Tak Mudik Tak Masalah! Ini Dia 5 Destinasi Wisata Alam yang Tak Jauh Dari Jakarta

Hari raya Lebaran memang identik dengan aktivitas mudik (pulang kampung), tapi tentu tak semua orang melakukan aktivitas ini. Bagi “warga asli” Jakarta misalnya, Lebaran bisa jadi momen menikmati tenangnya kota Jakarta yang ditinggal para pemudik. Meski terkesan sepi, bukan berarti kita tak bisa menikmati liburan yang menyenangkan di Jakarta – atau setidaknya di lokasi yang tak jauh dari perbatasan Ibukota. Seperti halnya 5 (lima) lokasi ini, ternyata bisa jadi destinasi wisata alam yang bisa kamu sambangi bahkan tak begitu jauh dari rumah kita. Di mana saja ya? Mari disimak.

1. Pantai Muara Beting, Bekasi

Pantai Muara Beting di Bekasi indah berkat hamparan hutan mangrove | Photo: klikbekasi.co

Meski dikenal sesak dengan kawasan industri, Bekasi ternyata menyimpan pantai indah yang tidak diketahui banyak orang. Namanya Pantai Muara Beting. Pantai ini memiliki tekstur pasir kecoklatan dengan hutan mangrove seluas lebih dari 70 hektar! Tak ayal, pantai ini memiliki keindahan yang cukup rupawan, meski jaraknya hanya sekitar 48KM dari pusat kota Bekasi. Buat pecinta fauna, pantai ini juga jadi tempat singgah para burung yang bermigrasi dari wilayah Laut Cina ke Lautan Pasifik. Unik!

2. Talaga Biru Cigaru, Tangerang

Warna air di Talaga Biru Cigaru dapat berubah sewaktu-waktu karena proses alami | Photo: idntimes.com

Tangerang tak cuma jadi wilayah sub-urban yang disesaki oleh banyak properti bisnis dan tempat tinggal. Tapi, Tangerang juga jadi “rumah” bagi lokasi wisata yang bernama Talaga Biru Cigaru. Sesuai namanya, Talaga Biru Cigaru merupakan sebuah kolam alam dengan air yang sangat jernih. Talaga di sini bukan terbentuk secara alami, melainkan hasil dari aktivitas penggalian pasir, yang lambat laun digenangi air hingga akhirnya menjadi kawasan wisata berkat warna air di Talaga Biru yang dapat berubah-ubah. Hal ini disebabkan oleh tingkat keasaman telaga yang mencapai tujuh mengakibatkan warna dari telaga biru sering berubah terkadang berwarna kuning sesuai dengan tingkat keasaman yang dipengaruhi oleh cuaca dan iklim di sekitarnya. Telaga ini berlokasi di wilayah Cisoka Tangerang. Di sini kamu bahkan bisa menyewa perahu yang dibanderol biaya sewa sebesar 20 ribu rupiah untuk sekali berkeliling.

3. Curug Parigi, Bekasi

Mirip Niagara Falls, Curug Parigi merupakan versi mini air terjun tersohor itu | Photo: dzargon.com

Bekasi lagi-lagi menyimpan destinasi wisata yang cukup menarik untuk sekedar bermain atau berfoto ria. Destinasi itu ialah Curug Parigi. Sejatinya, Curug Parigi merupakan air terjun yang wujudnya menyerupai Niagara Falls versi mini yang ada di Amerika Serikat sana. Tempat ini cukup menarik untuk disambangi, karena selain bisa bermain air, Curug Parigi juga cukup indah untuk diabadikan ke dalam sebuah foto.

4. Taman Wisata Alam Angke, Jakarta Utara

Sebagian kawasan muara Angke kini disulap jadi kawasan wisata | Photo: malesmandi.com

Siapa sangka kawasan Muara Angke yang dulu tak pernah dilirik sebagai kawasan wisata, kini menjelma jadi salah satu lokasi wisata yang ada di Jakarta Utara. Thanks to hamparan hutan mangrove di kawasan Angke yang memiliki luas lebih dari 90 hektar yang ternyata menyimpan pesona untuk dijadikan tempat bersantai. Pemerintah kota Jakarta pun menata ulang kawasan ini dan dijadikan tempat yang bernama Taman Wisata Muara Angke. Tempat ini cocok untuk sekedar melihat “sisi lain” kota Jakarta.

5. Leuwi Hejo, Sentul

Leuwi Hejo jadi salah satu dari belasan lokasi serupa yang ada di Sentul | Photo: ikromfajarilahi.blogspot.com

Cukup perjalanan 1,5 jam dari Jakarta, kamu bakal menjumpai kawasan Sentul yang memiliki Leuwi Hejo sebagai salah satu destinasi plesiran andalannya. Leuwi Hejo adalah salah satu dari 11 curug (air terjun) yang ada di kawasan Sentul. Tempat ini tak kalah seru, karena selain pemandangan asri dan airnya yang jernih, banyaknya tebing di sekitaran tempat ini menambah bakal menambah seru aktivitas bermain air kamu di Leuwi Hejo.

Bagaimana kelima destinasi di atas cukup menarik kan untuk mengisi waktu luang saat libur Lebaran nanti? Jangan lewatkan pula, sempurnakan pengalaman liburan kamu dengan pilihan akomodasi terbaik bersama Airy Rooms. Khusus periode Lebaran ini kamu bisa menikmati akomodasi nyaman Airy Rooms secara lebih hemat lagi dengan promo DISKON 25% di seluruh kamar Airy Rooms. Penasaran? Cek halaman ini untuk info selengkapnya.

Airy Rooms, Tidur Nyaman Harga Aman!

Feature image: dzargon.com

2 Responses to “Tak Mudik Tak Masalah! Ini Dia 5 Destinasi Wisata Alam yang Tak Jauh Dari Jakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *