Menguji Nyali di Bangunan Seribu Pintu, Lawang Sewu Semarang!

Lawang Sewu adalah salah satu destinasi wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang. Bentuk bangunannya yang unik dan desain arsitekturnya yang khas Eropa membuatnya menjadi primadona para wisatawan di Semarang untuk foto-foto. Yang membuat Lawang Sewu sangat unik adalah jumlah pintu dan jendela bangunan ini yang sangat banyak, sehingga membuatnya mendapatkan julukan Lawang (Pintu) dan Sewu (Seribu). Sebenarnya jumlah pintu di Gedung Lawang Sewu sendiri hanya 429 buah, banyak juga dari pintu-pintu tersebut yang bukan murni pintu melainkan jendela, namun karena bentuk jendelanya yang sangat lebar maka banyak orang yang berasumi itu adalah pintu.

Gedung Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904. Pada awalnya gedung ini adalah kantor pusat perusahaan kereta api yang dalam bahasa Belanda disebut Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS), kemudian pada saat penjajahan Jepang, Gedung Lawang Sewu ini digunakan sebagai penjara bawah tanah. Sampai akhirnya sekarang telah kembali ke tangan PT KAI (PT Kereta Api Indonesia) dan digunakan sebagai museum kereta api. Gedung tua yang sudah berumur lebih dari seabad ini menjadi saksi bisu kelamnya masa penjajahan di Indonesia saat itu, termasuk menjadi saksi sejarah perjuangan para pahlawan tanah air yang berusaha mengusir tentara Jepang dan ribuan pejuang yang disiksa di bangunan ini dengan kejam.

lawang-sewu-1
Credit to: indonesia-tourism.com

Karena masa lalu bangunan ini yang kelam, banyak sekali cerita mistis yang beredar di kalangan masyarakat yang tinggal di sekitar Lawang Sewu. Berdasarkan pengakuan warga, ribuan makhluk gaib bermukim di gedung tersebut. Mahkluk halus seperti kuntilanak, genderuwo, hantu berwujud para tentara Belanda, serdadu Jepang sampai hantu wanita noni Belanda dikabarkan menghuni sudut-sudut bangunan bersejarah ini. Kabarnya penjara bawah tanah dan ruang penyiksaan adalah titik-titik paling angker di Lawang Sewu.

Di area bawah tanah, ada sebuah penjara berdiri yang rumornya penjara itu adalah tempat para tahanan dimasukkan secara berdesak-desakan hingga meregang nyawa. Selain penjara berdiri ada juga penjara jongkok, konon ratusan tahanan yang dimasukkan harus berjongkok dan berdesakan, lalu penjara akan diisi dengan air sampai sebatas leher dan ditutup dengan jeruji besi. Jadi tidak heran dong kenapa ruangan ini disebut-sebut sebagai titik paling angker?

lawang-sewu-3
Credit to: yogyakarta.panduanwisata.id
lawang-sewu-2
Credit to: travel.detik.com

Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang kekejaman penjajah Jepang di masa itu, kamu bisa berkunjung ke ruang penyiksaan. Menurut cerita, ruangan ini adalah ruangan pemasungan kepala para tahanan di masa penjajahan, di area ini kamu bisa melihat alat pemasung dan rantai yang masih tersisa, suasana mencekam yang membuat bulu kuduk berdiri pun bisa langsung kamu rasakan. Karena suasana angkernya, acara uji nyali terkenal yang pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia juga pernah syuting di sini, di acara ini ada makhluk halus yang tampak mendekati peserta acara tersebut. Entah asli atau tidak namun pastinya acara tersebut membuat Lawang Sewu makin terkenal saja.

Setelah dilakukan pemugaran, kini Lawang Sewu tidak tampak seangker dulu. Bangunan ini sudah direnovasi namun tidak menghilangkan keaslian karakter gedungnya sendiri. Pemugaran dilakukan dengan mengecat dinding dan perbaikan bagian gedung yang sudah usang. Kamu bisa masuk ke Gedung Lawang Sewu dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan Rp 30.000 untuk memasuki ruang bawah tanah. Nah bagi yang ingin mengenal sejarah Indonesia lebih jauh atau ingin menguji nyali di hari Halloween nanti bisa berkunjung ke sini, jangan lupa ajak teman-temanmu biar uji nyalinya tambah seru!

Baca juga: 5 Menu Makanan “Seram” Yang Harus Dicoba Saat Halloween!

Sudah punya rencana liburan ke Semarang? Jangan khawatir karena jaringan hotel budget terbesar di Indonesia, Airy Rooms sudah hadir di Semarang dengan 7 standar kenyamanan di setiap kamar hotel, kamu dapat beristirahat dengan harga terjangkau. Berikut beberapa kamar Airy Banjarmasin yang kami rekomendasikan:

22_airy-pedurungan-soekarno-hatta-31-semarang_double-2
Airy Pedurungan Soekarno Hatta 31 Semarang
01_airy-pecinan-pasar-semawis-kalikuping-18-semarang_twin
Airy Pecinan Pasar Semawis Kalikuping 18 Semarang

Penasaran ingin segera reservasi kamarnya? Anda kini bisa langsung pesan kamarnya secara cepat lewat aplikasi smartphone Airy App yang tersedia untuk Android dan iOS. Tersedia juga reservasi lewat www.airyrooms.com, atau layanan konsumen di nomor telepon 0804-111-2479 (AIRY).

2 Responses to “Menguji Nyali di Bangunan Seribu Pintu, Lawang Sewu Semarang!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *