Asal-usul Wayang Potehi, Kesenian Tionghoa yang Super Unik!

Wayang Potehi

Satu lagi kesenian Indonesia yang patut banget kamu banggakan. Namanya Wayang Potehi! Berasal dari Tionghoa, Wayang Potehi digunakan sebagai sarana hiburan dan penyampaian nilai adat masyarakat Tionghoa pada zaman dulu. Memiliki tampilan dan cerita yang menarik, wayang ini sempat tenar pada zamannya, lho! Nah, demi melestarikan dan mengingat kesenian Tionghoa yang ada di Indonesia, Airy pengin membahas asal-usul dan sejarah Wayang Potehi, nih. Simak informasinya di bawah ini, ya!

Sejarah dan Asal-usul

Wayang Potehi
Credit: siar.com

Jika diartikan dari bahasa, Wayang Po Tai Hi memiliki arti “Po” yang artinya “kain”,“Tai” yang berarti “tas”, dan kata “Hi” yang berarti “wayang/pertunjukan”. Secara keseluruhan, Wayang Potehi mempunyai arti wayang boneka yang terbuat dari kain. Wayang ini berasal dari Cina dan konon sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu. Wayang ini tidak hanya untuk hiburan semata, namun juga merupakan alat pengenal nilai sosial dan sebagai benda untuk melakukan ritual sakral.

Dari sejarahnya, wayang Potehi muncul dari 5 orang yang berada di penjara. Mereka berlima setuju kalau mereka tidak ingin bersedih di dalam ruang penjara. Dalam upaya untuk memanfaatkan waktu dengan lebih baik, akhirnya mereka membuat wayang. Singkat cerita, pementasan wayangnya menghibur sang raja dan hukuman penjara mereka pun diampuni. Wah, keren banget ya, asal-usulnya!

Pementasan

Credit: bentarabudaya.com

Kesenian wayang ini masuk ke Indonesia dibawa oleh suku Tionghoa pada abad ke 16 sampai 19. Dalam pementasannya, mereka biasa menggunakan bahasa Mandarin. Meskipun begitu, masyarakat Indonesia sangat menggemari pementasan ini. Hal ini karena pementasannya sangat unik, menghibur, dan meriah. Suara nyanyian dan lagak boneka wayang sangat menghibur penonton.

Biasanya, cerita yang dipentaskan berasal dari cerita Dinasti Song, Dinasti Ming, dan Dinasti Tong. Cerita-cerita ini memiliki nilai dan pelajaran untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Dalam pementasannya, Wayang Potehi diiringi alunan musik yang sangat khas. Ada alat musik gembreng, kecer/simbal, cheh, suling, gitar, rebab, tambur, terompet. dan piak-kou.

Buat kamu yang penasaran ingin menonton pertunjukannya, pentas Wayang ini rutin diselenggarakan pada Pekan Budaya Tionghoa, di Kampung Ketandan, Malioboro, Yogyakarta. Pertunjukannya ada setiap hari dan mulai pukul 18:30. Selain di Jogja kamu juga menemukan pertunjukan ini di kota Semarang, Solo, Surabaya, dan Jakarta! 

Setelah puas eksplor seluk beluk keindahan budaya Indonesia, kamu bisa langsung istirahat di kamar Airy! Ada kamar nyaman yang memiliki Best Stay Guarantee. Bikin pengalaman menginap makin hepi dan bebas worry. Kamu bisa cek rekomendasi kamarnya di bawah ini, ya!

Airy Condong Catur Waringinsari Satu 12C Yogyakarta

Alamat: Jl. Perumnas, Waringinsari I No. 12C, Condongcatur, Depok, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia

Airy Malioboro Sosrowijayan GT Satu 195 Yogyakarta

Alamat: Jl. Sosrowijayan GT I No.195, Gedong Tengen, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271, Indonesia

Itu dia informasi lengkap tentang Wayang Potehi dan rekomendasi kamar untuk menemanimu liburan! Biar kamu bisa langsung berangkat menikmati liburan, mending langsung atur sekarang bersama Airy. Buruan download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store, sekarang juga! Untuk informasi promonya, kamu bisa follow media sosial Airy di Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Header & Feature Image: thejakartapost.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *