Bukan Social Distancing, Sekarang Physical Distancing

physical distancing

Physical distancing adalah istilah baru dari social distancing. Sebenarnya maknanya sama saja. Kita tetap diminta untuk berdiam di rumah, menjauhi kerumunan, menghindari kontak fisik dengan orang banyak, dengan tujuan untuk menghindari penularan serta memutus rantai penyebaran virus Corona. 

Beberapa waktu yang lalu, penggantian istilah social distancing menjadi physical distancing ini resmi diberlakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Alasannya, karena berdiam diri #dirumahaja bukan berarti memutus kontak dengan keluarga, teman, dan kerabat secara sosial. Kita tidak diminta untuk berhenti bersosialisasi.

physical distancing

Semua yang mengisolasi di rumah tetap bisa berkomunikasi secara online. Baik melalui aplikasi chatting, media sosial, atau bisa juga video call. Bahkan saat ini, permainan game online yang melibatkan banyak orang juga makin digemari, karena ampuh mengusir rasa bosan dan kesepian selama #dirumahaja. Selama di rumah, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Cukup hidupkan gadget milikmu dan ngobrol sepuasnya. Saat ini, jarak bukanlah hambatan untuk bisa tetap bersosialisasi!

Jadi, hal ini membuktikan, kalau himbauan pemerintah untuk kita tetap di rumah tidak membuat kita serta merta kesepian dan tidak bersosialisasi. Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, berbagai cara sudah bisa dilakukan secara online. Mulai dari bersosialisasi, bekerja, bahkan belanja keperluan sehari-hari, semua bisa kamu lakukan dari rumah.

Kalaupun punya keperluan mendesak dan mewajibkan kamu pergi keluar dari rumah, physical distancing ini tetap bisa dilakukan. Caranya, kamu harus menjaga jarak paling tidak satu hingga dua meter dari orang lain. Ini merupakan jarak aman penyebaran virus, apabila seseorang yang terjangkit Covid-19 tiba-tiba bersin. Selain itu, kamu juga perlu menghindari kontak fisik seperti berjabat tangan. Semakin sedikit orang-orang yang ada di tempat umum, makin kecil juga kemungkinan virus menyebar lebih luas. 

Untuk itu, tetap ikuti himbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja, ya. Dengan melakukan physical distancing, kita sudah membantu diri sendiri dan banyak orang, supaya penyebaran virus Corona tidak meluas lagi. Sekali lagi, Airy mau mengingatkan kamu, tetap jaga diri, konsumsi makanan sehat, jangan lupa olahraga, dan sering-sering mencuci tangan dengan sabun serta air bersih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *