Ngaku Suka Seni? Ini Museum Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!

Museum Jogja

Jogja! Selain terkenal dengan budaya Jawanya yang begitu kental, kota ini juga menyimpan sejarah dan seni yang melimpah, lho! Gak heran, mampir ke kota ini kamu bisa menemukan banyak museum yang memamerkan peninggalan Jawa dan seni dari seniman Jogja! Ulasan blog kali ini, Airy mau ngajak kamu jalan-jalan untuk menikmati museum-museum Jogja yang super asyik untuk ditelusuri. Yuk, langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Museum Ullen Sentalu

Museum Jogja
Credit: jejakpiknik.com

Siap-siap dibuat jatuh hati pas berkunjung ke Museum Ullen Sentalu! Di museum ini, kamu bisa menemukan peninggalan budaya Jawa pada zaman kerajaan Mataram. Gak hanya itu, di Museum Ullen Sentalu terdapat koleksi batik dan lukisan-lukisan yang cantik! Suasana museumnya begitu menyatu dengan alam dan asri banget. Bikin kamu jatuh hati dan gak mau pulang!

Museum Gunung Api Merapi

Museum Jogja
siantarman.com

Pengin melihat sejarahnya si jagoan Gunung Merapi? Mampir aja ke Museum Gunung Api Merapi! Di museum ini, kamu bisa melihat sejarah dan peninggalan dari kejadian dahsyat meletusnya Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994 dan 2006. Mulai dari barang-barang yang terkena abu Gunung Merapi sampai volcanic bomb. Di museum ini juga terdapat ruang spesial di mana kamu bisa melihat replika sebaran awan panas ketika Gunung Merapi meletus. Wah, menarik banget, ya!

Jogja National Museum

Museum Jogja
Credit: idetrips.com

Selain terkenal dengan kota yang kental dengan budaya Jawanya, Jogja juga terkenal dengan keseniannya yang begitu indah! Mampir ke Jogja National Museum, kamu bisa melihat koleksi seni karya seniman-seniman Jogja. Mulai dari lukisan modern, art installation, sampai patung-patung pun ada. Buat kamu pecinta seni, mampir ke sini bakal bikin kamu betah dan gak mau pulang, deh!

Museum Affandi  

Museum Jogja
Credit: alodiatour.com

Apakah kamu familiar dengan pelukis ternama Affandi Koesoema? Kalau iya, pas liburan ke Jogja nanti mampir ke Museum Affandi, yuk! Di museum super unik dan cantik ini, kamu bisa menemukan kurang lebih 300 karya dari Affandi. Setelah puas keliling museum, kamu bisa duduk-duduk santai di cafe yang lokasinya menyatu dengan museum. Konon, dulunya cafe ini adalah tempat tinggal Affandi, lho!

Sangkring Art Space

Museum Jogja
Credit: wisatahore.wordpress.com

Kalau kamu ngaku sebagai pecinta seni, kamu wajib banget mengunjungi museum Jogja yang satu ini! Sangkring Art Space adalah sebuah ruang seni yang didirikan oleh seniman Putu Sutawijaya. Di sini, kamu bisa menemukan galeri yang luas, ruang pameran seni berstandar internasional, artshop, mini library, coffee shop, dan studio musik. Mampir ke sini, matamu akan dimanja dengan karya-karya yang begitu cantik dan mempesona! 

Jogja Gallery

Museum Jogja
Credit: jogjagallery.net

Terakhir, kita mampir ke Jogja Gallery, yuk! Sebelum menjadi museum, dulunya tempat ini adalah sebuah Gedung Teater Soboharsono yang konstruksinya dibangun pada tahun 1929. Beralih fungsi, sekarang tempat ini adalah galeri seni yang terkenal. Di sini sering diadakan pameran lukisan, seni rupa, pemutaran film, dan event budaya lain yang begitu menarik. Di museum Jogja ini kamu bisa menemukan koleksi wayang, topeng Jawa, keris, patung perunggu  peninggalan dari zaman abad ke-8, dan keramik zaman Neolitikum. Menarik banget, kan?

Itu dia beberapa museum Jogja yang bisa kamu kunjungi. Keren-keren ya, tempatnya! Jadi pengin buru-buru ke Jogja,! Yuk, buruan atur liburanmu bersama Airy sekarang juga. Buruan booking kamar dan tiket pesawat di Airy dengan cara download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Supaya liburanmu lebih murah, jangan lupa untuk follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, untuk informasi promonya!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *