Ini yang Boleh dan Gak Boleh Kamu Lakukan Pas WFH

WFH

WFH alias work from home adalah salah satu langkah efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Alasannya, semakin sedikit masyarakat yang berkeliaran di rumah, makin sedikit kontak fisik yang akan terjadi. Dengan WFH, kita sekaligus bisa melakukan physical distancing, berdiam diri di rumah, dan melakukan segala sesuatu sebisa mungkin dari rumah saja. Lalu, selama WFH, apa aja yang boleh dilakukan dan gak boleh?

Hal-hal yang boleh kamu lakukan

1. Beli kebutuhan sehari-hari

Kamu diminta untuk di rumah saja selama virus Corona ini masih mewabah. Artinya, sebisa mungkin jangan pergi keluar untuk makan. Kamu bisa belanja kebutuhan sehari-hari dengan jumlah yang cukup untuk beberapa hari. Jadi, kamu gak perlu sering-sering keluar untuk belanja.

2. Delivery makanan

Buat yang gak punya dapur atau tidak memungkinkan untuk masak, solusinya kamu bisa delivery makanan. Meskipun lebih baik kalau masak sendiri, delivery makanan tetap lebih aman dibandingkan kamu makan di luar.

3. Ke bank, apotek, atau pom bensin

Selama virus Corona mewabah, untuk memastikan semua tetap berjalan lancar, beberapa tempat tetap beroperasi seperti biasa. Seperti bank, apotek, atau pom bensin. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat ini kalau memang sangat dibutuhkan. Tapi ingat, saat keluar rumah, kamu pasti berpapasan dengan banyak orang. Gunakan masker kalau merasa kurang enak badan dan hindari orang-orang yang batuk atau bersin.

4. Rajin mencuci tangan

Meskipun hanya di rumah, tetap perlu sering-sering mencuci tangan. Cuci tangan minimal selama 20 detik, gunakan sabun, bilas dengan bersih, lalu keringkan menggunakan handuk atau tisu. Menurut WHO, hal ini efektif untuk membunuh kuman-kuman yang menempel pada tangan.

5. Melakukan physical distancing

Sesuai dengan tujuan diberlakukannya anjuran work from home, kamu bisa melakukan physical distancing. Artinya, kamu bisa menjaga jarak dan bersentuhan dengan orang-orang. Dengan begitu, kamu menghindari tertular atau menularkan penyakit ke orang lain.

6. Video call 

Meskipun melakukan physical distancing, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Baik keluarga, sahabat, atau teman kantor sekalipun, kalian bisa melakukan video call. Pekerjaan bisa selesai tepat waktu, deh.

7. Olahraga

Di sela-sela pekerjaan atau setelah kerjaanmu selesai, kamu bisa berolahraga sejenak, supaya tubuh tetap fit. Tapi ingat, jangan olahraga secara berlebihan, ya. Secukupnya saja, dengan tujuan daya tubuh tetap terjaga dan bisa menangkal virus yang ada.

Lalu, ini dia hal-hal yang gak boleh kamu lakukan

WFH

1. Nongkrong rame-rame

Jangan melakukan perkumpulan lebih dari sepuluh orang. Kamu dianjurkan work from home kan tujuannya untuk menghindari kerumunan. Jadi, jangan menciptakan kerumunan sendiri dengan nongkrong rame-rame, ya!

2. Makan di restoran, cafe, bar

Hindari makan di tempat umum, supaya kamu tidak beresiko tertular atau menularkan penyakit ke orang lain. Selama work from home, kamu coba usahakan masak sendiri dan makan #dirumahaja, deh.

3. Olahraga di gym

Kamu kan enggak tau siapa aja yang udah olahraga di gym langgananmu. Berapa banyak orang yang datang dan gak tau apakah orang itu bebas dari Covid-19. Untuk itu, hindari pergi ke tempat gym dan olahraga di rumah saja.

4. Nonton di bioskop

Selama periode work from home ini, jangan nonton di bioskop dulu, ya. Kamu bisa menghibur diri dengan nonton berbagai serial Netflix yang seru-seru banget. Uang yang biasa kamu pake buat nonton di bioskop bisa sekalian ditabung, deh. Jadi makin hemat, kan.

5. Pulang kampung

Buat anak rantau, mendengar pengumuman WFH selama beberapa minggu, apa yang ada di pikiranmu? Ingin segera pulang dan berkumpul bersama keluarga? Hmm, coba pikirkan kembali. Selama di perjalanan, gak ada jaminan kamu tidak bakal terjangkit virus. Kalau sampai terjangkit, kamu bisa menularkannya dengan orang-orang di kampung halamanmu. Jadi, pulangnya ditunda aja setelah wabah ini mereda.

6. Menimbun masker / hand sanitizer

Jangan banget! Jangan menimbun masker dan hand sanitizer demi keuntungan pribadi. Dengan menimbunnya, orang-orang yang membutuhkan jadi sulit menemukannya. Coba bayangkan para petugas medis dan pasien yang sakit jadi tidak bisa melindungi diri karena sedikitnya masker dan hand sanitizer yang terbatas. Siapkan stok untuk diri sendiri dengan jumlah yang tepat sih gak masalah. Tapi kalau ditimbun dan dijual dengan harga melambung tinggi, itu perbuatan yang gak baik banget. Jangan lakukan hal ini, ya.

7. Menyebarkan berita hoax

Untuk membantu bumi cepat pulih dari pandemi Corona, ada beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan. Pertama #dirumahaja dan kedua tidak menyebarkan berita hoax. Mungkin ada beberapa di antara kamu yang menyebarkannya secara ga sengaja. Supaya gak salah share berita, coba cek dulu kebenarannya, melalui situs-situs yang terpercaya. Dengan begitu, kamu turut menjaga perdamaian dunia dan kita terhindar dari kepanikan yang tidak berarti.

Nah, itulah beberapa hal yang boleh dan yang gak boleh kamu lakukan selama work from home. Jaga kesehatan diri, jangan keluar rumah apabila tidak dibutuhkan, dan mari kita doakan agar penyebaran virus Corona segera berakhir dan bumi segera pulih. Sekali lagi, Airy mengucapkan, stay safe, semuanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *