Ini Dia Pesona dan Makna Tarian Tradisional Indonesia!

Tarian tradisional

Kekayaan budaya Indonesia memang bikin bangga!. Mulai dari bahasa, kuliner, dan adat ada aja yang unik dan asyik untuk kita telusuri. Salah satunya adalah kekayaan budaya dalam bentuk tarian tradisional. Selain sebagai wujud hiburan, tarian ini memiliki nilai budaya yang tinggi dan dianggap sakral, lho! Mau tahu apa saja makna dari tarian-tarian di Indonesia? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Tari Kecak

Tarian tradisional
Credit: jalanjalanyuk.com

Liburan ke Bali rasanya gak lengkap kalau gak nonton Tari Kecak. Nonton tarian ini, kamu akan dibuat takjub dengan gerakan penarinya yang begitu kompak. Suara “Cak, cak, cak” yang serontak dan kencang, akan membuatmu semakin terkesima. Ditambah api unggun, suasana outdoor, dan gerakan penari yang gemulai, nonton tarian ini bisa jadi salah satu momen liburan yang tak terlupakan.

Nah, di balik indahnya tarian tradisional Indonesia yang terkenal ini, terdapat sebuah legenda Rama dan Rahwana, lho. Dulu, tarian ini dilakukan sebagai acara adat dan ritual penyembuhan penyakit. Wah, keren banget, ya?

Tari Saman

Tarian tradisional
Credit: makalahirfan.blogspot.com

Siapa yang zaman sekolah dulu ikut ekskul Tari Saman? Tarian tradisional Indonesia asal Aceh ini unik dan menarik banget untuk ditonton. Gerakan penari yang begitu kompak, serta alunan musik yang bermain, bakalan membuat kamu fokus dan terkesima. Konon, tarian ini adalah simbol silaturahmi umat Islam. Lalu kalau kamu perhatikan, arti lirik dalam lagu yang dinyanyikan selama tarian adalah ajaran-ajaran moral tentang pentingnya kebersamaan, kekeluargaan, kekompakan, dan keberanian.

Hebatnya, Tari Saman sering ditampilkan dalam lomba-lomba standar internasional, lho! Gak hanya itu, Tari Saman juga ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2011. Wah, jadi semakin bangga dengan seni tari Indonesia yang satu ini, kan?

Tari Jaipong

Tarian tradisional
Credit: blogkulo.com

Nah, kalau tarian tradisional Indonesia ini asalnya dari Jawa Barat, lebih spesifiknya dari Kota Karawang. Gerakan Tari Jaipong begitu unik, gemulai, dan menggoda. Bagaimana tidak, tarian ini merupakan gabungan dari gerakan pencak silat, wayang golek, Topeng Banjet, dan kesenian asal Karawang lainnya. Sebenarnya, ada banyak versi gerakan Tari Jaipong yang ada, namun salah satu yang paling populer adalah Tari Jaipong dengan gaya ‘kaleran’. Yaitu gaya yang ceria, humoris, semangat, spontan, namun juga sederhana.

Tari Tor-tor

Tarian tradisional
Credit: indonesiakaya.com

Kamu tahu gak makna dibalik Tari Tor-tor? Jadi ceritanya, dulu di Sumatra Utara terdapat tujuh putri kayangan yang turun ke bumi untuk mandi di sebuah telaga. Demi mengusir roh-roh jahat dan orang yang mengganggu, mereka melakukan tarian ini. Hingga akhirnya turun temurun dilakukan oleh masyarakatnya. Tarian ini sering ditampilkan dalam upacara adat seperti upacara kematian, panen, penyembuhan, dan pesta-pesta besar.

Tari Bedhaya Ketawang

Tarian tradisional
Credit: aziraicha.blogspot.com

Tari Bedhaya Ketawang merupakan tarian khas Jawa. Bisa dibilang, tarian ini adalah salah satu kesenian asal Jawa yang begitu klasik, kuno, dan sangat dihargai. Tarian ini adalah tarian untuk putri-putri raja. Untuk melakukan gerakan tarian Bedhaya Ketawang, sang penari harus memiliki tingkat keteraturan, keselarasan, kehalusan budi, dan pengendalian diri yang tinggi. Sehingga, gak sembarang orang bisa melakukannya. Karena gerakannya yang memiliki makna filosofis dan simbolik yang begitu tinggi, tarian ini begitu dihargai oleh kesultanan Yogyakarta. Oleh karena itu, tarian ini sering ditampilkan pada acara ulang tahun dan pesta kerajaan.

Dalam pertunjukannya, terdapat sembilan penari yang didandani serupa dengan tata rias khas Jawa, lengkap dengan sanggul dan paesnya. Kostum yang dipakai pun merupakan pakaian adat asli Yogyakarta. Diiringi musik Jawa yang khas, menonton tarian ini bakalan membuatmu terpesona!

Tari Pendet

Tarian tradisional
Credit: id.wikipedia.org

Selain Tari Kecak, tarian asal Bali lain yang gak kalah populer adalah Tari Pendet. Dulunya, tarian ini digunakan sebagai bentuk pemujaan di pura. Namun sekarang, Tari Pendet sering ditampilkan sebagai ucapan selamat datang di Bali. Gerakan Tari Pendet pun begitu anggun,  dan menarik. Kalau ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk menonton pertunjukan tarian ini, ya!

Itu dia beberapa Tarian tradisional Indonesia yang begitu populer! Semakin bangga dengan budaya dan kesenian Indonesia, kan? Selain keseniannya, Indonesia juga memiliki kekayaan lain yang asyik untuk dieksplor, lho! Yuk, liburan keliling Indonesia untuk menjelajahi seninya! Booking kamar dan tiket pesawat di Airy sekarang, supaya liburanmu semakin praktis dan hemat! Cukup download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store, kamu pun sudah siap untuk berangkat liburan! Kalau mau lebih hemat, langsung aja follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, untuk dapetin informasi promonya!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Header & Feature Image Credit:aziraicha.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *