Sambut Kemerdekaan, Nama di Balik Jalan Haji Agus Salim!

Banyak orang jarang mengetahui nama jalan ini, tapi sering melewatinya. Nama jalan ini adalah Jalan Haji Agus Salim atau sering disebut Jalan Sabang. Jarang diketahui banyak orang, ternyata sosok di balik nama jalan ini sangat menginspirasi. Penasaran? Langsung aja simak, di hari kemerdekaan ini Airy mau memberikan pesan inspiratif untuk kamu dari pahlawan nasional kita yang satu ini! 

Credit: boombastis.com

Ini dia pahlawan nasional kita, si jenaka bernama Haji Agus Salim. Beliau terkenal dengan kepribadiannya yang sangat nyentrik. Haji Agus Salim ini bertubuh kecil tapi bernyali dan memiliki kepintaran yang patut diacungi jempol, lho! Kepribadiannya sangat sederhana dan dikenal sebagai sosok yang berjiwa lepas dan bebas. 

Kesederhanaan yang bernilai 

Credit: jakartaunforgettablecity.blogspot.com

Dalam perundingan Linggarjati, Willem Schermerhorn ketua delegasi Belanda saat itu mengakui Haji Agus Salim seorang negosiator yang tangguh namun memiliki kelemahan ‘miskin seumur hidup’. Dijuluki demikian karena beliau tidak mempan dengan sogokan apapun, sampai Belanda kala itu sangat segan dan menghormatinya. Materi bukanlah alasan untuknya hidup, karena beliau tidak pernah takut dengan kemiskinan. Baginya, yang terpenting adalah menjadi bebas secara batin, bukan menjadi budak bangsa asing. 

Tidak pernah takut!   

Credit: commercialbuildinginspectorsnetwork.com

Sebelum beliau wafat pada tahun 1954, saat menghadiri undangan penobatan Ratu Elizabeth II, ia masih sempat mengajak bergurau Pangeran Philip. Ia membawa rokok kretek dan meminta Pangeran Philip untuk mencium dan menebak dari baunya. Singkat cerita, Pangeran Philip tidak tahu dan Haji Agus Salim dengan sederhana mengatakan bahwa inilah yang membuat Inggris pernah mengarungi lautan dan datang ke Indonesia 300 tahun yang lalu. Indonesia sangat terkenal dengan kekayaan rempah-rempah pada zaman itu. 

Sifatnya periang dan humoris selalu mampu mencairkan suasana. Karena dalamnya ilmu yang ia miliki, beliau selalu percaya diri dan tidak pernah takut dengan siapa ia berhadapan. 

Ucapan yang berbobot

Pahlawan Indonesia
       Credit: ngopibareng.id

Jangan salah sifat homoris beliau adalah bagian dari kelebihan intelektualitasnya. Kecerdasan emosionalnya dalam mengelola dan menemukan solusi sangat patut untuk diteladani. Bahkan siapa sangka orang secerdas beliau tidak marah diejek kambing oleh Munawar Musso, pada pidatonya yang sedang membahas ketegangan dan keretakan Sarekat Islam saat itu. Ia justru mampu membalas perkataan itu lebih tajam hanya melalui sebuah lelucon yang sama persis dilakukan Musso kepadanya. Haji Agus Salim berkata “Apa hewan yang tidak memiliki kumis dan janggut?”, para peserta menjawab, “Anjing”. Itulah Haji Agus Salim dengan senjatanya yang mampu membungkam lawan.

Kunjungi Jalan Agus Salim 

Credit: lifestyle.sindonews.com

Siapa sangka salah satu perumus UUD 45 dan diplomat pejuang Indonesia ini rela hidup nomaden, menjadi miskin dan berpindah-pindah tempat tinggal hanya karena perjuangannya untuk Indonesia. Beliau dan keluarganya pernah tinggal di sekitaran daerah Tanah Abang, Karet, Petamburan sampai Jatinegara. 

kuliner di Jalan Haji Agus Salim

Credit: daftarkulinerjakarta.web.id

Letak jalan Haji Agus Salim ini persis di pusat ibu kota, tempat ini jarang sekali mendapat perhatian media. Tempat ini selalu ramai setiap malamnya dan biasanya macet, karena banyak sekali pedagang menjual makanan. Kunjungilah tempat ini pada malam hari, sekilas tempat ini mirip seperti street food di Vietnam atau Thailand, lho. Banyak turis yang menginap di sekitar jalan ini karena banyak hotel di tempat ini. 

Nah, selamat meresapi kemerdekaan Indonesia yang ke- 74 ya. Selamat menikmati weekend dan liburan singkatmu!  Buat kamu yang diluar kota gak usah takut ada promo dan diskon dari Airy. Coba sekarang download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Kamar Airy di Jakarta tersedia lengkap dan bisa kamu sesuaikan sama budget hematmu! Supaya liburanmu lebih hemat lagi, buruan follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, ya! Ada banyak informasi tentang promo-promo Airy!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *