Disemprot ke Tubuh Manusia, Ini Bahaya Disinfektan

Bahaya Disinfektan

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, berbagai cara dilakukan untuk menjauhkan diri dari virus tersebut. Salah satunya dengan cairan disinfektan. Tapi tahukah kamu, bahaya disinfektan bagi tubuh? Disinfektan hanya mampu membunuh virus yang menempel pada benda mati. Tapi untuk tubuh manusia, bukannya membunuh virus yang sudah masuk ke tubuh, tapi cairan ini malah berbahaya.

Bahaya Disinfektan

Dilansir dari WHO, bahaya disinfektan pada tubuh adalah jika terkena mata atau mulut. Apabila masuk ke mulut, bisa menyebabkan iritasi saluran pernapasan. Selain itu, penggunaan disinfektan yang berlebihan dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan pada kulit. Bahkan, penggunaan dengan konsentrasi tinggi bisa membuat kulit sampai terbakar. 

Menurut Sekolah Farmasi ITB, penelitian yang dipublikasikan pada JAMA Network Open Oktober 2019, sebanyak 73.262 perawat wanita yang rutin setiap minggu menggunakan disinfektan untuk membersihkan alat-alat medis, beresiko lebih tinggi mengalami kerusakan paru-paru kronik. Beginilah bahaya disinfektan terhadap tubuh manusia.

Cairan disinfektan memang dinilai efektif untuk membunuh virus yang menempel pada permukaan benda mati. Para petugas medis yang menjemput pasien terduga atau positif Covid-19, setelah selesai bertugas akan disemprot cairan disinfektan. Tapi penyemprotan ini dilakukan saat mereka masih menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap. Tujuannya, supaya segala virus yang menempel pada APD tersebut segera mati, sebelum APD dibuang. Setelah itu, para petugas langsung mandi, untuk mengurangi resiko adanya cairan disinfektan yang secara tidak sengaja menempel ke kulit.

Bahaya Disinfektan

Untuk itu, solusi utama untuk mengurangi resiko tertular virus ini adalah dengan melakukan physical distancing. Dengan tidak berdekatan dan bersentuhan banyak orang, kamu semakin aman dari virus ini. Kalau pun ada hal mendesak yang membuat kamu harus keluar rumah, jangan lupa langsung mandi dan mengganti pakaian setelah berkegiatan di luar rumah.

Hal yang tak kalah penting juga, tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat, banyak minum air putih, dan sering-sering mencuci tangan. Airy berharap, pandemi ini bisa berakhir secepatnya dan stay safe, semuanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *