Liburan ke Kota Batu? 5 Objek Wisata Ini Wajib Dikunjungi!

Jika Anda seorang travel-junkie yang mungkin sudah merasa cukup “bosan” dengan tujuan berlibur yang “itu-itu” saja, kini mungkin saatnya bagi Anda untuk coba menengok ke destinasi yang satu ini. Namanya adallah Kota Batu. Kota yang sebetulnya masih termasuk dalam satu wilayah administrasi dengan kota Malang ini, beberapa tahun belakangan kerap jadi buah bibir para traveler domestik hingga internasional. Sedikit gambaran, Batu merupakan wilayah dataran tinggi yang notabene berhawa sejuk dan kondisi alamnya yang masih asri nan indah. Mungkin bisa dibilang mirip-mirip dengan kawasan Puncak Bogor atau Lembang di Bandung. Kondisi yang sedemikian rupa, jelas membuatnya jadi sebuah kawasan wisata andalan masyarakat kota Malang dan sekitar. Tak lama kemudian, Batu pun disulap menjadi Kota Wisata Batu yang punya sejumlah objek wisata menarik. Nah, jika Anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke sana, 5 (lima) objek wisata di Batu ini mestinya layak masuk ke dalam daftar kunjung Anda. Mana saja? Yuk disimak satu per satu.

1. Batu Secret Zoo

Photo credit: Flickr | CC

Batu Secret Zoo bisa dibilang merupakan kombinasi unik antara kebun binatang modern, sekaligus lembaga konservasi dan museum berstandar internasional dengan luas total 22 hektar. Menempati kawasan Jawa Timur Park 2, Batu Secret Zoo memiliki koleksi lebih dari 300 spesies hewan unik dan menarik dari berbagai belahan dunia. Di antaranya, pygmy marmoset; monyet terkecil didunia, lemur ekor cincin hingga kuda gipsi asal Amerika. Tak hanya satwa eksotik, beberapa hewan endemik yang sangat unik juga melengkapi koleksi kebun binatang yang dikenal dengan nama Batu Secret Zoo ini, di antaranya ada binturong albino, tapir, landak albino, nutria albino, coatimundi albino, piton albino, harimau putih dan singa putih.

Selain menikmati koleksi berbagai spesies hewan yang terbagi di sembilan zona, para pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan beberapa hewan, seperti jerapah, kuda nil, unta, ilama, bahkan memberi makan harimau putih dan singa putih. Dengan menawarkan ragam atraksi yang sedemikian rupa, tak ayal Batu Secret Zoo kerap menuai penghargaan di dalam negeri, hingga kancah internasional. Oh ya, di dalam kawasan yang sama pula terdapat Museum Satwa yang juga sayang untuk dilewatkan!

2. Eco Green Park

Photo credit: ecogreenpark.co.id

Di Eco Green Park, suasana wisata sekaligus edukasi bisa langsung terasa seketika Anda memasukinya. Berdiri di atas lahan seluas enam hektar, Eco Green Park menyajikan lebih dari 35 wahana pembelajaran tentang daur ulang. Tak ketinggalan, wahana menarik lain seperti Walking Bird, Jungle Adventure, World of Parrot, Earthquake Simulator, Pengolahan Limbah dan masih banyak lainnya juga wajib dikunjungi. Asyiknya, semua wahana tadi bisa dinikmati secara gratis. Belum puas menikmati seluruh atraksinya? Jangan salah, di sini Anda juga bisa menemukan ratusan spesies unggas dan serangga dari seluruh dunia. Sepertinya tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

3. Museum Angkut + Movie Star Studio

Photo credit: enjoymalang.com

Puas bermain di berbagai taman tematis yang ada di kota Batu, Museum Angkut+ Movie Star Studio wajib jadi destinasi Anda selanjutnya. Objek wisata ini bisa dibilang masih seumur jagung, namun ketenarannya bahkan sudah mencapai primadona wisata dunia. Tempat ini memiliki lebih dari 300 koleksi alat angkut klasik hingga modern dari berbagai negara di seluruh belahan dunia, mulai dengan Buick 10 Toneau yang diproduksi pada tahun 1910 hingga Hummer Limousin tahun 2004. Museum dengan konsep unik ini memiliki 16 zona yang tertata sangat hidup sesuai lansekap kota-kota ternama di dunia, seperti Venice, London, Gangster Town, Las Vegas, bahkan Holywood.

Tak ayal, suasana demikian membuat lokasi ini kerap jadi lokasi pre-wedding ataupun keperluan fotografi lainnya. Selain bisa berkeliling melihat-lihat, pihak pengelola juga kerap mengadakan pertunjukan-pertunjukan khusus seperti Spiderman Show, Gangster Show, dan Parade Show yang diadakan pada waktu-waktu tertentu.

4. Museum Tubuh “The Bagong Adventure”

Photo credit: merrymayblog.blogspot.com

Banyak orang menilai wisata di kota Batu selalu menawarkan kejutan yang berbeda. Anggapan itu mungkin benar adanya sebab, di kota ini Anda juga bisa menemukan museum yang beda dari biasanya yakni Museum Tubuh. Museum Tubuh “The Bagong Adventure” konon menjadi museum tubuh pertama, terlengkap dan terbesar di kawasan Asia. Tak pelak, museum yang berada di kawasan Jawa Timur Park 1 ini selalu tak pernah sepi dari pengunjung. Di sini para wisatawan dibawa menelusuri seluk beluk anatomi tubuh manusia dengan cara inovatif dan mengasyikkan dalam 13 zona. Mulai dengan Zona Gigi, Hidung, Mata, Telinga, bahkan Jantung dan zona-zona lainnya yang berdiri dalam gedung 6 lantai di atas lahan seluas 1,5 hektar. Tak hanya itu saja museum ini juga menyuguhkan koleksi kadaver, yaitu manusia yang telah diawetkan melalui proses plastinasi untuk tujuan pembelajaran. Hal ini juga menjadikan The Bagong Adventure salah satu museum tubuh yang memiliki koleksi kadaver di dunia, bersama satu museum di Eropa. Wow.

5. Batu Night Spectacular

Photo credit: trip101.com

Umumnya, jarang ada tempat wisata yang khusus buka pada malam hari. Tapi di Batu, malam hari adalah waktunya Batu Night Spectacular. Di sini Anda bahkan bisa berwisata hingga tengah malam! Batu Night Spectacular merupakan tempat wisata yang atraktif. Dengan diselimuti udara yang cukup menusuk di malam hari, di tempat ini Anda bisa menyaksikan keindahan dan gemerlap lampu dari wahana Sepeda Udara dan lebih dari 35 wahana permainan menarik lainnya, mulai dari Taman Lampion paling romantis dan paling luas di Indonesia, Trick Art Gallery, Cinema 4D, Battle Area, Laser Mission hingga wahana yang memicu adrenalin seperti; Megamix, Gravitron, Haunted House, termasuk wahana terbaru Drop & Twist Tower dan masih banyak lagi.

Baca juga: Ini Dia 9 Kuliner Legendaris Malang yang Wajib Dicoba

Wah sepertinya memang betul-betul menarik ya objek wisata di kota Batu ini. Buat Anda yang ingin mengunjunginya, lokasi kota Batu tak jauh dari Malang. Untuk urusan akomodasi penginapan, di kota Malang banyak terdapat pilihan kamar hotel Airy Rooms yang layak dicoba untuk melengkapi pengalaman liburan Anda.

Airy Klojen Merbabu 26 Malang
Airy Lowokwaru Candi Trowulan 12 Malang

Gimana tertarik untuk ke Malang atau ke kota Batu? Yuk segera rencanakan perjalanan ke sana, dan jangan lupa untuk pesan kamar hotel dengan aplikasi Airy Rooms yang telah tersedia untuk Android dan iOS. Info lebih lanjut, sowan ke www.airyrooms.com atau hubungi layanan konsumen Airy Rooms di nomor telepon 0804-111-2479 (AIRY),

Source: National Geographic Indonesia

Feature image courtesy of: Flickr | CC

3 Responses to “Liburan ke Kota Batu? 5 Objek Wisata Ini Wajib Dikunjungi!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *