Ini Dia Fakta Unik Coto Makassar!

Coto Makassar

Ngaku, di sini siapa yang gak tau perbedaannya soto dan coto? Kalau selama ini kamu mengira dua makanan ini sama, kamu kurang tepat! Airy punya fakta unik nih, tentang Coto Makassar dan soto khas nusantara! Mau tau fakta uniknya apa? Yuk langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa itu soto

Credit: masakapahariini.com

Soto adalah makanan asal China dengan nama asli `Tau Co`. Tau co atau soto biasanya memiliki kuah yang bening, kekuningan atau orange. Soto terbuat dari berbagai bahan-bahan pelengkap dan rempah. Setiap daerah di Indonesia memiliki soto versi daerah mereka sendiri yang unik dan pastinya lezat. Seperti soto ayam, soto Betawi, soto Lamongan, Soto mie, dan masih banyak lagi. Setiap versi mempunyai keunikan dan pelengkap tersendiri yang menambah cita rasa.

Apa itu coto

Coto Makassar
Credit: id.tastemade.com

Berbeda dengan soto, ‘coto’ cuma bisa kamu temukan di Makassar! Kalau soto kuahnya bening, coto memiliki kuah yang berwarna kecoklatan. Hal ini karena Coto memiliki lebih banyak rempah. Ada kemiri, cengkeh, pala, fuli, sereh, lengkuas, merica, bawang merah, kluwek, dan masih banyak lagi! Ditambah daging sapi dan jeroan, kuliner ini siap disantap. Rasanya begitu khas dan lezat banget. Lalu, kalau biasanya kamu menyantap soto dengan nasi hangat, coto biasanya disajikan dengan ketupat, lontong, atau beras khas Makassar.

Sejarah coto Makassar

Coto Makassar
Credit: resepmami.info

Sejarahnya tuh, kayak gimana, sih? Jadi, Coto Makassar sudah ada semenjak tahun 1538. Tepatnya pada masa Somba Opu, yang merupakan pusat Kerajaan Gowa. Pada zaman itu, Coto Makassar sering dijadikan menu sarapan untuk para pengawal raja. Hal paling istimewa dari Coto Makassar terdapat dari bahannya yang terbuat dari 40 jenis macam rempah. Wah, kebayang dong kelezatannya?

Dari semua warung Coto Makassar yang ada, kedai yang paling tua adalah warung Coto Makassar H. Dg. Sangkala. Warung ini dibangung pada tahun 1940, lho! Saking terkenal dengan kelezatannya, banyak pejabat penting yang mengundang H.Sangkala ke acara besar mereka. Di warung ini, ribuan mangkuk coto bisa terjual dalam seharinya. Wah, jadi pengin cepat-cepat ke sana, kan!

Nah, setelah puas kulineran, saatnya kamu beristirahat di kamar Airy! Kamu bisa menginap di Airy Syariah Panakkukang Urip Sumoharjo 60 Makassar. Kamarnya super nyaman, lho! Siap buat menemanimu menjelajahi Makassar.

Alamat: Jl. Urip Sumoharjo No.60, Panaikang, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90232, Indonesia

Itu dia informasi tentang perbedaan soto dan coto! Gimana? Perut kamu sudah keroncongan belum? Jadi pengin mencoba, kan! Makannya, yuk langsung booking kamar dan tiket pesawatmu di Airy sekarang. Buruan download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store, biar kamu bisa langsung cus liburan! Untuk informasi promonya, kamu bisa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms.

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header & Feature Image Credit: www.tagar.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *