Liwetan, Tradisi Sunda yang Punya Banyak Makna

Makna Liwetan

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti sudah tidak asing dengan kebiasaan-kebiasaan unik orang Indonesia, kan? Terkenal dengan masyarakatnya yang ramah dan murah senyuman, Indonesia juga khas dengan budaya gotong royong. Hampir pada semua bagian, orang Indonesia selalu menanamkan budaya kebersamaan dan kebiasaan untuk selalu bermusyawarah. Mulai dari acara adat, tarian, musik, bahkan kuliner pun menanamkan nilai kebersamaan. Nah, salah satu bagian kuliner yang menerapkan budaya kebersamaan ini adalah tradisi liwetan!

Kalau biasanya Airy membahas restoran hits atau daftar tempat makanan paling enak di suatu daerah, ulasan kuliner kali ini Airy pengin membahas makna dari sebuah tradisi makanan Indonesia, yaitu liwetan!

Sejarah liwetan

Makna Liwetan

Credit: inovasee.com

Liwetan adalah kegiatan makan bersama dengan beralaskan daun pisang sebagai pengganti piring. Lauk pauk, nasi, dan segala macam kelengkapannya ditaruh di atas daun pisang tersebut dan biasanya makannya menggunakan tangan. Lauk yang disediakan dalam sajian nasi liwet biasanya terdiri dari ikan goreng, tempe, tahu, paru, ikan asin, ayam goreng, ikan teri, lalapan, bakwan, dan masih banyak lagi tergantung selera.

Sejarahnya, nasi liwet atau liwetan pertama kali hadir di kota Solo. Menurut dosen sastra Jawa di Universitas Indonesia, Prapto Yuono, tradisi liwetan dimulai dari ketika bangsa arab masuk ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam, di Jawa. Orang Arab yang mempunyai kebiasaan makan dengan cara duduk bersama sambil melingkari hidangannya, menurunkan kebiasaan ini ke orang Jawa khususnya pada kalangan pesantren.  Ini lah yang menyebabkan liwetan kental dengan budaya Jawa dan Islam. Hingga sekarang, hampir pada setiap perayaan hari besar Islam, tradisi liwetan selalu dilakukan.

Makna Liwetan

Credit: infojakarta.net

Selain sebagai kegiatan yang dilakukan pada hari-hari besar, liwetan juga dilakukan untuk rangka selamatan dan permintaan doa kepada sang pencipta. Biasanya, doa akan dipanjatkan sebelum menyantap makanan.

Liwetan juga mengandung unsur kebersamaan yang sangat kental. Di mana, dalam melakukan kegiatan ini, semua orang duduk melingkari sajian yang ditaruh di atas daun pisang dan menyantapnya. Rasa kebersamaan yang muncul sambil menyantap makanan lezat, semakin membuat suasana menjadi hangat  Oleh karena itu, liwetan menjadi tradisi dan kegiatan favorit yang sering dilakukan pada acara keluarga, reunian, arisan, dan masih banyak lagi.

Liwetan zaman sekarang

Makna Liwetan

Credit: Youtube.com/Jermi Haning

Sekarang, nasi liwet semakin banyak digemari masyarakat! Selain praktis, lezat, dan membuat suasana menjadi semakin akrab, tampilan nasi liwet juga instagramable dan istimewa banget! Di kota-kota besar, kamu bisa dengan mudah menemukan jasa katering yang akan menyiapkanmu sajian nasi liwet dengan tataan unik dan cantik. Selain itu, banyak juga restoran yang menyediakan paket nasi liwet untuk acara kumpul-kumpul bersama.

Nah, Airy juga sudah menyiapkan beberapa restoran di Jakarta yang menyajikan nasi liwet dangan rasa lezat dan juga Instagramable!

Opah Mami

Makna Liwetan

Credit: facebook.com/opahmamiresto

Surganya masakan Sunda! Di restoran Opah Mami, kamu bisa menemukan banyak pilihan masakan Sunda yang lezat-lezat. Salah satunya adalah nasi liwet. Suasana tempatnya nyaman, tenang, dan bikin betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di sini!

Alamat Opah Mami: The Promenade Lot L. 10, Jl. Warung Buncit Raya No. 98, Pasar Minggu, RT.1/RW.7, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Satoesoek

Makna Liwetan

Credit: pictame.com

Kamu dijamin puas kalau Liwetan di Satoesoek! Pilihan lauk pauk yang dihidangkan di tempat ini lengkap banget. Mulai dari tempe goreng, ikan teri, tahu goreng, bakwan jagung, ayam goreng, sate ayam, sayur asem, kerupuk, lalapan, urap, dan lain-lain. Semuanya lengkap dan rasanya lezat. Gak hanya lauknya, sambal pelengkapnya juga memiliki rasa yang nendang banget!

Alamat Satoesoek: Jl. Sumagung 3, Blok P2, No. 1, Jakarta, Indonesia, RT.14/RW.2, Klp. Gading Tim., Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Ayam Jerit

Makna Liwetan

Credit: instagram.com/sherifiskandar

Nah, kalau yang ini buat kamu yang mau liwetan dan suka makanan pedas! Di restoran Ayam Jerit, kamu akan menemukan menu ayam jerit yang rasa sambalnya pedas banget sampai menjerit. Lauk pelengkap lain yang gak kalah lezat adalah cumi cabe ijo, rasa rempahnya menyerap banget, bikin pengin nambah! Kalau kamu ada acara kumpul-kumpul, tempat ini bisa jadi pilihan, nih!

Itu dia rekomendasi tempat menyantap nasi liwet dan makna liwetan. Jadi penasaran dan semakin bangga dengan budaya Indonesia, kan? Makanya, ayo eksplor kuliner Indonesia. Masih banyak tempat-tempat dan kuliner yang harus kamu coba. Biar liburannya semakin asik dan murah, booking kamar dan tiket pesawatnya melalui Airy aja! Tinggal download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store aja, kok! Jangan lupa juga follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms ya! Ada banyak informasi promo menarik yang menunggumu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Header & Feature Image Credit: Youtube.com/Jermi Haning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *