Kenali Perbedaan Gejala Covid-19, Flu Biasa, dan Influenza

Perbedaan Gejala Covid-19

Covid-19 tengah mewabah di Indonesia bahkan berbagai belahan dunia. Menurut WHO, Corona adalah keluarga besar virus yang bisa menyebabkan penyakit pada hewan serta manusia. Apabila menyerang manusia, virus ini akan menyebabkan infeksi pernafasan. Gejalanya mirip dengan flu biasa dan influenza. 

Meski mirip, tapi penanganan untuk ketiganya tentu saja berbeda. Supaya gak salah penanganan, sebaiknya kita kenali perbedaan gejala Covid-19, flu biasa, dan influenza. Cari tahu infonya bareng Airy, yuk!

Flu biasa

Perbedaan Gejala Covid-19

Flu bisa menular akibat seseorang menghirup tetesan air liur dari penderita flu, yang menyebar lewat udara. Kalau menderita flu ringan, pasien cukup beristirahat di rumah selama 2 hingga 3 hari. Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin C dan perbanyak minum air putih. Tapi kalau flu tetap berlanjut lebih dari lima hari bahkan seminggu, jangan lupa periksakan ke dokter, ya!

Covid-19

Perbedaan Gejala Covid-19

Dilansir dari Kompas.com, menurut WHO, gejala paling umum yang dirasakan oleh pasien Covid-19 adalah demam, batuk, sesak nafas, dan dada terasa sakit. Hari demi hari, gejala virus ini akan terus berkembang. Tapi setelah menjalani perawatan yang tepat, selama kurang lebih 2,5 minggu, pasien yang membaik bisa sembuh dan boleh keluar dari rumah sakit.

Influenza

Apabila mengalami gejala influenza seperti di atas, kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Dengan istirahat cukup, perbanyak minum air putih, serta mandi air hangat untuk meringankan nyeri otot. Tapi kalau influenza tetap bertahan selama beberapa hari, sebaiknya langsung periksa ke dokter, untuk penanganan yang lebih maksimal.

Nah, sekarang kamu sudah tahu perbedaan-perbedaan anatar gejala Covid-19, influenza, serta flu biasa. Apabila terkena gejala-gejala yang udah disebut di atas, pertama kamu harus tetap tenang dulu. Kenali perbedaannya supaya kamu tahu harus mengambil langkah apa. Saat dibutuhkan, langsung periksakan ke dokter, ya. Lalu yang terpenting, sebelum terkena gejala Covid-19, influenza atau flu biasa, tetap jaga kesehatan agar daya tahan tubuh tetap kuat dan tidak gampang terserang virus.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *