Rasakan Citarasa Khas Betawi Dengan 7 Santapan Ini!

Ibu kota Jakarta memiliki beragam macam kuliner lokal maupun mancanegara. Anda dapat melihat betapa ramainya setiap restoran yang ada di pusat perbelanjaan atau gerobak-gerobak makanan yang menjual kuliner khas daerah. Namun, di zaman modern seperti sekarang, dimanakah kuliner khas Jakarta berdiri? Kami merangkum 7 hidangan khas Jakarta (Betawi) yang dapat memberikan nuansa berbeda bagi santapan Anda berikutnya, mari disimak satu per satu.

1. Kerak Telor

Apabila Anda berkunjung ke acara tahunan Pekan Raya Jakarta, Anda dapat melihat sederetan penjual kerak telor di dalam area acara ataupun pinggir jalan. Hidangan yang terbuat dari telur dan beras ketan serta taburan serutan kelapa memberikan rasa asin serta manis yang pas. Banyak orang yang juga mengatakan apabila Anda memesan kerak telor dengan telur bebek, rasanya akan lebih gurih.

Photo courtesy of umiresep.com
Photo courtesy of umiresep.com

2. Nasi Uduk

Siapa yang tidak kenal dengan nasi uduk? Hidangan khas Betawi ini telah disajikan di meja makan kebanyakan keluarga untuk sarapan. Sekarang, tidak sedikit juga warung tenda atau restoran yang menyajikan nasi uduk dalam santapan siang maupun malam. Nasi uduk terbuat dengan cara memasak nasi menggunakan santan, bukan air biasa, menghasilkan aroma yang khas dan gurih. Nasi uduk biasa dihidangkan dengan semur telur, semur jengkol, semur tahu atau tempe dan telur dadar.

Photo courtsey of kokimasak.com
Photo courtsey of kokimasak.com

3. Ketupat Sayur

Satu lagi hidangan khas Jakarta yang sering disajikan untuk santapan sarapan! Ketupat sayur dapat menjadi hidangan sarapan favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan sedikit pedas dengan kuah gulai santan nya. Disajikan dengan potongan ketupat dan sayur, ketupat sayur adalah pilihan sarapan yang lebih “berisi”.

Photo courtesy of nasiudukbetwi.com
Photo courtesy of nasiudukbetwi.com

4. Gado-gado

Salah satu hidangan kebanggaan penduduk Indonesia, gado-gado dikenal sebagal “salad nya Indonesia” bagi para pelancong mancanegara. Memang bentuknya yang hampir mirip dengan salad, hidangan ini terbuat dari sayur-sayuran seperti labu siam, kacang panjang, timun dan lainnya beserta saus kacang. Terdapat potongan tempe, potongan ketupat/lontong dan kerupuk serta emping untuk melengkapi santapan ringan ini.

Photo courtesy of resepseharian.com
Photo courtesy of resepseharian.com

5. Semur Jengkol

Semur Jengkol dapat dikatakan sebagai hidangan khas Betawi yang asli tanpa campur tangan budaya lain. Anda mungkin langsung mengingat bau kurang sedap dari jengkol setelah menyantapnya tetapi sebelum dimasak, jengkol akan direndam air kapur atau rebusan tangkal padi. Para penduduk asli Betawi memiliki resep yang menjadikan jengkol sebagai hidangan semur yang lezat! Anda harus mencobanya sendiri untuk mengetahui cita rasanya.

Photo courtesy of resepkulinerkreatif.com
Photo courtesy of resepkulinerkreatif.com

6. Laksa Betawi

Mungkin Anda lebih familiar dengan laksa Singapura atau laksa khas Malaysia tetapi Jakarta juga mempunyai laksa Betawi! Adanya campur tangan budaya Cina, laksa merupakan hidangan berisi bihun, perkedel, daun kemangi dan daun kucai di dalam kuah santan. Rasanya tentu gurih dengan perpaduan manis dana sin yang seimbang.

Photo courtesy of resepmasakanbaru.com
Photo courtesy of resepmasakanbaru.com

7. Soto Betawi

Melihat warung makan sampai ke restoran khas Betawi di Jakarta, Anda akan menemukan banyak tempat-tempat tersebut menghidangkan “soto Betawi”. Setiap daerah memiliki hidangan soto andalannya dan Jakarta memiliki hidangan soto berkuah santan yang berisi potongan daging dan jeroan sapi. Untuk menyeimbangi gurih dan “berat”nya kuah santan, terdapat potongan tomat serta daun bawang. Anda dapat menyantapnya secara langsung atau ditemani dengan sepiring nasi putih dan emping.

Photo courtesy of resepumi.com
Photo courtesy of resepumi.com

Baca juga: Menjelajah 10 Kuliner Terbaik di Pantai Indah Kapuk

Apakah Anda tertarik untuk mencoba kuliner khas Jakarta? Pastinya dengan mencicipi hidangan-hidangan di atas, Anda akan mendapatkan pengalaman menarik serta mengesankan. Setelah mencicipi banyak hidangan, waktunya Anda beristirahat dengan nyaman dan harga terjangkau bersama Airy Rooms! Airy Rooms adalah jaringan akomodasi budget terbesar yang sudah hadir di 38 kota besar di Indonesia. Berikut adalah kamar Airy yang kami rekomendasikan:

Airy Menteng Wahid Hasyim 69 Jakarta
Airy Menteng Wahid Hasyim 69 Jakarta
Airy Slipi
Airy Slipi

Segera pesan kamarnya melalui aplikasi resmi Airy Rooms di Google Play Store, App Store atau kunjungi www.airyrooms.com untuk informasi lebih lanjut. Hubungi layanan konsumen kami di 0804-111-2479 (AIRY) untuk panduan selengkapnya. Informasi terkini dan kode promo tiap hari bisa Anda dapatkan melalui Facebook Airy Indonesia atau melalui Twitter dan Instagram @airyindonesia. Airy Rooms, Tidur Nyaman, Harga Aman!

Featured photo credit to merahputih.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *