terbuat dari daging ikan tuna yang dicacah dan diberi bumbu serta kelapa muda parut. Disebut ‘sate lilit’ karena campuran daging ikan tersebut dililitkan pada batang serai. Filosofi di balik sate lilit adalah dari kata ‘lilit’ yang berasal dari kata ‘kilit’ atau ‘ikat’ yang melambangkan pemersatu. Jadi sate lilit adalah harapan dari masyarakat Bali untuk selalu bersatu dan harapan untuk tidak dapat dipecah belah oleh apapun

Unik ya fakta-fakta makanan khas Indonesia? Yuk liburan wisata kuliner bersama Airy! Download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, biar lebih mudah pesan tiket pesawat dan kamar hotel untuk liburanmu. Jangan lupa, follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo yang menunggumu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header & Feature Image Credit: resephariini.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *