Mudah! Ini Dia Cara Membuat Disinfektan

Cara Membuat Disinfektan

Selama virus Corona masih mewabah, kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Mulai dari konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, perbanyak minum air putih, sering-sering cuci tangan dengan sabun, tinggal di rumah apabila memungkinkan, melakukan social distancing, hingga menjaga kebersihan rumah dan seluruh perabotan yang ada. Untuk jaga kebersihan tempat tinggal, salah satu caranya adalah dengan menyemprot cairan disinfektan ke tiap sudut. 

Sudah mencari disinfektan ke berbagai tempat tapi stoknya sering kosong? Tenang! Sesuai dengan judul di atas, hari ini Airy mau bagiin cara mudah membuat disinfektan. Bahannya gampang dicari dan langkah-langkahnya juga simpel banget. Supaya kebersihan rumahmu bisa lebih terjaga, kita pelajari cara membuat disinfektan ini sama-sama, yuk! 

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Bayclean
  • Air
  • Wadah penyimpanan (spray bottle)

Cara membuat disinfektan:

  • Campurkan 95ml Bayclean dengan 905ml air, untuk menghasilkan 1.000ml cairan disinfektan.

Tapi ingat, cairan pemutih ini bersifat korosif terhadap beberapa material. Contohnya besi. Supaya tidak terjadi korosif pada benda yang Anda semprot disinfektan buatan ini, jangan lupa lap dengan kain dan air bersih setelah 10 menit.

Mau lihat tutorial pembuatan cairan disinfektan? Supaya kamu makin mudah membuatnya, Airy udah siapin video singakatny untuk kamu. Langsung klik video di bawah ini, ya!

Hanya satu langkah, disinfektan buatan udah bisa langsung digunakan! Gimana? Cara membuat disinfektan ini gampang banget, kan? Kamu hanya perlu waktu kurang dari dua menit untuk membuatnya. Kalau sudah selesai, langsung aja  semprotkan ke bagian rumah atau benda-benda yang sering kamu pegang. Supaya hasilnya lebih maksimal, jangan lupa semprotkan cairan disinfektan minimal 2 kali sehari. Misalnya, remote tv, gagang pintu, kran air, tombol siram toilet, dan lain sebagainya. Tapi ingat, jangan semprot saat ada makanan di sekitar benda-benda tersebut, ya. 

Itulah bahan-bahan dan cara membuat disinfektan sendiri untuk kamu gunakan nanti. Lawan virus Corona, selalu ingat tips yang dianjurkan pemerintah serta WHO. Jangan keluar rumah apabila tidak perlu, lakukan social distancing, dan yang paling penting, sering-sering mencuci tangan dengan benar. Gunakan sabun, cuci selama dua puluh detik, bilas dengan bersih, dan keringkan menggunakan handuk. Sekali lagi, stay safe, semua!

Header and featured image by Daiga Ellaby on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *