Satu Hari Menjelajah Pesona Kota Cirebon

Di tengah aktivitas sehari-hari yang padat, terkadang “jatah” waktu liburan yang kita miliki pun menjadi singkat. Jika Anda hanya punya waktu satu hari untuk liburan, pastilah dimanfaatkan untuk sebaik mungkin. Airy Rooms kali ini ingin memberi Anda inspirasi, bahwa hanya dalam waktu satu hari kita tetap bisa memperoleh liburan yang mengasyikkan, terlebih menginapnya tetap di jaringan hotel budget terkemuka, Airy Rooms. Pilihan liburan kali ini jatuh pada kota yang akrab disebut dengan “kota udang”, Cirebon.

Seiring dengan hadirnya Airy Rooms di Cirebon, pilihan berplesir ke kota Cirebon kini semakin mengasyikkan. Sebelum memutuskan untuk berangkat, Anda bisa pilih dahulu 3 (tiga) kamar hotel Airy Rooms di Cirebon seperti Airy Balaikota Siliwangi 107 Cirebon, Airy Eco Syariah CSB Pecilon Indah Satu 3 Cirebon, dan juga Airy Eco Grage Cangkring Tengah 22 Cirebon. Seperti yang sudah Anda ketahui, pilihan menginap bersama Airy Rooms bakal memberikan pengalaman lebih saat berlibur.

01_airy balai kota siliwangi 107 cirebon_double.jpg
Airy Balai Kota Siliwangi 107 Cirebon

Langsung saja, seketika tiba di kota Cirebon yang cukup tenang dan unik, tujuan pertama yang jangan sampai Anda lewatkan yakni Keraton Kasepuhan Cirebon. Ini merupakan keraton terbesar yang ada di Cirebon. Bangunan keraton ini sendiri menyerupai candi-candi Hindu purba yang ada di Jawa Timur. Kendati demikian, keraton ini dulunya  justru merupakan basis kerajaan Islam di kawasan Cirebon pada dahulu kala. Di sinilah letak keunikannya.

Keraton-Kasepuhan-Cirebon
Bangunan keraton yang didominasi gaya kerajaan Hindu

Jika Anda menjelajahnya lebih dalam, Anda akan sampai ke dalam sebuah komplek keraton yang bernama Siti Inggil. Di sini rupanya masih tersimpan artifak-artifak yang telah berusia ratusan tahun, diiringi pula terdapat berbagai koleksi antik berupa porselen bergambar yang mengisahkan ragam kisah. Oh ya, di dalam keraton ini juga terdapat banyak pusaka peninggalan raja yang cukup menarik, salah satunya yakni Kereta Kencana milik Keraton Kasepuhan yang hingga kini masih kerap digunakan untuk keperluan tertentu.

Selepas menyelami sejarah Cirebon masa lampau, Anda bisa beralih ke objek wisata favorit warga Cirebon yakni Cibulan. Sejatinya objek wisata ini berupa pemandian umum. Mungkin bisa dibilang sebelas-dua belas dengan kolam renang. Namun uniknya, pemandian umum di tempat ini terdapat pula ikan-ikan di dalamnya, yang konon menurut kepercayaan masyarakat Cirebon, ikan-ikan ini merupakan perwujudan dari pasukan kerajaan zaman dahulu yang membelot.

wisata-cibulan-cirebon
Suasana pemandian umum Cibulan yang asri dan rindang

Di tempat ini pula, Anda bisa mengikuti terapi ikan yang berada di dalam kawasan yang sama. Terapi ini sendiri berupa terapi di mana peserta diharuskan merendam kakinya ke dalam kolam yang berisi ikan-ikan kecil yang menggigiti satu per satu bagian dari kita. Konon katanya terapi di sini lumayan berkhasiat, meski tidak ada penelitian ilmiahnya. Namun bisa dibilang atraksi ini cukup menarik untuk mengisi kegiatan liburan sehari.

wisata-cibulan-cirebon1
Ikan yang berada di dalam pemandian umum Cibulan

Puas berkeliling, tentu yang tak akan dilewatkan yakni wisata kulineran di kota Cirebon. Untuk urusan ini, Cirebon tentu punya segudang lokasi kulineran. Tapi, karena Anda hanya memiliki waktu satu hari, maka bertandang ke Rumah Makan Klapa Manis bisa jadi pilihan mengisi perut yang paling pas. Rumah makan ini berlokasi di tepi jurang yang menawarkan view yang cukup indah, terlebih pada malam hari. Sajian di rumah makan ini tentu tak jauh dari sajian khas Sunda yang otentik, seperti ikan gurami goreng, nasi bakar, nasi timbel, dan lain sebagainya. Rentang harga yang dipatok juga masih terbilang ramah untuk di kantong.

rm-klapa-manis-cirebon
Suasana Rumah Makan Klapa Manis tatkala malam menjelang. Epic!

Selesai mengisi perut, Anda bisa akhiri jalan-jalan di kota Cirebon dengan mengunjungi sentra batik Cirebon yang terkenal dengan sentra batik Trusmi. Layaknya sentra batik seperti di Jogja, maupun Solo, di sini Anda bisa dengan puas berbelanja batik khas Jawa Barat, sambil membeli beberapa cinderamata yang dapat Anda bawa sebagai kenang-kenangan. Seru kan?

Kamu dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY). Untuk Info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Feature image courtesy of: ngetik.com

3 Responses to “Satu Hari Menjelajah Pesona Kota Cirebon”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *