Liburan Saat Galungan dan Kuningan di Bali, Yuk!

liburan saat galungan

Liburan saat Galungan dan Kuningan merupakan keputusan yang tepat buat kamu yang ingin bepergian ke Bali. Di pekan hari raya ini, kamu bisa menyaksikan kemeriahan yang jarang ditemui di hari-hari biasa. Riuhnya suara gamelan, warna-warni penjor, semerbak wangi dupa, semua bergabung menjadi satu, menciptakan suasana magis dan menakjubkan.

liburan saat galungan

Galungan sendiri merupakan hari raya umat Hindu untuk merayakan kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (kebatilan). Hari raya ini diperigati setiap 210 hari berdasarkan penanggalan kalender Bali dan selalu jatuh di hari Rabu. Setelah melakukan perayaan selama 10 hari, Galungan akan diakhiri dengan Kuningan. Seperti namanya, hari raya Kuningan ini identik dengan penggunaan warna kuning yang memiliki makna kebahagiaan, kesejahteraan, dan keberhasilan.

Nah, aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan saat Galungan dan Kuningan di Bali? Yuk, ikutan Airy mengintip suasana liburan di sana!

 

Warna-warni Penjor di Sepanjang Jalan

liburan saat galungan
Credit: baligolive.com

Satu hal yang paling menarik perhatian saat momen Galungan adalah adanya ratusan penjor yang berdiri cantik di sepanjang jalanan Bali. Penjor ini merupakan hiasan bambu tinggi yang dihias sedemikian rupa, dipasang di depan rumah sebagai simbol rasa syukur terhadap penyertaan dan rezeki dari Tuhan. Di akhir perayaan Galungan, penjor-penjor ini akan dicopot dan dibakar, lalu abunya ditanam di pekarang rumah.

 

Pawai Unik nan Mengagumkan

liburan saat galungan
Credit: forumstudimajapahit.com

Kamu yang ingin liburan saat Galungan harus bangun lebih awal agar tidak ketinggalan kemeriahan umat Hindu yang berbondong-bondong mendatangi pura. Wanita-wanita Bali menggunakan kebaya dengan warna-warna senada membawa sesajen di kepala mereka, diiringi gamelan yang bertabuh tiada henti.

liburan saat galungan
Youtube Hans Smeekes

Setelah itu, ada juga tradisi Ngelawang Barong. Anak-anak akan mengunjungi rumah-rumah penduduk sambil menari dan mengarak barong dan randa diiringi tabuhan gamelan untuk mengusir hawa negatif di dalam rumah tersebut. Pemilik rumah akan menyambut tarian tersebut dengan memberikan canang dan sesari sebagai bentuk terima kasih.

 

Ngurek yang Mistis

liburan saat galungan
Credit: balichandratour.com

Ingin lebih mengeksplor kemeriahan Kuningan? Berkunjunglah ke Pura Petilan untuk menyaksikan upacara Pengerebongan. Uniknya upacara ini adalah terdapat tradisi ngurek, di mana para lelaki Bali menusuk diri mereka sendiri menggunakan keris keramat luk kesiman dalam keadaan trance. Benar-benar upacara yang sangat unik, ya!

 

Tegangnya Upacara Perang Jempana

liburan saat galungan
Credit: Pinterest

Beberapa daerah, seperti Klungkung, juga memiliki tradisi Perang Jempana. Di sini mereka mengarak sajen berukuran besar menggunakan tandu ke dalam pura. Setelah memasuki pelataran pura, para penandu tersebut mulai melakukan beberapa putaran sambil berteriak-teriak. Semakin sore, suara tabuhan gendang dan gamelan semakin keras, diiringi teriakan-teriakan para penandu yang jumlahnya semakin bertambah; bahkan beberapa dari mereka sudah memasuki keadaan trance. Keadaan akan semakin ramai saat mereka berupaya memasukkan sesajen tersebut ke dalam area utama pura yang hanya bisa dilewati oleh satu orang. Para pemangku pun sudah siap untuk memerciki para pemandu yang sedang dalam keadaan trance agar lebih tenang. Hebohnya lagi, para penandu yang trance bahkan bisa pingsan setelah diperciki oleh air. Ngeri tapi bikin penasaran, ya!

 

Riuhnya Tradisi Mekotek

liburan saat galungan
Credit: trivia.id

Berbeda dengan Perang Jempana, Desa Mengwi punya tradisi mekotek, di mana para lelaki di sana membawa tongkat kayu sepanjang 3 meter dan saling beradu, lagi-lagi dalam keadaan trance. Keriuhan ini semakin lama semakin terkendali dan rapat; lambat laun tongkat-tongkat ini membentuk formasi piramida. Yang membuat upacara ini semakin mistis adalah semangat para pembawa kotekan ini dan iringan gamelan yang semakin lama semakin kencang.

Mumpung di Bali, mau hangout seru? Wajib banget kunjungi lokasi hangout di Bali yang Instagramable berikut ini!

Bagaimana? Apa kamu sudah tidak sabar merasakan suasana magis Bali saat upacara Galungan dan Kuningan? Berangkat sekarang juga! Tak perlu takut harga tiket mahal; kan ada Airy!

Cuma dengan Airy, kamu bisa pesan tiket pesawat dengan harga paling murah dan banyak promo menarik! Selain itu, ada banyak kamar hotel yang dilengkapi fasilitas terbaik dengan harga yang sangat terjangkau! Langsung rencanakan liburanmu sekarang juga! Download Airy App melalui App Store dan Google Play Store. Masukkan juga kode kupon yang kamu dapatkan melalui airyrooms.com/promo atau media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms! Dengan Airy, Kapan Aja Bisa Liburan Saat Galungan dan Kuningan! Informasi lebih lengkap, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *