Pasar Terapung Banjarmasin, Kekayaan Indonesia yang Unik!

Pasar Terapung Banjarmasin

Pernahkah kamu berkunjung ke Kota Banjarmasin? Kalau belum, Ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan ini adalah kota yang punya berbagai objek wisata yang keren-keren dan layak jadi tujuan wisata kamu selanjutnya. 

Apalagi terkenal dengan julukan kota seribu sungai, dialiri lebih dari 60 sungai membuat kota ini punya banyak objek wisata yang berhubungan dengan sungai. Salah satunya adalah Pasar Terapung Banjarmasin. Sebenarnya pasar ini adalah tempat transaksi jual beli kebutuhan dapur layaknya pasar tradisional biasa. Tapi karena bentuknya yang unik, di mana para pedagang menjajakan jualannya dari atas perahu, Pasar Terapung Banjarmasin ini jadi punya daya tarik yang bikin pengunjung senang berwisata ke pasar ini.

Nah, sebelum kamu berkunjung ke sini, yuk baca dulu fakta-fakta tentang Pasar Terapung Banjarmasin!

1. Budaya asli dari masyarakat setempat

Pasar Terapung Banjarmasin
Credit: twisata.com

Beberapa waktu lalu media sosial sempat ramai dengan floating market ala Thailand. Beberapa tempat wisata sengaja dibentuk layaknya pasar apung. Berbeda dengan tempat wisata ini, Pasar Terapung Banjarmasin memang tempat para masyarakat berjualan dan belanja kebutuhan sehari-hari. Mereka memilih sungai sebagai tempat berjualan, karena Banjarmasin memiliki banyak sungai yang bisa dimanfaatkan. Kreatif banget, ya!

2. Para pedagang menjajakan jualannya di atas jakung

Pasar Terapung Banjarmasin
Credit: pesonaindo.com

Kalau kamu berkunjung ke Pasar Terapung Banjarmasin, kamu akan melihat banyak jakung yang berderet di sungai ini. Para pedagang meletakkan jualannya di atas jakung dan kamu bisa mendatangi jakung yang menjual kebutuhan kamu.

3. Wajah para penjualnya dihiasi pupur basah

Credit: commons.wikimedia.org
Credit: dekranasdakotabjm

Saat berkunjung ke sini, jangan kaget kalau di pipi para penjualnya menempel sesuatu berbentuk krim di wajahnya. Itu adalah pupur basah yang terbuat dari beras. Pupur ini adalah bedak tradisional Banjamasin yang mampu membuat kulit menjadi dingin dan lebih halus. Mereka menggunakan pupur karena udara di Kalimantan cukup panas dan membuat kulit cepat kering dan menghitam. 

4. Menerima barter!

Pasar Terapung Banjarmasin
Credit: youtube.com

Kapan terakhir kali kamu menggunakan sistem barter untuk transaksi? Mungkin saja kamu belum pernah melakukannya kan? Nah, di Pasar Terapung Banjarmasin ini, kamu bisa membeli suatu barang dan membayarnya dengan saling bertukar barang. Tapi kalau kamu tak punya barang yang akan ditukar, tenang saja! Kamu bisa bayar pakai uang tunai, kok. Seru banget, ya. Belanja di sini, kamu bisa merasakan pengalaman yang baru.

Itulah tadi 4 fakta yang perlu kamu ketahui tentang Pasar Terapung Banjarmasin. Ternyata, Indonesia punya budaya yang unik dan kaya, kan? Saat berkunjung ke Banjarmasin nanti, jangan lupa mampir ke pasar ini ya. Untuk tiket pesawat terbang dan akomodasi kamu untuk berlibur di Banjarmasin, jangan lupa download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Ikuti juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Promo dari Airy tersedia untuk kamu.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

One Response to “Pasar Terapung Banjarmasin, Kekayaan Indonesia yang Unik!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *