Masak Saat Corona, Perhatikan Hal Ini!

Di tengah wabah yang tengah marak, kita diminta untuk tetap di rumah dan tetap masak saat Corona. Sebisa mungkin, kurangi makan ke luar atau memesan makanan dari luar. Sebenarnya tidak masalah. Tapi, untuk lebih menjamin keamanan dan kebersihan makanan dari virus apapun, kalau bisa dan memmungkinkan, sebaiknya kamu memasak sendiri makanan yang akan disantap.

Untuk tetap menjaga keamanannya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika masak saat Corona. Apa saja poin-poin itu? Langsung saja kita baca ulasan yang udah Airy rangkum dari WHO berikut ini!

Gunakan alas saat memotong bahan makanan

masak saat Corona
Credit: Kay on Unsplash

Ketika masak saat Corona atau kapan saja, kemungkinan besar kamu memang melakukan hal ini, bukan? Menggunakan talenan saat memotong bahan makanan. Tapi terkadang, kalau sedang terburu-buru, kadang ada yang langsung memotong bahan makanan langsung di atas meja saja. Supaya lebih cepat dan praktis. Padahal, kita tidak tahu apa saja yang sudah terletak di atas meja itu, sebelum kita memotong bahan makanan. Karena itu, pastikan tetap menjaga kebersihan setiap wadah dan tempat yang akan kita gunakan saat memasak, ya!

Gunakan pisau berbeda saat memotong daging dan makanan matang

masak saat Corona
Credit: Viacheslav Bublyk on Unsplash

Nah, siapa yang sering kelupaan dengan pisau yang digunakan? Kalau memasak beberapa bahan makanan, pastinya ada makanan yang sudah selesai duluan. Kalau makanan mentah dan matang perlu dipotong, pastikan kamu menggunakan pisau yang berbeda, ya. Kalau tidak, bakteri yang masih menempel di makanan mentah seperti daging bisa masuk ke makanan yang sudah matang. Jangan sampai hal ini terjadi pada masakan kamu. Dengan begitu, kamu sudah mencegah penyebaran virus dan masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh.

Segera cuci tangan di sela-sela menyiapkan makanan mentah dan matang

Credit: Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Kenapa wastafel selalu ada di dalam dapur? Tujuannya, supaya kamu bisa mencuci tangan dengan mudah. Sama seperti penggunaan pisau untuk makanan matang dan yang mentah tadi, tanganmu juga harus selalu dicuci setelah memegang kedua jenis makanan ini. Agar, bakteri yang ada di makanan mentah tidak terbawa ke makanan matang. Jadi, jangan lupa selalu mencuci tangan di sela-sela menyiapkan masakanmu!

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika memasak saat Corona. Jaga kebersihan, supaya kita tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Mari kita sama-sama menjaga diri, supaya pandemi Covid-19 segera berlalu. Tetap lakukan physical distancing dan sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan bilas menggunakan air mengalir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *