Tips Menyaksikan Gerhana Matahari di Yogyakarta

Fenomena alam yang dinantikan banyak orang di tahun 2016 ini yaitu gerhana matahari total akan bisa disaksikan setidaknya di 12 propinsi Indonesia, dengan durasi terlama berada di wilayah Maluku Utara. Perlu kamu ketahui bahwa gerhana matahari total baru bisa disaksikan lagi paling tidak 40 tahun mendatang, tentu saja banyak orang yang tidak ingin melewatkan peristiwa langka ini. Baik wisatawan asing maupun lokal dipastikan akan membanjiri tempat-tempat dimana gerhana matahari bisa disaksikan. Yogyakarta adalah salah satu propinsi beruntung yang bisa merasakan fenomena gerhana matahari walaupun tidak secara total. Berikut tips menyaksikan gerhana matahari di Yogyakarta dari Airy Rooms.

Menurut info dari TRIBUNJOGJA.com, disebutkan bahwa wilayah Yogyakarta tidak akan merasakan gerhana matahari total lantaran kota ini berada di selatan lintasan totalitas. Piringan matahari diperkirakan akan tertutup sekitar 81,67% sehingga bisa dilihat perbedaannya pada saat tidak terjadi gerhana. Gerhana matahari sebagian dapat dilihat pada pagi hari mulai pukul 06:20 dan mencapai puncak gerhana matahari sebagian pada pukul 07:23. Fenomena ini akan berakhir pada pukul 08:35.

Untuk bisa melihat fenomena gerhana dengan jelas kamu perlu mencari lokasi yang memiliki arah pandangan ke Timur, pastikan tidak terhalang pohon atau bangunan karena posisi matahari masih belum terlalu tinggi dari ufuk. Lokasi yang disarankan adalah lapangan, atas atap gedung atau di atas bukit. Tempat-tempat seperti ini akan mudah ditemukan karena masih banyak bukit dan lapangan luas di kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca juga: 7 Wisata Candi di Yogyakarta

Bila kamu hobi fotografi, kamu bisa mencari tempat stand by di daerah candi atau tugu yang ada di kota Yogyakarta. Kedua bangunan ini bisa dijadikan latar depan pengambilan foto gerhana matahari. Dijamin hasilnya pasti luar biasa dan bisa kamu ikutsertakan di lomba-lomba fotografi. Pastinya bangga dan puas bila bisa menangkap fenomena langka ini dengan kameramu sendiri. Selamat berburu gerhana matahari ya!

Nah jika kamu berencana pergi ke Yogyakarta untuk berburu gerhana matahari, menginap di Airy Rooms adalah pilihan yang paling tepat! Sekarang ini kami memiliki 3 lokasi di Yogyakarta; AIRY KALASAN SLEMAN, AIRY GONDOKUSUMAN URIP SUMOHARJO dan AIRY SLEMAN WAHID HASYIM yang letaknya sangat strategis. Kamarnya nyaman, fasilitas lengkap dan harganya pun terjangkau. Cek juga ketersediaan kamarnya di airyrooms.com

Airy Gondokusuman Urip Sumoharjo
Airy Gondokusuman Urip Sumoharjo
Airy Sleman Wahid Hasyim Yogyakarta
Airy Sleman Wahid Hasyim Yogyakarta

Airy Rooms adalah pilihan utama bagi Anda yang mencari kamar hotel serta penginapan dengan harga terjangkau sekaligus nyaman. Kami sudah bekerjasama dengan hotel-hotel budget terpilih di kota-kota besar seluruh Indonesia. Kami memastikan kenyamanan menginapmu dengan menyediakan linen dan kasur yang berkualitas, kamar ber-AC, kamar mandi yang bersih, flat-screen TV dan unlimited Wi-Fi.

Temukan tiket pesawat murah dan kamar nyaman sesuai dengan kebutuhan perjalananmu melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan yang lebih cepat dan mudah. Info dan pemesanan kamar bisa dilakukan melalui www.airyrooms.com, jika ada kendala reservasi silakan menghubungi Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Lengkapi informasi Anda dengan mengunjungi Facebook Airy Indonesia dan follow Twitter dan Instagram @airyindonesia untuk mendapatkan kode promo tiap harinya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *