Kaya Rasa, Ini Jenis Bakso yang Patut Kamu Coba!

Jenis Bakso

“Bakso, enak ya!”, seru Obama dalam pidatonya di Universitas Indonesia, saat mengunjungi Indonesia pada tahun 2010 yang lalu. Sempat tinggal dan bersekolah di negeri ini, Obama pernah mencicipi kuliner Indonesia yang kaya rasa. Salah satunya adalah bakso.

Kelezatan makanan berbentuk bola pingpong ini memang tidak perlu diragukan lagi. Obama yang sudah meninggalkan Indonesia puluhan tahun saja masih jelas mengingat nikmatnya olahan daging yang dibentuk bulat ini. Selain rasanya yang lezat, ternyata bakso juga tersedia dalam jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Apa saja jenisnya dan apa yang membedakan bakso-bakso ini? Langsung simak informasi di bawah ini, yuk!

1. Bakso Malang: Campuran lengkap yang menyatu dalam satu mangkok!

Jenis Bakso
Credit: wonderfulisland.id

Kuliner asal kota pendidikan ini memang jempolan. Terdiri dari bakso, pangsit isi, tahu, mie, bihun serta siomay, kamu bisa menikmati seluruh variannya dalam satu porsi mangkok. Meski bakso merupakan jajanan kaki lima, jenis bakso Malang memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya. 

Jenis Bakso
Credit: dapuradis.blogspot.com

Sekarang ini, bakso Malang tidak hanya bisa kamu temukan di pinggir jalan, tapi juga sudah dikelola oleh perusahaan besar dan tersedia di mall-mall besar. Jadi, kalau ingin mencicipi Bakso Malang, kamu bisa menemukannya dengan mudah.

2. Bakso Cuanki, cari uang jalan kaki

Jenis Bakso
Credit: cuankiinstan.blogspot.com

Soal menyingkat nama makanan, Bandung memang juaranya! Seperti Bakso Cuanki dari kota kembang ini. Siapa sangka nama dari Bakso Cuanki terinspirasi dari tukang jualan yang memikul gerobaknya sambil berjalan kaki? Kreatif banget, ya! 

Jenis Bakso
Credit: Instagram.com/dailyculinary

Selain namanya unik, rasanya juga nikmat. Dari tampilannya, jenis bakso ini mirip dengan Bakso Malang. Seporsinya terdiri dari siomay, pangsit goreng, mie, bakso dan tahu. Bedanya, kuah Bakso Cuanki memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam karena diberi bumbu, kaldu, dan penyedap. Kalau kamu lebih suka yang mana? 

3. Cicipi Bakso Sarang Burung, nikmat tuk isi perut yang kosong.

Credit: Youtube.com

Meski bernama Bakso Sarang Burung, bahan dasar bakso ini adalah ayam. Selain ayam, hidangan ini juga disajikan dengan potongan wortel, telur puyuh, jamur kuping, bakso, udang cincang serta bihun. 

Credit: kabarkebumen.com

Berbeda dengan bakso pada umumnya, bihun pada bakso ini dicampur dengan adonan bakso. Bahkan terkadang, adonan dari Bakso Sarang Burung yang juga dicampur dengan irisan wortel. Jadi sekali menggigit bakso, kamu akan menikmati rasa bakso, bihun, wortel serta jamur kuping menyatu dalam satu gigitan. Rasanya? Tak perlu diragukan lagi. Lezat!

4. Meski tak berbentuk bola pingpong, kuliner ini tetap disebut bakso. Bakso Gepeng namanya

Jenis Bakso
Credit: Zomato.com

Meski identik dengan bola pingpong, ternyata ada juga bakso yang tidak berbentuk bulat. Bentuknya pipih, layaknya bola yang dikempeskan. Teksturnya yang lembut ini semakin nikmat terasa saat dipadukan dengan kuah kaldu yang gurih!  

Credit: reservasi.com

Bentuknya yang gepeng membuat bakso ini terlihat lebih tipis dari bakso bulat. Kalau semangkok bakso biasanya berisi 4 hingga 5 bakso bulat, seporsi bakso gepeng bisa berisi 10 potong bakso. Rasanya yang juara akan terasa semakin mantap jika disantap bersama kerupuk yang renyah!

Jadi ngidam bakso? Langsung saja pesan! Kalau kamu sedang merencanakan liburan, menu bakso bisa jadi salah satu pilihan kuliner yg perlu kamu cicipi, apalagi masing-masing daerah di Indonesia punya bakso khas dengan rasa yang berbeda-beda. 

Download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, pesan tiket pesawat dan booking Airy Rooms untuk kamar hotel kamu selama liburan. Apalagi Airy punya berbagai promo menarik setiap hari, follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, kamu bakal dapat info promo dari sini. Liburanmu jadi lebih hemat!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *