Cara dan Manfaat Melakukan Social Distancing

Social distancing

Di tengah maraknya isu Virus Corona, banyak orang dan lembaga yang berbondong-bondong melakukan berbagai hal untuk mencegah penyebaran virus. Mulai dari keluarnya kebijakan baru, melakukan kebiasaan baik, dan langkah lain demi mengurangi tersebarnya Virus Corona. Nah, salah satu langkah dan kegiatan yang lagi sangat dianjurkan adalah melakukan social distancing. Kira-kira apa sih, social distancing dan manfaatnya untuk melawan Virus Corona? Yuk, langsung cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa itu social distancing

Credit: unsplash.com/@noahsilliman

Social distancing adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dengan orang lain, untuk mengurangi atau memperlambat penyebaran virus. Social distancing juga berarti menjauhi pusat keramaian, tempat berkumpulnya orang-orang, dan menjaga jarak antar manusia. WHO (World Health Organization) menyarankan untuk menjaga jarak minimal 1 – 2 meter dengan orang lain, untuk menjaga keamanan dan kesehatan. Karena pada jarak itu lah, cairan dari batuk atau bersin bisa mencapai tubuh orang lain. Jadi, pas lagi berada di tempat umum, ada baiknya kamu menjaga jarak, ya.

Social distancing
Credit: unsplash.com/@lebrvn

INGAT! Melakukan social distancing bukan berarti kita memutuskan tali komunikasi dengan orang lain, lho. Oleh karena itu lah, beberapa waktu lalu WHO (World Health Organization) mengubah istilah ‘social distancing’ menjadi ‘physical distancing’. Sehingga walaupun kita diminta untuk menjaga jarak, kita tidak tidak diminta untuk berhenti bersosialisasi dengan keluarga, teman, dan kerabat secara sosial. Jadi kalau kamu sudah rindu, pengin ketemu, dan ngobrol dengan mereka, kamu bisa banget menghubungi orang tersayang. Caranya tinggal ajak video call, telponan, atau chatting aja, kok!

Manfaat social atau physical distancing

Social distancing

Credit: unsplash.com/@antaresqsq

Manfaatnya melakukan social atau physical distancing itu apa, sih? Singkatnya, dengan melakukan kegiatan ini kita akan menghindari potensi tertular dari Virus Corona. Seperti yang kamu ketahui, Virus Corona dapat menular melalui cairan. Jadi, kalau kita tidak membuka kesempatan untuk terjangkit, kamu pun tidak akan terkena.

Semakin sedikit orang yang terjangkit, semakin cepat dan efektif juga para tenaga medis bekerja untuk menyembuhkan mereka yang sedang sakit. Dengan ini, keadaan pun akan cepat untuk kembali normal.

Bagaimana cara melakukannya

Credit: unsplash.com/@andregaulin

Cara melakukan physical distancing itu gampang, kok! Kamu cukup mengurangi bepergian ke tempat umum, menjaga jarak paling tidak 1 – 2 meter dari orang lain, dan mengurangi kontak fisik seperti berjabat tangan, cium pipi, dan sebagainya. Kalau kamu gak butuh-butuh banget, lebih baik kamu diam saja di rumah, ya!

Social distancing
Credit: unsplash.com/@macauphotoagency

Namun kalau butuh banget keluar rumah, kamu harus melindungi diri, ya! Seperti melakukan tindakan kecil dengan selalu pakai masker ketika keluar rumah, jaga kebersihan, jangan sering menyentuh muka, dan kurangi menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang. Terakhir, demi menjaga keamanan bersama, pastikan setelah keluar rumah kamu langsung bersih-bersih, ya. Mandi, ganti baju, dan jangan sentuh anggota keluarga sebelum kamu mencuci tangan.

Social distancing
unsplash.com/@byrdman85

Perlu diingat juga, meskipun pemerintah menganjurkan untuk melakukan aktivitas di rumah, meliburkan sekolah, dan adanya kebijakan WFH (Work from Home) dari beberapa perusahaan. Ini bukan saatnya kamu untuk jalan-jalan atau bahkan liburan. Sekarang adalah waktu buat kamu melindungi diri dan orang disekitar, dengan berada di rumah aja.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan

Social distancing
Credit: unsplash.com/@kate5oh3

Terus ngapain aja dong di rumah? Tenang, ada banyak cara dan kegiatan yang bisa dilakukan! Kamu bisa ‘me time’, meditasi, movie marathon, bersih-bersih rumah, mencoba hobi baru, belajar skill baru, istirahat, dan masih banyak lagi. Gunakan waktu ini untuk istirahat dan rileks. Coba ambil positifnya, kapan lagi kan kamu bisa di rumah aja selama ini, kan?

Social distancing

Untuk yang mendapat kebijakan WFH (work from home), kamu juga bisa tetap produktif, kok. Ciptakan ruang yang nyaman supaya kamu bisa bekerja. Rapikan meja kerjamu dan buat suasana senyaman mungkin. Tambahkan hiasan lucu, supaya kamu semakin semangat saat bekerja.

Buat yang harus bepergian karena pekerjaan dan kewajiban, Airy punya beberapa rekomendasi kamar yang siap nemenin kamu pas bisnis trip, nih. Kamarnya lengkap dengan WiFi, tempat tidur nyaman, parkiran, hotel bersih, dan meja kerja. Yuk, langsung cek di bawah ini!

Airy Condong Catur Waringinsari Satu 12C Yogyakarta

Social distancing
Alamat: Jl. Perumnas, Waringinsari I No. 12C, Condongcatur, Depok, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia

Airy Premier Seminyak Cendrawasih 28 Kuta Bali

Social distancing
Alamat: Jl. Cendrawasih No. 28, Seminyak, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

Airy Taman Remaja Kusuma Bangsa Surabaya

Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No.41, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272, Indonesia

Airy Eco Gunung Kawi 42 Malang

Alamat: Jl. Pesarean No 42 Wonosari, Gunung Kawi , kabupaten Malang, Jawa Timur 65164, Indonesia

Airy Tengah Merdeka Barat 428 Pontianak

Alamat: Jalan Merdeka Barat No. 428, Mariana, Pontianak Barat, Tengah, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244, Indonesia

Itu dia informasi lengkap social distancing! Selalu hati-hati saat bepergian, ya! Buat yang butuh bepergian, kamu bisa pesan kamar dan tiket pesawat di Airy dengan cara download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Supaya kamu lebih hemat pas bepergian, langsung aja follow media sosial Airy di Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di cs@airyrooms.com, facebook messenger, Live Chat Web, dan Airy App, dan direct message media sosial.

Header & Feature Image Credit: unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *