Ini Dia Kuliner Khas Lebaran Dari Berbagai Daerah di Indonesia!

Indonesia yang kaya akan budaya dan kultur, boleh jadi dianggap memiliki cita rasa kuliner khas yang beragam di setiap daerahnya. Khususnya di kala hari raya Lebaran yang tak lama lagi akan tiba, variasi kuliner yang kaya akan cita rasa mewarnai setiap penjuru nusantara. Jika pada momen ini kebetulan Anda berkesempatan mengunjungi kota lain, selain kampung halaman, mungkin ini waktunya Anda mencicipi kuliner khas Lebaran di sana – tentunya selain seputar sayur ketupat dan opor ayam 🙂

Semur Betawi – Jakarta

semur-betawi

Meski identik dengan sajian khas Jawa Tengah, semur ternyata juga “dimiliki” oleh adat budaya Betawi. Dengan kuah kental dan manis yang berasal dari saus kecap, makanan ini biasanya disajikan sebagai salah satu hidangan utama saat Lebaran yang bisa disantap dengan nasi putih maupun ketupat. Semur khas Betawi umumnya memakai bahan dasar daging sapi, meski sayuran jengkol juga kerap dipakai sebagai bahan baku andalan.

Booking hotel Airy Rooms di Jakarta

Gulai Nangka Muda – Medan

gulai-nangka-muda

Di “tanah karo” Medan, lauk utama pendamping ketupat untuk sajian Lebaran didominasi oleh gulai. Dari sekian gulai yang diracik, yang jadi favorit ialah gulai nangka muda yang dicampur dengan potongan iga sapi di dalamnya. Cita rasa gurih dari kuahnya yang kental tentu berhasil membuat momen Lebaran di Medan menjadi lebih istimewa.

Booking hotel Airy Rooms di Medan

Ayam Gagape – Makassar

ayam-gagape

Di pulau Jawa, opor ayam biasanya disajikan dengan kuah santan berwarna putih. Namun di Makassar, “opor” khas tanah bugis ini disajikan dengan tampilan yang sedikit berbeda. Ayam gagape namanya. Lauk yang kerap dijadikan pelengkap ketupat ini memiliki cita rasa rempah yang kuat dan terkadang disajikan dengan rasa yang cukup membakar lidah. Ada rempah apa saja di dalam masakan ini? Sebut saja seperti cabai, daun serai, lengkuas, daun salam, bawang merah dan putih, hingga kunyit dipadupadankan demi memperkaya rasa ayam gagape. Tak lupa, santan dan kelapa parut yang sudah disangrai juga menjadi bahan utama di sajian ini.

Booking hotel Airy Rooms di Makassar

Ayam Woku – Manado

ayam-woku

Bagi masyarakat Manado, ayam woku adalah sajian makanan khas Lebaran yang sudah tak asing lagi. Dengan rasa yang gurih dari aneka rempah-rempah khas nusantara, ayam woku adalah favorit masyarakat Manado dari berbagai kalangan. Ayam woku sendiri memiliki dua jenis, yakni yang dimasak dengan belanga (disebut dengan ayam woku belanga) dan yang dimasak dengan daun. Keduanya sama-sama lezat.

Booking hotel Airy Rooms di Manado

Lemang Lepat Lau – Pontianak

lemang-pontianak

Di Pontianak, hari raya Lebaran tak akan lengkap jika tak ada sajian yang satu ini, Lemang Lepat Lau. Makanan berbahan dasar beras ketan ini biasanya menjadi pendamping masakan rendang daging ataupun serundeng (parutan kelapa berbumbu). Cita rasanya tak jauh berbeda dengan lontong yang ada di pulau Jawa, namun pada lemang rasa gurih lebih mencuat akibat santan yang disertakan dalam proses membuat lemang.

Booking hotel Airy Rooms di Pontianak

Itulah tadi kuliner khas di saat Lebaran yang bisa ditemui di beberapa kota di Indonesia. Kota mana yang jadi tujuan perjalanan Anda? Pastikan pilih Airy Rooms sebagai penginapan terbaik selama liburan Anda.

01_airy gambir cideng jakarta_twin bedroom.jpg
Airy Gambir Cideng Jakarta
01_airy rappocini landak baru makassar_double bed room.jpg
Airy Rappocini Landak Baru Makassar

Airy Rooms sudah bekerjasama dengan hotel-hotel budget terpilih di kota Jakarta, Tangerang, Bandung, Bogor, Surabaya, Solo, Jogja, Batam, Makasar, Padang, Medan, Lombok, Semarang, Bali, Malang, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak dan akan segera hadir di kota lainnya. Airy Rooms memastikan kenyamanan menginap Anda dengan menyediakan linen dan kasur yang berkualitas, kamar ber-AC, kamar mandi yang bersih, flat-screen TV, sarapan setiap hari dan unlimited Wi-Fi. Kamar ini bisa dipesan langsung lewat aplikasi AIRY APP yang bisa di-download langsung di Google Play Store atau App Store. Jika Anda membutuhkan bantuan, Customer Care kami siap melayani 24 jam penuh di 0804 111 2479. Cek juga ketersediaan kamarnya di airyrooms.com

Untuk info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia

Feature image courtesy of: Wikimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *