Airy Community: Memberdayakan Ekonomi Daerah Melalui Teknologi Perhotelan

Industri pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia, sehingga pemerintah tetap fokus membangun pariwisata. Menurut data World Travel & Tourism Council pada tahun 2019, Indonesia merupakan satu dari sepuluh negara dengan pertumbuhan kinerja pariwisata tertinggi di dunia. Hal ini menjadi pemacu bagi pelaku industri pariwisata, untuk tetap maju dan mengimbangi dengan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Danny Handoko, Chief Executive Officer (CEO) Airy menyampaikan, Airy berkontribusi memajukan pariwisata Indonesia, baik melalui teknologi dan pemberdayaan SDM. “Hari ini, Airy dengan bangga mempersembahkan, Airy Community, sebuah landasan pelatihan yang menjadi terobosan untuk standardisasi mutu layanan properti hotel atau penginapan yang kami naungi,” ujar Danny pada forum Katadata, di Balai Kartini tanggal 3 Juli 2019 lalu. 

Deputy Head of Research & Analysis Katadata.co.id Stevanny Limuria, menyampaikan, mereka melakukan riset guna menunjukkan kontribusi Airy di sektor pariwisata, ketenagakerjaan, dan pemberdayaan ekonomi lokal. “Airy juga melakukan upgrading skill untuk karyawan-karyawan di jaringan Airy. Diharapkan, dengan pemberdayaan ini, keberadaan Airy dapat membantu tingkat pengangguran di Indonesia.” Info selengkapnya dapat diakses di sini

Forum ini juga turut dihadiri oleh Khairil Anwar, perwakilan dari Kementrian Ketenagakerjaan. Menurut beliau, keberadaan Airy Community memberikan dampak yang cukup signifikan bagi perluasan kesempatan kerja dan pembangunan di sektor pariwisata. “Airy sudah sangat tepat, karena menyentuh dua aspek, aspek di sektor pariwisata dan ekonomi digital”, serunya.

Dalam forum ini, Airy juga memberikan plakat penghargaan bagi tiga mitra Airy dengan beberapa kategori penilaian. Liv Hotel Jakarta, mendapat penghargaan Best Service Excellent; Residence 6 Hotel Jakarta, Best Rooms Facilities; dan Hotel Poncowinatan Yogyakarta, Best Quality Improvement.

Viko Gara, selaku VP Commercial Airy Indonesia, dalam kesempatan ini juga menyampaikan, Airy membantu pengelola hotel untuk mengatur propertinya dengan lebih mudah. Kalau dulu masih menggunakan buku tebal untuk mencatat segala transaksi dan kebutuhan hotel, Airy menyediakan sebuah platform.

“Kita masuk, kita upgrade mereka dengan platform yang kita buat. Jadi karena digitalisasi, lebih mudah di-operate. Kita juga latih orangnya (para karyawan hotel) untuk bisa mengoperasikan platform tersebut”, katanya. Viko juga menambahkan, Airy Community akan tetap dilaksanakan guna meningkatkan kualitas SDM. “Di sisi lain, kita juga mengenalkan yang tadi, Airy Community. Jadi kalau sebelumnya di 6 kota, moving forward kita akan melakukan pelatihan itu untuk 4.000 karyawan mitra kami,” tutupnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *