Wisata Budaya Kampung Batik Laweyan Solo

Kota Solo merupakan kota yang terkenal dengan kerajinan batiknya jadi tidak heran bila ada kampung batik di kota ini. Ada 2 kampung batik terkenal di Solo yaitu Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman, keduanya sama-sama pengrajin batik tradisional tersohor di kota tersebut, namun kedua tempat ini memiliki corak yang berbeda dalam pembuatan batik. Sekarang Airy Rooms akan membahas tentang Kampung Batik Laweyan yang terletak di Desa Lawiyan, Kecamatan Lawiyan. Tempat ini sudah lama menjadi destinasi wisata produk batik, tidak hanya di dalam negeri namun juga sampai ke mancanegara. Kamu akan menemukan tidak hanya turis lokal namun juga turis internasional yang sedang berburu batik di sini.

Saat mengunjungi Kampung Batik Laweyan, suasana tradisional zaman dulu langsung terasa. Di tempat ini banyak bangunan-bangunan kuno dengan arsitektur Eropa yang megah dan kokoh, selain itu kamu akan menemui lorong-lorong panjang yang mengular. Jenis batik yang tersedia di kampung ini sangatlah beragam mulai dari bahan katun hingga sutera. Motifnya pun bervariasi dan mengikuti perkembangan zaman. Selain itu dijamin batik yang dijual tidak pasaran karena motifnya dapat mencapai ratusan jenis. Kamu juga bisa menemukan batik tulis berkualitas tinggi dengan harga lebih bersahabat di sini.

Kampung Batik Laweyan Solo

Selain berburu batik, kamu bisa loh belajar membatik bersama di Kampung Batik Laweyan. Beberapa kios atau produsen batik banyak yang memberi kesempatan kepada para turis untuk belajar membatik, kamu bisa mencoba menggunakan malam dan canting dengan motif apapun yang kamu inginkan, seru sekali kan? Tidak hanya baju yang djual di sini, kamu juga bisa membeli berbagai kerajinan tangan lain, seperti kaos, sandal, dan aksesoris yang berhubungan dengan batik. Kampung Batik Laweyan juga cukup dekat, hanya memakan waktu perjalanan sekitar 20-30 menit dari kota Solo, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil untuk bisa sampai ke sini.

Baca juga: Wisata Alam Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Memakai batik sudah menjadi trend masyarakat Indonesia, berbeda dengan zaman dulu dimana batik identik dengan orang yang sudah berumur atau pekerja di instansi tertentu. Dengan model, warna dan corak yang bervariasi, para anak muda jadi senang sekaligus bangga mengenakan batik. Jadi tunggu apa lagi? Tempat ini harus berada di paling atas list kamu saat berkunjung ke kota Solo ya! Selamat berburu batik!

Airy Stasiun Balapan Natuna Solo
Airy Stasiun Balapan Natuna 4 Solo

One Response to “Wisata Budaya Kampung Batik Laweyan Solo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *