Pakai Masker untuk Jaga Kesehatan Selama Pandemi COVID-19

pakai masker

Kini, WHO menganjurkan semua orang untuk menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah. Seiring dengan anjuran WHO ini, pemerintah daerah juga mulai mewajibkan penggunaan masker di angkutan umum Jakarta, terhitung dari tanggal 12 April 2020. Himbauan ini telah disosialisasikan sejak tanggal 6 hingga 11 April lalu. Peraturan ini diterapkan untuk semua transportasi umum, seperti Transjakarta, MRT, dan LRT. Dengan adanya peraturan ini, penumpang yang tidak pakai masker tidak akan diperbolehkan menggunakan transportasi umum.

Himbauan ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19, bagi orang-orang yang harus keluar rumah. Meskipun kita dianjurkan untuk #dirumahaja, tetap saja sebagian orang tetap harus keluar rumah untuk berbagai aktivitas yang tidak bisa dikerjakan dari rumah. Untuk itu, himbauan pakai masker ini menjadi salah satu solusi yang baik.

Lalu bagaimana dengan jenis masker yang harus digunakan? Seperti yang kita tahu, saat ini masker medis sudah mulai langka beredar di pasaran. Kalaupun ada, kita yang sehat diminta untuk tidak pakai masker ini, karena masker bedah dan N95 saat ini diprioritaskan untuk tenaga medis dan orang-orang yang sedang sakit.

Jadi, solusinya, kita yang saat ini dalam kondisi sehat bisa menggunakan masker non medis seperti masker kain atau sya. Untuk proteksi yang lebih maksimal, kamu bisa memilih masker kain yang terdiri dari beberapa lapisan. Menurut para peneliti, kain yang memiliki daya saring paling bagus adalah kain jenis bahan serbet yang biasa digunakan di dapur, kain untuk sarung bantal, dan kain katun. 

Hindari menggunakan kain dengan bahan kain sutra, karena dinilai memiliki daya saring paling rendah. Dari berbagai bahan kain yang disebutkan di atas, jenis kain yang paling nyaman digunakan untuk bernafas adalah katun 100%. Memiliki tekstur yang lembut, kain ini tidak menyebabkan alergi dan perawatannya juga lebih murah. 

Sebelum dan setelah menggunakan masker, jangan lupa lakukan sterilisasi. Cuci menggunakan sabun, air hangat, lalu jemur hingga kering di bawah panas matahari. Untuk kamu yang bisa bekerja dari rumah atau yang harus tetap keluar, jangan lupa jaga kesehatan. Konsumsi makanan bergizi, olahraga cukup, dan jangan lupa sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan bilas di air yang mengalir. Sekali lagi, Airy mau mengucapkan, stay safe, semuanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *