99+ Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung

wisata kuliner bandung

Kota Bandung merupakan kota yang memiliki banyak tujuan wisata. Selain wisata hiburan, Bandung juga punya segudang wisata kuliner yang lezat. Kuliner Bandung memang terkenal dengan keragamannya. Kamu bisa menemukan varian makanan dari tradisional hingga modern. Buat kamu yang punya rencana mau jalan-jalan ke Bandung, Airy udah menyiapkan rekomendasi lengkap tempat makan di Bandung! Baca ulasan lengkapnya hingga akhir, ya!

Paskal Food Market

kuliner bandung
Credit: anekatempatwisata.com

Makan malam sambil menikmati suasana kota Bandung cocoknya di Paskal Food Market. Dengan sekitar 100 gerai penjual makanan, kamu bisa nyobain berbagai macam hidangan. Mulai dari kuliner khas Bandung, street food, hingga hidangan internasional. Lokasinya juga sangat strategis karena dekat dengan stasiun Bandung. Enak banget buat nongkrong sama teman-teman!

Kupat Tahu Gempol

kuliner bandung
Credit: travelingyuk.com

Salah satu kupat tahu yang populer di Bandung berlokasi di Pasar Gempol, Jalan Gempol Wetan. Kupat Tahu Gempol sendiri berbeda karena menggunakan saus kacang gurih dan tidak berkuah. Tekstur sausnya lembut dan rasa kacangnya sangat dominan. Ditambah dengan kerupuk pink, kupat tahu pun jadi lebih sedap! Cukup dengan Rp15.000 per porsi, kamu udah bisa nikmatin kupat tahu populer ini!

Mie Kocok Haji Endan

kuliner bandung
Credit: gastronomy-aficionado.com

Kalau mau mie kocok, kamu harus cobain Mie Kocok Haji Endan. Lokasinya ada di jalan Kebon Jukut, persis di sebelah ruko Kartika Sari cabang Jukut. Mie kocok ini terkenal karena tekstur mie nya pipih dan lembut, kuahnya juga segar dan gurih. Irisan kikil dan baksonya juga pas banget. Jadi mau nambah terus, nih!

Lotek Macan

kuliner bandung
Credit: AyoBandung.com

Tenang, lotek ini gak seseram namanya, kok. Warung ini bernama Lotek Macan karena berlokasi di Jalan Macan, Lengkong, Kota Bandung. Ini adalah salah satu warung lotek terkenal di Bandung. Saus kacangnya sangat terkenal karena rasanya enak banget. Tidak terlalu pedas atau manis, tapi lebih gurih, sehingga cocok untuk semua penikmat lotek.

Prasmanan Ceu’ Mar

kuliner bandung
Credit: inspirasikukeni.blogspot.com

Gak perlu bingung kalau kamu lapar malam hari di Bandung, kamu bisa nyobain Prasmanan Ceu’ Mar. Warung makan ini mulai beroperasi pada pukul sembilan malam hingga empat subuh. Lokasinya dekat dengan alun-alun Bandung, lebih tepatnya sebelum persimpangan jalan Braga. Warung ini sering jadi pilihan para wisatawan untuk menikmati kuliner di malam hari.

Warung Bu Eha

kuliner bandung
Credit: destinasibandung.co.id

Ini dia salah satu warung legendaris di Bandung. Berdiri sejak tahun 1947, Warung Bu Erha masih bertahan hingga sekarang, lho! Warung Bu Eha berlokasi di Pasar Cihapit. Meski di dalam pasar, Warung Bu Eha selalu ramai oleh pengunjung. Makanan di warung ini terkenal karena rasanya lezat dan harganya murah.

Steak Ranjang

kuliner bandung
Credit: instagram.com/dewiwdwi

Lagi kepingin makan enak tapi masih tanggal tua? Kalau begitu kamu harus cobain makan di Steak Ranjang. Cukup dengan harga mulai dari Rp30.000, kamu udah bisa menikmati steak lezat! Tempat makan ini juga jadi favorit para wisatawan karena penasaran mau mencoba steak harga murah dengan rasa yang lezat. Kapan lagi bisa makan steak enak dan murah?

Zombie Cafe

kuliner bandung
Credit: bandung.panduanwisata.id

Kalau mau nyobain makan dengan pengalaman berbeda, kamu bisa datang ke Zombie Cafe. Konsep cafenya unik banget karena interior dan menunya menggunakan nuansa zombie. Zombie Cafe terletak di jalan Braga yang juga merupakan salah satu lokasi wisata favorit di Bandung. Harga makanannya juga sangat terjangkau. Mulai dari Rp25.000 sampai Rp80.000 aja. Seru banget buat kumpul sama teman-teman!

Bakso Mandeep

kuliner bandung
Credit: wisatabdg.com

Makan bakso sepuasnya cuma di Bakso Mandeep. Di Bakso Mandeep, kamu bisa ambil dan pilih sendiri bakso kesukaanmu. Restoran ini menyediakan bakso Malang dengan konsep prasmanan. Jadi, pengunjung bisa menentukan sendiri jenis bakso dan gorengannya. Lokasinya ada di Jalan Citarum, dekat banget sama pusat perbelanjaan di Jalan Riau.

Nasi Kuning Pasir Koja

kuliner bandung
Credit: steemit.com

Nasi Kuning identik sebagai hidangan untuk sarapan. Namun di Bandung, warung Nasi Kuning Pasir Koja justru baru mulai berjualan pada pukul 9 malam. Karena keunikan ini, Nasi Kuning Pasir Koja jadi terkenal dan ramai dikunjungi. Di sini, kamu bisa pilih mau nasi kuning atau nasi uduk. Pilihan lauknya juga banyak seperti rendang, perkedel, telur dadar, tahu goreng, soun goreng, tempe, dan sambal. Oh iya, di sini gratis kentang goreng, lho!

Nasi Bancakan Trunojoyo

kuliner bandung
Credit: everplaces.com

Rindu dengan nuansa restoran tempo dulu? Datang aja ke Nasi Bancakan di Jalan Trunojoyo, Bandung. Di sini, kamu bisa menikmati varian masakan khas Bandung tempo dulu. Gak perlu nunggu lama, begitu datang kamu bisa langsung memilih makanannya secara prasmanan. Ada sekitar 50 macam masakan yang bisa kamu pilih. Hmm, menggiurkan banget, ya!

Warung Kopi Bapak Purnama

kuliner bandung
Credit: infobdg.com

Pecinta kopi wajib banget datang ke kedai kopi legendaris ini. Warung kopi ini merupakan kedai kopi tertua karena sudah beroperasi sejak tahun 1930! Harganya pun sangat murah. Hanya dengan menyediakan Rp7.000, kamu sudah bisa menikmati citarasa racikan kopi Bapak Purnama. Kalau kamu mau ngopi bareng teman di Bandung, langsung ajak aja ke warung kopi ini!

Maja House

kuliner bandung
Credit: satulensa.com

Menikmati keindahan kota Bandung dari ketinggian pasti akan memberikan pengalaman tersendiri. Maja House di Lembang bisa jadi pilihan kamu untuk menikmati Bandung dengan romantis. Berlokasi di atas kota Bandung, kamu bisa menikmati masakan internasional dengan citarasa lezat dan pemandangan indah. Restoran ini tidak hanya menyediakan tempat duduk, tapi kamu bisa memilih di bale dengan alas kasur busa. Nyaman banget buat menikmati makanan lezat dan melihat keindahan kota di malam hari.

Bale Gazebo

kuliner bandung
Credit: indotravelers.com

Habis asyik foto-foto di Gedung Sate, jangan lupa makan siang di Bale Gazebo, ya! Restoran modern ini menyajikan berbagai macam hidangan khas Sunda. Walaupun lokasinya di tengah pusat kota, Bale Gazebo memiliki interior dengan nuansa tradisional. Makanan yang dihidangkan pun menggunakan tampah, anyaman daun pisang, atau wadah anyaman bambu. Nuansa tradisionalnya terasa banget!

The Peak

kuliner bandung
Credit: satulensa.com

The Peak adalah salah satu restoran yang sudah cukup lama terkenal di Bandung. Restoran ini terkenal dengan panorama pegunungan dan jajaran bukit yang indah. The Peak cocok banget buat kamu melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Makanannya pun bervariasi, mulai dari hidangan tradisional hingga internasional. Lokasinya berada di atas kota Bandung. Udaranya pun sejuk, enak banget untuk refreshing.

Nasi Cikur Warung Inul

kuliner bandung
Credit: bandung.merdeka.com

Nasi Cikur adalah masakan khas Sunda yaitu nasi yang dibuat dengan cara digoreng. Setelah itu, nasi dicampur dengan kencur muda. Hasilnya nasi menjadi renyah dan aromanya harum. Warung Inul di Dago menyediakan Nasi Cikur dengan unik. Nasi Cikur di sini dihidangkan dengan tumis sayur, ayam goreng, dan lalapan. Jadi lebih komplit!

Rumah Sosis

kuliner bandung
Credit: wisatabagus.net

Siapa yang gak tahu Rumah Sosis? Tempat ini bisa dibilang sebagai salah satu tujuan utama wisata di daerah Lembang. Di Rumah Sosis, kamu bisa membeli berbagai macam hidangan atau olahan yang terbuat dari sosis. Ada makanan beku sampai makanan siap saji. Pecinta sosis pasti puas banget kalau ke sini.

Warung Misbar

kuliner bandung
Credit: traveling-maslatip.com

Kalau ngeliat dari luar, kamu bakal mengira kalau tempat ini adalah bioskop. Bentuk bangunannya mirip banget sama bioskop, ditambah dekorasi poster film tempo dulu. Gak salah kok, karena Warung Misbar menggunakan konsep bioskop sebagai dekorasi restorannya. Di sini juga ada layar yang menayangkan film era 80-an. Seru banget, ya!

Roemah Nenek Resto Cafe

kuliner bandung
Credit: gotravelly.com

Rumah makan ini memberikan nuansa klasik bagi para pengunjungnya. Kamu akan melihat benda-benda kuno dan antik di sepanjang restoran. Roemah Nenek menyediakan varian masakan khas Italia, Oriental, Barat, hingga olahan tradisional. Restoran klasik ini berlokasi di Jalan Taman Cibeunying Selatan. Pas banget buat kumpul dengan keluarga.

Warung Sitinggil

kuliner bandung
Credit: kuliner.panduanwisata.id

Mau coba kuliner tradisional di daerah ketinggian? Kamu mesti coba Warung Sitinggil. Nuansa rumah makan ini sangat etnik. Hampir semua desain interiornya terbuat dari bambu dan kayu. Meskipun terlihat tradisional, varian masakannya tetap juara. Nasi Timbel dan Sop Buntut adalah beberapa menu yang harus kamu cobain kalau ke Warung Sitinggil.

Bumbu Desa

kuliner bandung
Credit: aboutbdg.com

Bumbu Desa adalah pilihan tepat kalau kamu mau menikmati masakan asli Sunda dengan nuansa kekinian. Restoran ini pas banget untuk mengobati rasa rindu masakan kampung halaman. Sayur Asem, Ikan Gurame Cobek dan Karedok adalah menu favorit yang harus kamu coba di Bumbu Desa. Di Bandung, kamu bisa menemukan restoran Bumbu Desa di Jalan Laswi, Pasir Kaliki, atau Jalan Setiabudi.

Atmosphere Resort Cafe

kuliner bandung
Credit: serbabandung.com

Restoran ini membawa nuansa Bali dan Sunda di dalam menunya. Lokasinya strategis banget, cuma 15 menit dari Alun-alun Bandung. Di restoran ini, kamu bisa menikmati makanan sambil bersantai di saung atau gazebo. Gak perlu takut ramai, karena Atmosphere bisa menampung sekitar 600 pengunjung setiap harinya.  Atmosphere Resort Cafe jadi tempat favorit wisatawan untuk nongkrong dan menikmati suasana kota Bandung.

Sapu Lidi

kuliner bandung
Credit: tempatwisatamu.com

Mengangkat konsep desa di pegunungan, Sapu Lidi bakal memberikan pengalaman kuliner berbeda buat kamu. Di restoran ini, kamu bisa menikmati makanan di saung bambu atau bale. Saung tersebut dibangun di lokasi-lokasi berbeda. Ada yang di tengah persawahan, ada juga di dekat danau. Untuk memanggil memesan makanan, kamu harus memukul kentong bambu. Pelayan akan datang dan membawakan menu untuk Anda. Sapu Lidi jadi favorit kuliner para wisatawan dalam dan luar negeri.

Mie Reman

kuliner bandung
Credit: bandung.panduanwisata.id

Ini gak salah ketik kok, tempat makan ini namanya memang Mie Reman. Kalau kamu suka banget sama ramen pedas, kamu harus ke sini, nih. Menu di Mie Reman bisa kamu pilih tingkat kepedasannya sesuai level yang kamu mau. Harganya juga murah banget, per porsinya mulai dari Rp13.000 aja! Cocok banget buat nyobain kuliner dengan harga murah.

Bakso Rudal Anggrek

kuliner bandung
Credit: kotakami.com

Mau cari bakso enak di Bandung? Cobain aja Bakso Rudal Anggrek. Mirip seperti Bakso Malang, Bakso Rudal Anggrek ini punya cita rasa bakso yang khas banget. Kuahnya juga segar. Di sini kamu bisa pilih varian isi bakso seperti bakso daging cincang, urat, atau telur. Ada juga ukuran bakso kecil atau bakso besar. Kamu bisa atur menu sesuai kesukaanmu, deh!

Mangkok Manis Dessert

kuliner bandung
Credit: sadhanas.co.id

Salah satu tempat favorit untuk cari hidangan segar di Bandung adalah Mangkok Manis Dessert. Di sini kamu bisa nyobain bermacam-macam dessert lezat dan segar. Ada es krim, pudding, sampai kombinasi buah segar. Harganya murah, mulai dari Rp15.000 kamu udah bisa menikmati dessert  yang segar banget!

Perkedel Bondon

kuliner bandung
Credit: phinemo.com

Perkedel Bondon berlokasi di Jalan Otista dekat Stasiun Hall. Tempat ini baru mulai beroperasi sekitar pukul 10.00 WIB dan mulai menggoreng perkedel pada jam 11.00 WIB. Biar gak kehabisan, kamu harus segera ambil nomor antrian karena peminatnya banyak banget. Disarankan agar langsung beli banyak biar kamu gak harus antri lagi. Perkedel ini terkenal karena memiliki tekstur crispy di luar namun lembut di dalam. Enak banget, deh!

Nasi Tutug Oncom

kuliner bandung
Credit: wonderfulisland.com

Menu Nasi Tutug Oncom sebenarnya bisa kamu temukan di banyak restoran di Bandung. Nasi Tutug Oncom adalah nasi dengan campuran oncom dan ditambah ayam goreng, tahu tempe, lalapan dan sambal. Salah satu Nasi Tutug yang terkenal di Bandung adalah di Warung Sangrai, persis di depan FO Heritage. Ayam gorengnya bisa kamu ganti dengan burung puyuh.

Cafe Madtari

kuliner bandung
Credit: dajibrown.blogspot.com

Butuh cafe untuk nongkrong dengan suasana santai? Kamu bisa berkunjung ke Cafe Madtari di Jalan Rangga Gading, Bandung. Lokasinya cukup jauh dari keramaian kota jadi cocok banget untuk bersantai. Menu favorit di sini adalah olahan pisang dan susu. Cafe Madtari buka 24 jam, jadi kamu bisa puas nongkrong di sini!

Teras Cihampelas Bandung

kuliner bandung
Credit: explorebandungbarat.com

Teras Cihampelas jadi ikon baru kota Bandung. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan dan keramaian kota Bandung sambil menikmati jajanan murah dari para pedagang kaki lima. Teras Cihampelas ini jadi salah satu tempat nongkrong para anak muda Bandung. Banyak patung dan ornamen lucu untuk foto-foto!

Bubur Ayam Zaenal

kuliner bandung
Credit: wisatakuliner.com

Kalau udah sampai Bandung, rasanya gak pas kalau belum coba Bubur Ayam Zaenal. Bubur ini sudah ada sejak tahun 1969. Hidangan ini terkenal dengan tekstur bubur kental dan toppingnya banyak seperti ayam suwir, ati ayam, cakwe, dan daun bawang. Meskipun tidak menggunakan kuah, tapi cita rasa bubur ini justru menjadi gurih. Pakai kerupuk emping jadi lebih sedap!

Lontong Kari Kebon Karet

kuliner bandung
Credit: myeatandtravelstory.wordpress.com

Lontong Kari Kebon Karet adalah salah satu kuliner Bandung yang terkenal dan melegenda. Lokasinya ada di gang Kebon Karet, Bandung. Saking terkenalnya, satu gang ini sudah dikenal sebagai gang Lontong Kari. Keunggulan hidangan ini adalah disajikan dengan daging tanpa lemak. Kuahnya juga kental dan segar. Nikmat banget!

Kupat Tahu Cicendo Bandung

kuliner bandung
Credit: ayobandung.com

Warung yang sudah berdiri sejak 1967 ini terkenal banget dengan kupat tahunya. Lokasinya gampang banget dicari karena persis di seberang Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Meskipun sudah berpuluh-tahun, kualitas rasanya gak pernah berubah. Ketupatnya lembut dan sajian bumbu kacangnya juga kuat. Rasa kupat tahunya jadi lebih mantap!

Toko You

kuliner bandung
Credit: jalan2gendut.wordpress.com

Toko You punya ciri khas sebagai restoran yang menyediakan kuliner khas tahun 90-an. Desain interiornya pun memiliki nuansa klasik dengan koleksi furnitur tempo dulu. Menu di Toko You didominasi oleh kuliner khas Bandung peranakan seperti Mie Yamin dan masakan Seafood. Kamu bisa mengunjungi Toko You yang berlokasi di Jalan Hasanuddin Bandung.

Roti Gempol

kuliner bandung
Credit: bhellabhello.wordpress.com

Siapa sih yang gak tahu kenikmatan Roti Bakar Bandung? Jajanan ini udah terkenal banget dan bisa ditemui di kota-kota lain. Kalau kamu mau nyobain Roti Bakar Bandung asli, kamu bisa datang ke Roti Gempol. Di sini kamu bisa memesan berbagai macam roti bakar dengan isian berbeda. Roti Gempol sendiri udah berjualan dari tahun 1958. Soal rasa, gak perlu diragukan lagi, deh!

Piknik Kaliki

Siapa bilang piknik itu harus pergi jauh ke pedesaan? Di Bandung, kamu bisa merasakan sensasi piknik di cafe bernama Piknik Kaliki. Selain suasananya yang nyaman bertema tamasya, tempat ini juga instagenic banget! Salah satu spot foto yang gak boleh kamu lewatkan adalah sebuah mobil karavan yang antik dan cantik. Saat berfoto di depan karavan ini, siapkan pose andalanmu, ya!

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/liagracianti

Kopi Purnama

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/ruangduduk

Mau cobain kuliner Bandung yang legendaris? Mampir ke Kopi Purnama, yuk! Sudah berdiri sejak tahun 1930, kedai kopi ini masih eksis hingga  saat ini. Kopi Purnama beralamat di Jl. Alkateri No.22, Bandung. Buka setiap hari, kamu bisa mengunjungi kedai kopi ini mulai pukul 06.30 pagi hingga 22.00 wib!

Sejiwa Kopi

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/sejiwacoffee

Gak hanya kopi legendaris, Bandung juga punya kedai kopi yang kekinian. Kalau kamu lagi nyari tempat nongkrong yang cozy abis, Sejiwa Kopi layak banget kamu jadikan pilihan. Bukan hanya tempatnya yang nyaman, tapi kopinya juga lezat! Oh, iya. Selain kopi, cafe ini juga menyediakan smoothies bowl untuk kamu pecinta makanan sehat.

Kuro Coffee

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/kurokoffee

Masih kuliner Bandung bertema kopi. Bedanya, Kuro Coffee punya cafe bernuansa alam terbuka. Dipenuhi dengan tumbuhan hijau dan taman yang segar banget, buat yang melepas penat dengan secangkir kopi dan kesegaran kota Bandung, main ke Kuro Coffee, yuk!

Toko Kopi Djawa

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/diasaditya

Bikin ngopi makin santai, coba lengkapi segelas kopimu dengan camilan yang sederhana namun bermakna. Di Toko Kopi Djawa, tersedia berbagai pilihan makanan ringan yang lezat. Ada Almond Croissant, Cinnamon Roll, berbagai pilihan donat, dan lain-lain. Harganya juga terjangkau, mulai 10 ribuan aja!

Gang Nikmat

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/s.nvta  

Beberapa meter dari Toko Kopi Djawa yang ada di Jalan Riau, kamu bisa  menemukan sebuah restoran. Mereka menyediakan ayam goreng, ayam gulung isi telur asin, dan lain sebagainya. Sesuai namanya, rasanya nikmat banget! Meskipun lokasinya di dalam gang, ada spot foto super instagenic di sini! Cocok kamu jadikan tempat berfoto OOTD, nih.

Please Please Please

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/ppplease.eat

Rasanya rugi banget kalau main ke Bandung tanpa mampir ke cafe kece di kota kembang ini. Salah satunya adalah Please Please Please. Mau mencicipi kelezatan ikan salmon, pasta, atau mie ayam khas Indonesia, semuanya ada di cafe ini. Lengkap banget, ya.

Ronde Alkateri

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/myfoodie_daily

Saat udara Bandung mulai dingin di malam hari, kamu butuh menghangatkan tenggorokanmu dengan samangkuk ronde. Kuliner Bandung satu ini rasanya nikmat banget! Punya bentuk bulat-bulat seperti bakso, rasanya lembut banget saat masuk ke mulut. Saat ke Bandung nanti kamu wajib cobain Ronde Alkateri yang berlokasi di Jalan Alkateri Dalam, No.8.

Sei Sapi Lamalera

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/bandungfoodsociety

Doyan makanan pedas? Mampir ke Sei Sapi Lamalera, yuk! Makanan khas Kupang yang tersedia di Jalan Emong No.9, Bandung ini punya kelezatan yang tiada tara. Daging sapi dimasak sangat empuk dan bumbunya meresap! Untuk melengkapi seporsi Sei Sapi ini, kamu bisa mencocolnya dengan Sambal Luat, Sambal Ijo, dan Sambal Rica.

Braga Permai

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/bragapermaibandung

Ini dia salah satu kuliner Bandung yang jadi saksi sejarah Paris Van Java. Berlokasi di Jalan Braga, cafe ini sudah berdiri sejak tahun 1923 dan diberi nama Maison Bogerijen. Meskipun sudah berusia hampir 100 tahun, restoran ini tetap eksis dengan berbagai menu yang kelezatannya tetap terjaga.

Little Collins

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/dibisareta

Penikmat arsitektur mampir ke sini, yuk! Sambil mencicipi hidangan yang lezat, kamu dan teman-temanmu bisa memandang bangunan cafe yang keren banget. Didominasi warna-warna warm seperti coklat dan abu-abu, Little Collins makin segar dengan berbagai tumbuhan hijau yang memenuhi cafe.

Your Good

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/yourgood_

Mau nongkrong anti gagal diet? Kamu mesti cicipi kuliner Bandung yang satu ini. Nama cafe-nya adalah Your Good. Di cafe ini, kamu bisa memesan berbagai menu nikmat tapi tetap sehat. Mulai dari smoothies bowl, berbagai pilihan jus, dan menu sehat lainnya. Tempatnya juga instagenic banget! Setelah selesai makan, kamu bisa berburu foto kece di Your Good Bandung ini.

Pipe Dream

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/indahramlia

Ingat tempat mainnya Nobita dan kawan-kawan di kartun Doraemon? Kalau kamu perhatikan, mereka sering banget nyantai di taman sambil bersenda-gurau di atas pipa berukuran raksasa. Nah, di Pipe Dream Bandung ini, selain makanannya yang lezat, ada sebuah spot foto ala Nobita! Kamu bisa berfoto di depan pipa besar yang terbuat dari semen dan kayu.

Lalune coffee

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/lalune.id

Feeds Instagram milikmu bernuansa minimalis dan manis? Main ke Lalule Coffee, yuk! Tempatnya yang didominasi warna coklat, abu-abu, dan putih bakal cocok banget dengan tone bergaya minimalis. Bukan hanya tempatnya, tapi makanannya juga top banget! Mau western atau Indonesian food, semuanya ada di sini!

Sydwic Cafe

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/_coffeeandthingsdiary

Sambil ditemani alunan musik yang asyik, nikmati senja di kota Bandung dengan segelas kopi hangat dari Sydwic Cafe. Bersenda gurau bersama teman-temanmu bakal terasa makin menyenangkan di cafe ini!

Mimiti Coffee & Space

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/mimiticoffee

Mau nongkrong sambil nonton live music? Di Mimiti Coffee bisa, lho! Rasa kopinya lezat, tempatnya super cozy, dan pilihan menunya  juga banyak. Lengkap banget, deh. Saat mampir ke sini, jangan lupa pesan tiramisu cake dan iced mocha, salah satu menu andalan di cafe ini.

Colibri Cafe and Bakery  

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/daviana88

Kalau kamu dan teman-teman sedang nyari tempat nongkrong yang punya banyak pilihan dessert, Colibri Cafe and Bakery layak kamu jadikan pilihan! Berlokasi di Jalan Terusan Pasirkoja No.246, Bandung, cafe ini juga instagenic banget. Kamu bisa berburu foto sepuasnya di sini!

Ambrogio Patisserie

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/patisserieambrogio

Mulai ngiler? Jangan dulu! Masih banyak daftar kuliner Bandung lainnya yang bakal bikin kamu makin gak sabar liburan ke sini. Saat berkunjung ke Ambrogio Patisserie ini, bukan hanya cake yang bisa kamu pesan, tapi menu berat yang bakal bikin kenyang perut juga banyak. Saat ke Bandung nanti kamu wajib mampir ke cafe ini, ya!

Harliman Boulangerie

kuliner bandung

Kamu suka croissant? Pas liburan ke Bandung nanti harus coba croissant di Harliman Boulangerie ini. Supaya makin lengkap, jangan lupa pesan juga segelas kopi hangat atau coklat buat kamu yang gak terlalu doyan minum kopi.

Wild Grass BBQ & BEER

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/wildgrassresto

Siapa yang suka western food, tapi gak bisa makan tanpa nasi? Kamu wajib cobain menu-menu yang ada di Wild Grass BBQ & BEER! Harganya juga terjangkau banget. Cukup bayar 25 ribuan, kamu sudah bisa menikmati seporsi makanan super lezat ini. Porsinya juga banyak!

Saka Bistro & Bar

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/sakabistrobar

Lucu banget, gak sih? Di Saka Bistro & Bar ini, kamu bisa memesan berbagai pilihan menu kopi yang imut-imut banget. Minumanmu bisa dihias dengan karakter-karakter menggemaskan ini. Mulai dari mini puppy, beruang, kelinci, hingga pikachu, kamu bisa pilih sendiri!

Terminale Gelato

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/my.appetite

Waktunya cicipi gelato di Terminale Gelato Bandung! Rasanya padat, manisnya pas, dan banyak pilihan rasa, Terminale Gelato wajib kamu cicipi saat matahari mulai terik. Dalam sekali sendokan, rasanya yang segar bakal langsung bikin harimu makin berwarna!

Kare Curry House

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/bandungfoodsociety

Cobain lezatnya  nasi kari di Curry House, yuk! Pilihannya juga lengkap banget. Mulai dari nasi kari dengan daging sapi, ayam, ikan dori, salmon, dan masih banyak pilihan lainnya. Suasananya juga cozy banget. Cocok untuk kamu yang mau kulineran bareng keluarga atau sahabat.

Spadaa Koffie

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/chyntiadaenk

Nyantai di Spadaa Koffie, yuk! Tempatnya asyik banget buat tempat nongkrong. Jangan lupa pesan segelas kopi kesukaanmu. Mau kopi yang pahit atau manis dan kaya susu, kamu bisa pilih yang paling sesuai keinginanmu!

Kalpa Tree Dine & Chill

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/bubueataway

Keren banget! Di Kalpa Tree Dine & Chill, kamu bisa menikmati makanan dan minumanmu di tengah-tengah kolam, tanpa takut badanmu basah. Kok bisa? Bisa, dong. DI cafe ini ada sebuah tempat duduk yang memang disediakan di tengah. Idenya kreatif, ya!

D’Pakar Bandung

kuliner bandung
Credit: Instagram.com/faiqtaufiqul

Rasanya main ke Bandung belum lengkap, kalau kamu gak mampir di daerah Dago Pakar. Salah satu cafe yang wajib kamu sambangi adalah D’Pakar Bandung. Dari cafe ini, kamu bisa menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian! Mau foto-foto dengan background alam? Bisa banget!

Dago Bakery Punclut

kuliner bandung
Credit:Instagram.com/adeliasekarastuti

London? Bukan! Bangunan super kece ini ada di Bandung, kok! Berlokasi di daerah Punclut, cafe ini menawarkan berbagai pilihan menu yang lezat. Kalau dilihat dari kejauhan, Dago Bakery Punclut ini tampak seperti istana di atas bukit! Main ke sini, yuk!

Iga Bakar Si Jangkung

kuliner bandung
Credit: destinasibandung.co.id

Liburan di Bandung, jangan lupa mampir ke Iga Bakar Si Jangkung. Iga bakar yang legendaris ini memiliki rasa bumbu yang menyerap banget! Karena terkenal dengan kelezatannya, mampir ke sini kamu harus siap-siap ngantri, ya. Karena tempatnya selalu ramai dengan pengunjung yang penasaran pengin nyoba iga bakarnya. Oh iya, saking lezatnya, kamu bisa menemukan turis asing yang ikutan ngantri di tempat ini, lho!

Alamat Iga Bakar Si Jangkung: Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

Lick Over Lips (L.O.L)

kuliner bandung
Credit: deskgram.net

Untuk berlindung dari teriknya matahari, mampir ke Lick Over Lips (L.O.L), yuk! Kedai es krim ini menyediakan variasi rasa es krim yang begitu lezat dan patut dicoba! Kamu bisa nyobain es krim rasa green tea, es krim rasa mangga yang segar, vanilla, dan masih banyak lagi! Untuk soal harga, kamu gak perlu khawatir. Di sini, kamu cuman perlu mengeluarkan budget harga Rp17.000 – Rp21.000 aja, kok!

Alamat Lick Over Lips (L.O.L): Jl. Emong No.20A, Burangrang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262

Cuanki Serayu

kuliner bandung
Credit: travelingyuk.com

Sudah pernah nyobain cuanki belum? Buat yang belum tahu, cuanki adalah makanan sejenis bakso, dengan rasa mirip dengan batagor. Cuanki mempunyai kuah bening yang begitu gurih, lezat, dan hangat. Cocok banget dimakan ketika cuaca lagi dingin atau musim hujan. Nah, yang membuat Cuanki Serayu beda dari yang lainnya adalah rasa kuahnya yang begitu gurih dan lezat. Kalau biasanya tempat lain menggunakan tulang sapi untuk membuat kuah, tempat ini menggunakan tulang ikan. Jadi rasanya lebih gurih! Wiuh jadi ngiler pengin cepat-cepat nyoba, kan?

Alamat Cuanki Serayu: Jl. Serayu No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

Batagor Kingsley

kuliner bandung
Credit: goodindonesianfood.com

Berburu kuliner Bandung, kayaknya kurang lengkap kalau gak nyobain batagornya! Salah satu batagor legendaris dan harus kamu coba adalah Batagor Kingsley. Batagor legendaris ini sudah ada sejak tahun 1982, lho! Jadi untuk soal kelezatannya, gak perlu kamu tanya lagi. Mampir ke sini kamu bisa memilih dua jenis batagor, yaitu batagor goreng dan sup batagor. Mau pilih yang mana? Dua-duanya dijamin sama-sama lezat!

Alamat Batagor Kingsley: Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112

Bakmi Linggarjati

kuliner bandung
Credit: goodindonesianfood.com

Makan mie memang gak pernah salah deh! Pas liburan ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan kamu untuk nyobain Bakmi Linggarjati. Rasa kaldu ayam bakmi ini nendang dan terasa banget! Pangsit di Bakmi Linggarjati juga enak dan baksonya memiliki tekstur yang lembut. Pokoknya makanan di tempat ini top banget, deh!

Alamat Bakmi Linggarjati: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251

Nasi Goreng Bistik Astana Anyar

kuliner bandung
Credit: foodinloveid.com

Nasi goreng aja sudah enak, apalagi nasi goreng pakai steak? Nah, buat kamu yang penasaran pengin nyobain kombinasi dua makanan ini, langsung aja ke Nasi Goreng Bistik Astana Anyar! Dijamin gak nyesel! Satu porsi nasi goreng di sini kamu bisa dapat daging bistik yang super crispy, sayur rebus berupa wortel dan buncis, ditambah saus spesial yang rasanya nendang. Terdengar sangat lezat, kan?

Alamat Nasi Goreng Bistik Astana Anyar: Jl. Astana Anyar No. 218, Astana Anyar, Bandung

Lotek Kalipah Apo

kuliner bandung
Credit: travelingyuk.com

Kuliner Bandung yang satu ini umurnya sudah setengah abad, lho! Namanya Lotek Kalipah Apo. Buat kamu yang belum tahu, lotek adalah makanan sejenis karedok, dengan sayur yang matang. Satu porsi lotek harganya ini cuma Rp19.000 aja! Porsinya pas bikin kenyang dan rasanya juga gak usah kamu ragukan lagi. Pas liburan ke Bandung, kamu wajib ke sini!

Alamat Lotek Kalipah Apo:  Jl. Batang Hari No.21, RT.1/RW.2, Cideng, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10150

Sekoteng Singapore

kuliner bandung
Credit: id.openrice.com

Untuk menghangatkan dirimu dari udara yang sejuk di Bandung, yuk mampir ke Sekoteng Singapore. Seperti yang kamu ketahui, sekoteng adalah minuman tradisional Jawa Tengah yang terdiri dari kacang hijau, kacang tanah, biji delima, kolang-kaling, dan potongan roti. Rasanya hangat dan nikmat. Kedai Sekoteng Singapore ini adalah salah satu yang paling disukai warga Bandung. kedainya sudah ada semenjak tahun 2002 dan selalu menjadi tempat favorit untuk snack ringan di malam hari. Harga per porsinya juga murah, cukup membayar Rp8000 aja!

Alamat Sekoteng Singapore: Jl. Terusan Kopo No.197, Pangauban, Kec. Katapang, Bandung, Jawa Barat 40921

Bakmi Apin

kuliner bandung
Credit: pergikuliner.com

Pecinta bakmi, kamu wajib banget nyobain kelezatan Bakmi Apin! Di sini, kamu bisa nyobain mie yamin asin atau manis, keduanya sama-sama enak dan bikin kamu pengin nambah. Tekstur mienya keriting, halus, dan lembut, pokoknya lezat banget, deh! Sebagai pelengkap, bakmi ini dilengkapi ayam yang dicincang halus, bentuknya mirip dengan taburan keju Penasaran coba? Liburan ke Bandung nanti, jangan lupa mampir ke tempat ini, ya!

Alamat Bakmi Apin: Jl. Sukajadi No.158, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162

Mie Aceh Sigli Jaya

kuliner bandung
Credit: pergikuliner.com

Makanan lezat itu bisa ditemukan di tempat sederhana! Gak percaya? Mampir aja ke kedai Mie Aceh Sigli Jaya! Di tempat ini, kamu bisa nyobain kelezatan makanan khas Aceh, tanpa harus jauh-jauh pergi ke Aceh. Untuk soal rasa gak usah kamu ragukan lagi! Koki kedai ini adalah orang asli Aceh, jadi rasanya sangat autentik dan khas banget. Bumbu-bumbu yang digunakan di setiap masakkan juga sangat kental dan terasa banget! Duh, jadi pengin cepat-cepat nyoba, kan?

Alamat Mie Aceh Sigli Jaya: Jl. Tubagus Ismail Raya No.22, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Bebek Ali Borme

kuliner bandung
Credit: pergikuliner.com

Buat pecinta daging bebek, liburan ke Bandung nanti mampir ke Bebek Ali Borme, yuk! Kedai ini terkenal banget dengan bebek gorengnya yang murah meriah dan lezat. Di sini bebek gorengnya memiliki daging yang begitu lembut dan bumbu yang sangat terasa. Sambal pelengkapnya juga memiliki rasa yang pedas dan nendang banget!

Alamat Bebek Ali Borme: Jl. Teuku Umar No.6/60, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Mie Bakso Akung

kuliner bandung
Credit: goodindonesianfood.com

Bandung memang memiliki banyak tempat mie yang lezat dan legendaris. Salah satu yang paling top dan digemari adalah Mie Bakso Akung. Saking lezat dan terkenalnya, kedai Mie Bakso Akung sempat masuk ke dalam salah satu adegan di film hits Dilan 1990, lho! Untuk soal rasa, Mie Bakso Akung memiliki tekstur mie yang kenyal dan kuah bening dengan rasa yang lezat!

Alamat Mie Bakso Akung: Jl. Lodaya No.123, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

kuliner bandung
Credit: carimakanbdg.wordpress.com

Siapa sangka, di balik nama restoran yang unik ini terdapat jajaran makanan yang lezat dan juga sehat. Mampir ke Kehidupan Tidak Pernah Berakhir, kamu akan disuguhkan variasi makanan vegetarian yang lezat dan dimasak tanpa menggunakan MSG. Tempat ini juga murah meriah banget! Satu porsi harganya dimulai dari Rp12.000 aja! Jadi penasaran pengin nyoba, kan?

Alamat Kehidupan Tidak Pernah Berakhir: Jl. Pajajaran No.63, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

Mie Ayam Cipaganti

kuliner bandung
Credit: sarahpermanik.blogspot.com

Bahagia itu sederhana, makan semangkuk mie ayam yang lezat aja sudah cukup. Ya, kan? Liburan ke Bandung nanti, kamu jangan lupa nyobain Mie Ayam Cipaganti! Mie ayam ini terkenal dengan kelezatan kuahnya dan ukuran bakso yang besar. Gak lupa pelengkap seperti potongan ayam yang dicampur dengan jamur, juga membuat mie ayam ini semakin spesial!

Alamat Mie Ayam Cipaganti: Jl. Cipaganti No.85, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

Ahimsa

kuliner bandung
Credit: foursquare.com

Mau makan sehat dengan budget hemat? Mampir ke restoran Ahimsa aja! Restoran vegetarian di Bandung ini adalah salah satu restoran legendaris. Di bangun 15 tahun yang lalu, restoran ini memiliki banyak pelanggan yang terdiri dari berbagai macam kalangan masyarakat. Nah, salah satu menu yang harus kamu coba pas mampir ke tempat ini adalah nasi timbel penyet yang terdiri dari nasi, tahu, tempe,ikan asin, dan “ayam”, khas restoran Ahimsa!

Alamat Ahimsa: Komplek Luxor Permai Kav. 25, Jalan Kebon Jati No. 41, Kebon Jeruk, Andir, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181

Nasi Kalong

wisata bandung
Credit: iklantravel.com

Sudah pernah nyobain kuliner Bandung ini belum? Kalau belum, liburan ke Bandung nanti kamu wajib nyobain Nasi Kalong! Nasi kalong adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari beras merah yang dicampur dengan rempah kluwek. Aroma dan warna dari kluwek ini lah yang membuat hidangan ini menjadi khas. Biasanya, Nasi kalong disantap dengan lauk lain layaknya nasi putih biasa. Kamu bisa menambahkan ayam goreng, tumis sayur buncis, tempe, dan masih banyak lagi!

Alamat Nasi Kalong: Jl. R.E. Martadinata No.102, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40113

Kampung Daun

kuliner bandung
Credit: 1001wisata.com

Setelah puas jalan-jalan keliling kota Bandung, untuk makan siangnya, kamu istirahat di Kampung Daun aja! Di sini kamu bisa menikmati hidangan di saung-saung yang tersedia. Selain makanannya yang lezat, suasana alam di tempat ini juga bikin betah banget! Kamu bisa menikmati pemandangan pohon yang rindang sambil ditemani suara gemericik air terjun. Pas kamu liburan ke Bandung dan membawa keluarga atau teman-teman, ajak mereka ke sini, aja!

Alamat Kampung Daun: Perumahan Villa Triniti Blok RR1 Jl. Sersan Bajuri No.88 Km.4,7, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40154

Yoghurt Cisangkuy

wisata bandung
Credit: travelingyuk.com

Butuh minuman yang seger buat nemenin kamu nongkrong sama teman? Mampir ke Yoghurt Cisangkuy aja, yuk! Seperti namanya tempat ini menyajikan menu yoghurt yang lezat dan legendaris. Ada dua macam yoghurt di tempat ini, yaitu yoghurt kental atau jus yoghurt. Untuk varian rasa, kamu bisa nyobain yoghurt rasa leci, anggur, cokelat, mocca, dan stroberi. Istimewanya, yoghurt di sini dilengkapi potongan buah segar, lho. Sehingga rasanya  jadi semakin nikmat!

Alamat Yoghurt Cisangkuy: Jl. Cisangkuy No.66, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Lisung Cafe

Ajak pasanganmu dinner romantis di Lisung Cafe, yuk! Cafe di Bandung ini hits banget dengan suasananya yang romantis dan cantik. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian, sambil ditemani udara kota Bandung yang sejuk. Untuk menunya kamu bisa nyobain Nasi Panggang Lisung, Nasi Panggang Kompeni, atau West meet East Fish. Semuanya terdengar lezat, kan?

Alamat Lisung Cafe: Jl. Bukit Pakar Timur No.111, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Es Duren Pak Aip

kuliner bandung
Credit: bandung.panduanwisata.id

Untuk kamu penggemar durian dan lagi liburan di Bandung, yuk mampir ke kedai Es Duren Pak Aip. Semua menu di tempat ini rasanya seger dan lezat banget, seperti sop durian. Semangkuk sop duriannya isinya buah durian yang lembut, yang dilengkapi dengan santan gurih, gula, dan es serut. Wuih terdengar lezat, kan? Mampir ke sini kamu juga bisa menemukan makanan berbahan dasar durian lain, yang gak kalah lezat!

Alamat Es Duren Pak Aip: Jl. Tubagus Ismail Raya No.5G, Sekeloa, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134

Kopi Ireng

wisata bandung
Credit: zomato.com

Siapa di sini yang ngaku pecinta kopi? Kalau iya, ngopi di Kopi Ireng, yuk! Tempatnya nyaman dan cozy banget, bakal bikin kamu betah untuk berlama-lama santai di sini. Selain itu pemandangan kota Bandung di tempat ini juga cantik, pas buat yang lebih pengin menyendiri sambil ngopi. Kopi yang disajikan di tempat ini lengkap, lho! Kamu bisa nyobain kopi tradisional seperti kopi jos atau buat kamu yang lebih suka manis, kamu bisa pilih menu caramel macchiato!

Alamat Kopi Ireng: Jalan Bukit Pakar Timur No. 1, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Surabi Imut

wisata bandung
Credit: dolandolen.com

Kurang lengkap rasanya kalau liburan ke Bandung dan gak nyobain Surabi. Mampir ke Surabi Imut kamu akan disambut dengan menu surabi yang modern dan kekinian. Di kedai Surabi Imut kamu bisa menemukan lebih dari 24 varian rasa surabi, dengan topping dan isi yang berbeda-beda. Salah satu menu favorit yang harus kamu coba adalah surabi oncom telor, yang rasanya gurih dan lezat!

Alamat Surabi Imut: Jl. Gegerkalong Hilir No.55, RT.07/RW.04, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40153

Miss Bee Providore

wisata bandung
Credit: kopertraveler.id

Bingung mau hangout di mana pas Liburan di Bandung? Mampir ke Miss Bee Providore aja, yuk! Restoran ini memiliki tempat yang hits dan nyaman banget, pas buat nongkrong bareng teman-temanmu. Gak hanya tempatnya aja yang hits, makanan di Miss Bee Providore juga lezat dan memiliki porsi yang besar, lho! Kamu bisa nyobain berbagai pilihan pizza, fish & chips, Japanese Sizzling Tofu, dan masih banyak lagi!

Alamat Miss Bee Providore: Jl. Rancabentang No.11A, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Batagor Hanjuang

wisata bandung
Credit: dreamers.id

Satu lagi batagor Bandung yang harus kamu coba, yaitu Batagor Hanjuang! Kedai batagor ini hanya berupa gerobak sederhana saja, yang berlokasi di pinggir jalan. Tapi jangan salah, cita rasa Batagor Hanjuang lezat banget dan sangat melegenda. Untuk satu porsinya kamu cukup mengeluarkan budget Rp10.000 aja, kok! Murah meriah banget, kan? Makanya, yuk mampir ke tempat ini!

Alamat Batagor Hanjuang: Jl. Astina No.17, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40173

Seblak Oces

wisata bandung
Credit: travelingyuk.com

Nah, ini dia salah satu kuliner Bandung yang hits dan kekinian! Seblak adalah makanan dengan cita rasa gurih pedas, yang berisi kerupuk basah dan dilengkapi sayuran, telur atau daging. Nah, kedai Seblak Oces adalah salah satu kedai seblak yang jadi favorit warga bandung! Pilihan seblak yang bisa kamu pilih di tempat ini adalah seblak campur, seblak komplit ceker, seblak komplit tulang, seblak komplit baso, dan seblak kombinasi. Harga Seblak Oces juga sangat murah meriah, cuma Rp8000 – Rp12.000 aja!

Alamat Seblak Oces: Alfamart Purnawarman, Jl. Purnawarman No.22, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Surabi Cihapit

wisata bandung

Cobain kelezatan Surabi Cihapit, yuk! Surabi di kedai dimasak dengan cara yang masih tradisional, lho! Yaitu menggunakan tungku dan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Meskipun cara masaknya masih tradisional, di sini kamu bisa menemukan menu serabi yang modern seperti keju, cokelat, pisang, kismis, ayam, sosis, dan telur! Semuanya terdengar sangat lezat, kan?

Alamat Surabi Cihapit: Jl. Cihapit, Cihapit, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

Bandros Cowboy Cisangkuy

wisata bandung
Credit: myeatandtravelstory.wordpress.com

Bandros adalah makanan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan santan. Biasanya bandros disajikan polos dengan taburan gula pasir untuk menambahkan rasa. Buat yang belum tahu, bandros rasanya manis dan teksturnya mirip dengan kue pukis. Nah, yang berbeda dari Bandros Cowboy Cisangkuy adalah rasanya yang lebih kekinian. Di tempat ini kamu bisa menemukan bandros dengan rasa manis, asin, dan rasa green tea yang nge-hits. Pilihan topping Bandros Cowboy Cisangkuy juga kekinian banget! Ada topping Toblerone, Nutella, Ovomaltine, Silverqueen, Kitkat, Caburry,dan Milo. Unik banget, ya?

Alamat Bandros Cowboy Cisangkuy: Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Kue Balok Kang Didin

wisata bandung
Credit: pergikuliner.com

Kue Balok Kang Didin adalah salah satu kedai makanan yang selalu ramai dikunjungi di kota Bandung. Sebenarnya kue balok mirip dengan kue cubit, namun yang membuat beda adalah bentuknya yaitu balok. Ada banyak rasa yang bisa kamu coba ketika mampir ke tempat ini, yaitu rasa keju, tiramisu, cokelat, original, kacang, kismis, dan masih banyak lagi! Kue balok ini lebih lezat kalau dimakan dalam keadaan setengah matang. Duh, jadi penasaran pengin cepat-cepat nyoba, kan?

Alamat Kue Balok Kang Didin: Jl. Abdul Rahman Saleh No.52, Husen Sastranegara, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40174

Fifteen Cafe

kuliner bandung
Credit: bandung.merdeka.com

Fifteen Cafe adalah cafe kekinian di Bandung, yang nyaman banget untuk kamu jadikan tempat hangout bareng teman. Menu yang dimiliki Fifteen Cafe juga bervariasi, ada makanan Indonesia, sampai makanan western seperti pasta. Datang ke sini kamu gak perlu takut gak kebagian meja. Cafe ini luas dan bisa menampung sebanyak 150 tamu. Nah, kalau kamu butuh tempat buat hangout bareng teman-temanmu, mampir ke sini aja!

Alamat Fifteen Cafe: No, Jl. Sumatera No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113

Hummingbird Eatery

kuliner bandung
Credit: kehidupanmalam.web.id

Makan cantik di Hummingbird Eatery, yuk! Restoran Bandung yang satu ini hits banget dan wajib kamu kunjungi. Masuk ke sini, kamu akan disambut dengan interior restoran yang didominasi furnitur kayu dan barang-barang bertema vintage. Jadi suasana di tempat ini homey dan nyaman banget. Untuk makanannya, kamu wajib nyoba Pastitso, yaitu  makanan yang terbuat dari makaroni. Steak and eggs, dengan porsi yang besar dan bikin kenyang, dan Rainbow Cake sebagai hidangan penutup yang manis.

Alamat Hummingbird Eatery: Jl. Progo No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Nasi Goreng Mas Yono Karang Setra

kuliner bandung
Credit: letsgoeatall.blogspot.com

Bandung juga punya kedai nasi goreng favorit yang lezat, lho! Namanya Nasi Goreng Mas Yono Karang Setra. Mampir ke sini, kamu bisa nyobain berbagai variasi nasi goreng seperti Nasi goreng rempah, nasi goreng kemangi, nasi goreng sereh, nasi goreng bumbu bali istimewa, dan masih banyak lagi. Soal harga, satu porsi Nasi Goreng Mas Yono cuma Rp12.000 – Rp17.000 aja, kok! Murah meriah, kan?

Alamat Nasi Goreng Mas Yono Karang Setra: Jl. Bungur No.41, Gegerkalong, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40153

Rasa Bakery & Cafe

wisata bandung
Credit: myeatandtravelstory.wordpress.com

Buat para pecinta dessert, libur ke Bandung nanti jangan lupa untuk mampir ke Rasa Bakery & Cafe! Tempat ini adalah kafe legendaris yang sudah ada semenjak tahun 1960. Es krim yang dihidangkan di tempat ini dibuat dengan cara home made dan tanpa menggunakan bahan pengawet, lho! Menu yang harus kamu coba ketika berkunjung ke tempat ini adalah Coconut Royale Ice Cream, yaitu menu es krim yang dilengkapi buah-buahan dan diletakan di mangkuk yang terbuat dari setengah batok kelapa! Terdengar sangat lezat, kan?

Alamat Rasa Bakery & Cafe: Jalan Tamblong Dalam No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Pillow Talk Cafe

wisata bandung
Credit: pergidulu.com

Ketika kamu dikejar deadline dan butuh tempat nyaman untuk refreshing sejenak, gak ada salahnya kamu mampir ke Pillow Talk Cafe. Tempat ini memiliki ruang dan desain interior yang begitu nyaman dan modern. Sehingga cafe ini pas untuk dijadikan tempat buat ngerjain tugas atau santai-santai sambil ngopi. Di sini kamu milih berbagai menu makanan yang lezat dan minuman seperti cappucino, banana choco, strawberry smoothies, dan masih banyak lagi!

Alamat Pillow Talk Cafe: Jalan Haji Hasan no 12, ( Taman Panatayuda, Dipatiukur ), Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Toastcream, Toastbox & Ice Cream Bar

wisata bandung
Credit: makanalamahasiswa.blogspot.com

Bayangkan betapa lezatnya makan roti bakar yang dilengkapi dengan es krim yang segar! Duh, pasti ngiler dan penasaran, kan? Nah, di Toastcream, Toastbox & Ice Cream Bar, kamu bisa nyobain kelezatan makanan tersebut. Tempat ini menyediakan berbagai menu hidangan penutup dengan bahan dasar roti. Kamu memilih roti bakar dengan berbagai topping yang kekinian seperti topping cokelat silverqueen, cereal, nutella, berbagai macam rasa es krim, saus stroberi, dan masih banyak lagi. Porsinya besar dan harganya juga murah meriah, kok! Cuma Rp15.000 – Rp30.000 aja.

Alamat Toastcream, Toastbox & Ice Cream Bar: Jl. Teuku Umar No.2 / 60, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Yellow Truck

wisata bandung
Credit: eatsfun.wordpress.com

Satu lagi tempat ngopi asyik di kota Bandung, namanya Yellow truck. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki dominasi warna kuning yang cerah pada interiornya. Kopi di tempat ini lezat banget dan berkualitas, karena biji kopinya dipilih langsung oleh pemiliknya. Untuk makanannya, kamu bisa memilih makanan ringan atau makanan berat seperti spaghetti carbonara, nasi goreng kampung, rice bowl, dan masih banyak lagi. Kalau kamu butuh tempat baru untuk ngopi, tempat ini bisa jadi pilihan, nih!

Alamat Yellow truck: Jl. Surya Sumantri No.93, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40164

Nah, itu dia rekomendasi kuliner Bandung! Semuanya terdengar lezat, kan? Jadi kapan nih, kamu mau wisata kuliner ke Bandung? Kan sudah tahu tempat-tempatnya. Biar kamu gak perlu repot nyari tiket pesawat murah dan hotel murah pas liburan di Bandung, bookingnya di Airy aja! Tinggal download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, kamu sudah siap untuk liburan! Mau lebih hemat lagi? Follow aja media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms! Ada banyak informasi promo seru, yang sayang banget kalau kamu lewatkan.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

2 Responses to “99+ Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *