Ini Dia Cara Mudah Mengajukan Refund Tiket Pesawat di Airy

Apa Anda sudah memesan tiket pesawat di Airy dan ingin melakukan proses refund (pengembalian dana) karena alasan tertentu? Masih bingung dengan cara pengajuannya? Baca selengkapnya cara mengajukan refund tiket pesawat di Airy dengan mudah berikut ini:

Langkah 1:

Proses refund (pengembalian dana) tiket pesawat untuk semua maskapai domestik di Airy, dapat diajukan melalui Customer Care Airy dengan menelepon ke 0804 111 2479. Pada saat terhubung, tekan 0 (nol) untuk berbicara dengan Customer Care Airy.

Langkah 2:

Untuk proses pengajuan refund, pelanggan wajib menyiapkan data-data yang diperlukan berupa:

1. Booking ID

2. Rute yang dibatalkan

3. Tanggal penerbangan yang dibatalkan

4. Nama penumpang yang dibatalkan

5. Alasan refund:

   – Pengajuan pembatalan oleh penumpang (self cancellation)

   – Kehamilan (pregnancy)

   – Sakit (sickness)

   – Meninggalnya penumpang (death of passenger)

   – Pembatalan/penggantian jadwal oleh maskapai (cancelled/rescheduled by airline)

   – Bencana alam (force majeure (natural disaster))

   – Pemesanan ganda (double booking)

   – Kesalahan memasukkan informasi (wrong input data)

Untuk pengajuan refund melalui bank transfer, pelanggan diminta untuk menyiapkan data bank (nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening yang sesuai dengan yang tercantum di buku rekening dan cabang bank rekening). Data bank tersebut harus sesuai dengan nama pemesan atau nama penumpang. Jika data sudah lengkap, Customer Care Airy akan segera memproses pengajuan refund Anda.

Langkah 3:

Proses refund akan dimulai setelah proses pengajuan selesai dan dapat berlangsung sampai dengan 30 hari atau 1 bulan (jika pembayaran pemesanan melalui bank transfer). Apabila pelanggan melakukan pembayaran melalui kartu kredit, proses refund akan berlangsung sampai 60 hari kerja.

Untuk mengetahui sampai mana proses refund sudah berjalan, pelanggan dapat menghubungi Customer Care Airy melalui telepon (0804 111 2479), live chat, FB messenger (@AiryIndonesiaCS) dan email (cs@airyrooms.com), setiap hari (Senin-Minggu) selama 24 jam.

Informasi penting yang perlu diketahui:

1. Jumlah dana yang akan dikembalikan bergantung dari ketentuan pihak maskapai dan akan dikurangi biaya promo (jika menggunakan kode kupon promo), cancellation fee (biaya pembatalan) sebesar Rp30.000 per penumpang per rute dan bank transfer fee* (biaya transfer bank).

Untuk informasi syarat dan ketentuan refund dari berbagai maskapai dapat dilihat dengan klik di sini.

*Untuk pelanggan yang melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri tidak akan dikenakan bank transfer fee (biaya transfer bank). Selain Bank Mandiri, pelanggan akan dikenakan bank transfer fee sebesar Rp6.500 per transaksi.

2. Metode pengembalian dana yang telah disetujui:

– Untuk pembayaran melalui kartu kredit, limit dari kartu kredit pelanggan akan dikembalikan.

– Selain itu, Airy akan melakukan pengembalian dana melalui bank transfer yang diajukan.

3. Pelanggan tidak dapat membatalkan proses refund yang telah berlangsung atau yang telah diajukan ke pihak maskapai. Pelanggan diminta untuk memperhatikan dan memastikan kembali data-data yang akan dimasukkan sebelum mengajukan refund.

4. Tiket pesawat yang telah melalui proses check-in atau telah mendapatkan boarding-pass tidak dapat melakukan proses refund.

5. Untuk pengembalian dana secara utuh (full refund), pengajuan harus mendapatkan persetujuan dari pihak maskapai. Biaya tersebut (tarif dasar) akan dikurangi cancellation fee (biaya pembatalan) sebesar Rp30.000 per penumpang dan rute. Jika pelanggan menggunakan kode kupon, maka pengembalian dana akan dipotong lagi sesuai dengan nominal promo.

Contoh:

Pelanggan melakukan pembelian tiket pesawat sebesar Rp1.000.000 dengan penggunaan kode kupon Rp100.000. Pelanggan telah melakukan pembayaran sebesar Rp900.000.

Untuk proses refund yang akan dikembalikan secara utuh (full refund):

Tarif Dasar* – kode kupon (jika ada) – cancellation fee (per penumpang dan rute) – bank transfer fee** = total biaya yang akan dikembalikan.

Rp950.000 – Rp100.000 – Rp30.000 – Rp6.500 = Rp813.500

*Tarif dasar ditentukan dari pihak maskapai.

**Jika pengembalian dana dilakukan melalui bank transfer selain Bank Mandiri.

Baca juga: Ragam Cara Pembayaran di Airy Rooms Untuk Mudahkan Liburanmu!

Itu dia cara pengajuan refund tiket pesawat di Airy, pastikan data-data yang dibutuhkan lengkap dan akurat sehingga proses refund Anda bisa berjalan lancar. Jika ada kendala dan butuh respon cepat silakan langsung menghubungi Customer Care kami di 0804 111 2479 atau kirimkan pesan melalui akun Facebook CS kami di facebook.com/AiryIndonesiaCS