Hand Sanitizer VS Cuci Tangan, Mana Lebih Efektif?

hand sanitizer

Di tengah pandemi Covid-19, semua orang diwajibkan untuk sering-sering menjaga kebersihan tangan. Permintaan hand sanitizer jadi makin meningkat. Ditambah adanya pihak gak bertanggung jawab yang menimbunnya dan menjual dengan harga super tinggi, keberadaan hand sanitizer jadi makin langka. Penggunaannya memang efektif dalam membunuh kuman dan virus. 

Tapi tahukah kamu? Ternyata lebih baik lagi jika kamu dapat mencuci tangan dengan air dan sabun. Kok bisa? Berikut ini Airy rangkum alasan kenapa mencuci tangan dengan air sabun jauh lebih penting!

hand sanitizer
  • Resisten terhadap beberapa jenis kuman dan virus
  • Residu masih tertinggal di tangan
  • Kandungan alkohol dapat mengiritasi kulit
  • Tidak efektif membersihkan tangan yang kotor dan berminyak
  • Efektif membunuh banyak jenis kuman dan virus
  • Residu ikut terbawa air yang mengalir
  • Tidak mengiritasi kulit selama menggunakan sabun yang diperuntukkan untuk cuci tangan, kulit, atau sabun mandi
  • Efektif membersihkan tangan yang kotor dan berminyak

Nah, sekarang kamu udah tau alasan mencuci tangan dengan air dan sabun lebih efektif dari hand sanitizer. Jadi, gak perlu panik meskipun kamu gak punya, ya. Tapi, bukan berarti tidak penting, lho! Pastinya tidak di semua tempat kamu dapat mencuci tangan dengan air dan sabun. Contohnya saat berada di luar ruangan dan gak ada toilet atau wastafel. Di saat itulah peran hand sanitizer menjadi penting.

Walaupun kamu merasa tangan kamu sudah bersih dengan hand sanitizer, tetap sangat disarankan untuk mencuci tanganmu lagi dengan air dan sabun apabila memungkinkan. 

Nah, sekarang Airy mau tanya kamu, nih. Jadi, misalnya kamu sedang berada di tempat umum seperti mall atau stasiun kereta yang punya toilet dan wastafel. Lalu, pas di pintu masuk, mereka menyediakan hand sanitizer secara gratis. Apa yang akan kamu lakukan? Pencet botolnya lalu oleskan ke tanganmu, atau segera pergi ke toilet dan cuci tangan menggunakan sabun? Apapun pilihanmu, tetap pastikan tanganmu bersih sebelum memegang mata, hidung, telinga, dan bagian wajahmu yang lain, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *