Mengintip Suasana Jakarta Era Kolonial di Kawasan Kota Tua

Daya tarik kota Jakarta memang unik. Di samping berwajah kemegahan metropolitan dan geliat kaum urban yang membuat kota ini seakan tak pernah tidur, Jakarta juga memiliki sisi lain. Ialah cagar budaya kawasan Kota Tua yang seolah menjadi sisi wajah yang bertentangan, di mana kawasan ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua yang menjadi saksi bisu akan sejarah panjang Ibukota republik ini.

Kawasan Kota Tua sendiri berada di wilayah administrasi Jakarta Pusat. Untuk menjangkaunya tentu tak sulit, banyak transportasi umum yang melewati kawasan ini. Anda bisa memilih banyak moda transportasi seperti Bus Transjakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), hingga angkutan umum lainnya. Oh ya jika Anda memutuskan untuk menggunakan KRL, pastikan Anda turun di stasiun Beos atau yang biasa dikenal sebagai stasiun Kota.

Ok, setelah berhasil tiba di kawasan Kota Tua apa saja yang bisa Anda nikmati di sini? Bangunan-bangunan tua bergaya arsitektur era kolonial dulu jelas menjadi salah satu daya tarik utama di Kota Tua, entah itu bagi penikmat sejarah maupun pencinta fotografi, deretan bangunan yang telah berdiri sejak ratusan tahun itu jelas menjadi daya tarik tersendiri.

kawasan kota tua
Gaya arsitektur eropa abad 16-17 mendominasi kawasan Kota Tua. Menambah kesan eksotis Jakarta tempo dulu
kawasan kota tua
Banyak objek klasik menambah suasana “retro” Kota Tua

Jika ingin menelusuri lebih jauh, di kawasan ini terdapat 5 (lima) museum yang bisa dikunjungi, seperti Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik Indonesia dan Museum Wayang. Kelima museum ini jelas memiliki daya tariknya masing-masing, seperti misalnya saja Museum Fatahillah, atau yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Dengan menempati lahan seluas 1.300M², dahulu museum ini difungsikan sebagai Balai Kota (Stadhus dalam bahasa Belanda) yang menyerupai Istana Dam di Amsterdam.

kawasan kota tua
Kawasan Kota Tua membuktikan bahwa Jakarta kota yang menyajikan warna-warni kehidupan

Selain deretan museum, di kawasan ini juga terdapat beberapa gedung yang difungsikan sebagai kantor dan hiburan, seperti misalnya Cafe Batavia yang namanya telah cukup melegenda hingga kancah wisata internasional. Selain itu, kawasan ruang terbuka Kota Tua juga ternyata tak kalah menggoda. Di samping banyak pedagang yang menjajakan berbagai macam dagangan, pengunjung juga bisa menyewa sepeda onthel (sepeda tua) untuk mengelilingi kawasan seluas 1,3Km² ini. Aktivitas ini makin asik dilakukan ketika sore hari di mana sinar matahari tak terasa begitu menyengat.

kawasan kota tua
Salah satu dari banyak pedagang kaki lima yang menjajakan camilan selagi bernostalgia di Kota Tua
kawasan kota tua
Penyewaan sepeda “onthel” banyak dijumpai di setiap sudut Kota Tua

Bagaimana tertarik untuk menjelajah Jakarta dengan suasana tempo dulu? Ada sedikit tips bagi Anda. Pertama, pastikan membawa perangkat untuk mengabadikan gambar. Kedua, simpan selalu uang tunai, dikarenakan di kawasan Kota Tua banyak pedagang kaki lima yang tentu hanya menerima uang tunai untuk pembayaran. Dan terakhir, jika Anda harus mencari penginapan yang tak jauh dari lokasi Kota Tua, pilih hotel Airy Tambora Bandengan Selatan yang merupakan jaringan kamar hotel budget AiryRooms. Dengan harga kamar mulai dari 300 ribuan saja, Anda dapat menikmati kamar hotel yang super nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

Airy Tambora Bandengan Selatan
Airy Tambora Bandengan Selatan
Airy Harmoni Hayam Wuruk Jakarta
Airy Harmoni Hayam Wuruk Jakarta

AiryRooms sudah bekerjasama dengan hotel-hotel budget terpilih di kota Jakarta, Tangerang, Bandung, Bogor, Surabaya, Solo, Jogja, Bali, Batam, Padang, dan akan segera hadir di kota lainnya. AiryRooms memastikan kenyamanan menginapmu dengan menyediakan linen dan kasur yang berkualitas, kamar ber-AC, kamar mandi yang bersih, flat-screen TV, sarapan setiap hari dan unlimited Wi-Fi.

Kamu dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Untuk Info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

2 Responses to “Mengintip Suasana Jakarta Era Kolonial di Kawasan Kota Tua”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *