5 Bakpia Jogja Ini Populer Berkat Variannya yang Unik dan Lezat

Bicara soal kuliner Jogja tentu tak melulu tentang gudeg dan sebagainya. Di Jogja tak hanya itu saja. Ada lagi kuliner yang sepertinya sangat cocok untuk dijadikan buah tangan ketika mengunjungi kota pelajar ini. Namanya Bakpia. Kue pia berbentuk bulat pipih ini “lahir” dari sebuah proses akulturasi budaya etnis Tionghoa dan Jawa sejak awal abad 20 silam. Soal rasa tentu tak usah diragukan lagi. Awalnya, Bakpia diisi dengan campuran kacang hijau sebagai penambah nikmat rasa, namun kini Bakpia makin modern dengan isian yang bervariasi. Buat kamu yang punya rencana berkunjung ke Jogja, berikut ini ada 5 (lima) Bakpia yang tengah digandrungi karena variannya yang beragam. Wah bikin penasaran kan? Yuk telusuri selengkapnya!

1. Bakpiapia

Bakpiapia biasa disajikan dengan bentuk yang sedikit ‘fancy’ dan unik | Photo: ceritamakan.com

Sesuai dengan namanya yang unik, produsen Bakpia yang satu ini juga menghadirkan kue Bakpia dengan bentuk yang tak biasa. Dari bentuknya yang unik, tak heran pula jika varian yang ditawarkan juga tak biasa. Di Bakpiapia, kamu bisa menemukan sederet pilihan varian Bakpia mulai dari rasa Blueberry Cheese, Pisang Keju, hingga varian rasa yang agak sedikit ‘nyeleneh‘ yakni isi Abon Sapi buat yang ingin merasakan Bakpia dengan rasa gurih dan asin. Di samping varian yang unik tadi, ada juga beberapa varian umum lainnya seperti kacang hijau dan juga coklat. Outlet Bakpiapia sendiri terdapat di beberapa tempat di Jogja seperti di outlet Jalan Kaliurang KM 5.2, outlet Colombo no. 4, outlet Jalan Dagen, dan juga outlet yang berada di Ambarukmo Plaza.

2. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari dikenal dengan isian rasa yang padat dan lezat | Photo: bakpiajogja.id

Buat kamu yang belum pernah menjumpai Bakpia yang satu ini, yang terbesit pertama kali mungkin adalah tampilannya yang terlihat tidak begitu menggoda. Namun jika sekali melahapnya, kamu mungkin akan tahu kenapa banyak wisatawan dan warga lokal menggemari Bakpia yang satu ini, Bakpia Kurnia Sari. Bakpia Kurnia Sari ini memiliki tekstur kulit luar yang sangat tipis dan kering, serta dari segi ukuran penyajian agak sedikit lebih besar ketimbang lainnya. Soal varian rasa, Bakpia Kurnia Sari punya beberapa pilhan menarik seperti kacang hijau, tiramisu, mede coklat, susu, kopi, green tea, dan masih banyak lagi! Bakpia Kurnia Sari bisa dijumpai di Jalan Glagahsari No. 91C, Jalan Glagahsari No. 112, cabang terbarunya di Jalan Ringroad Utara Pogung, Jogjakarta.

3. Bakpia Salakka

Meski penampilannya biasa, Bakpia Salakka punya isi yang tak biasa | Photo: IDNTimes

Bagi warga Jogja, Bakpia Salakka dikenal sebagai satu-satunya Bakpia yang menggunakan buah Salak sebagai isian rasa yang menjadi andalan. Ya, buah yang juga jadi ciri khas Jogja ini dijadikan salah satu varian andalan dari Bakpia Salakka ini. Meski begitu, varian Salak di sini juga disajikan dalam bentuk lain seperti brownies, keripik, dan lain sebagainya. Bakpia Salakka saat ini bisa kamu temui di Jalan Palagan TP Km 8,5 Sleman.

4. Omahe Bakpia

Di sini yang terkenal adalah varian Bakpia Unyil yang diklaim tahan lama | Photo: Dok. Omahe Bakpia

Berdiri sejak tahun 2009 lalu, Omahe Bakpia mengandalkan sajian Bakpia Unyil yang diklaim sebagai varian Bakpia pertama yang tahan lama dan bisa disimpan hingga tiga bulan lamanya. Untuk varian rasa, Omahe Bakpia menyajikan ragam pilihan mulai dari rasa kacang hijau, ubi madu, peuyeum, nangka, durian, dan lain lagi.

5. Bakpia Molek Crispy

Bakpia Molek Crispy bisa dijumpai di hampir setiap gerai Bakpia Pathok 25 | Photo: foursquare

Bakpia Molek Crispy sejatinya merupakan bagian dari produsen Bakpia paling legendaris di Jogja yakni Bakpia Pathok 25. Seakan berinovasi, Bakpia Molek Crispy coba menghadirkan varian yang lebih modern, yaitu berinovasi dengan rasa dan tekstur yang lebih crunchy. Untuk mencobanya, kamu cukup kunjungi outlet Bakpia Pathok 25 yang banyak tersebar di pusat oleh-oleh khas Jogja.

Baca juga: Selain Sajiannya, 7 Kafe dan Resto di Jogja Ini Punya Nuansa yang Unik

Hmm kelima Bakpia di atas tadi cukup menggoda ya. Selain membawa pulang oleh-oleh Bakpia, melancong ke Jogja juga tak akan terasa lengkap kalau tak pilih akomodasi terbaik selama di sana. Pilihannya apalagi kalau bukan Airy Rooms, jaringan akomodasi budget terbesar dan terpercaya di Indonesia. Airy Rooms Jogja siap jadikan liburanmu makin nyaman dan aman seperti kamar pilihan di bawah ini nih;

Airy Ugm Soedowo E 106 Yogyakarta
Airy Gondokusuman Urip Sumoharjo 64 Yogyakarta

Kamu dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Untuk Info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Source: IDNTimes | Feature image:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *