Temukan Beragam Karya Eksotis di Museum Blanco!

Bali memang memiliki banyak pesona yang menawan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain terkenal dengan destinasi wisata alam, Bali juga terkenal dengan sejarah, kebudayaan hingga galeri seninya. Museum Blanco Renaissance yang sudah dibangun oleh Antonio Blanco di Ubud, Gianyar sejak 28 Desember 1999. Hingga saat ini, museum Blanco masih aktif dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Museum Blanco sangat terkenal di kalangan para wisatawan mancanegara sampai ke negara-negara di Eropa. Dari perdana menteri, Presiden Soekarno, sampai artis internasional seperti Michael Jackson pernah mengunjungi tempat ini, lho. Ini dia fakta menarik yang menjadi daya tarik para pengunjung Museum Blanco, yuk simak!

Dipenuhi Karya Estetika yang Berani 

Credit: tempatwisatadibali.info

Pelukis eksentrik Antonio Blanco sangat terobsesi dengan keindahan tubuh perempuan. Hampir sebagian besar karya lukisnya menampilkan perempuan bertelanjang dada. Setelah ditelusuri lagi, ternyata banyak karya Antonio terinsipirasi dari kebudayaan wanita Bali pada zaman sebelum penjajahan. Sebelum para penjajah berdatangan, wanita di Bali tidak menutupi bagian dadanya dengan pakaian. Sejak saja itu para wanita Bali mulai menutupi tubuhnya. Sampai sekarang mereka terkenal sekali dengan tubuhnya yang berisi dan kencang.

Karya lukisan erotis Antonio banyak didominasi oleh lekuk tubuh wanita Bali yang proporsional. Menurut Antonio, karya tersebut adalah bentuk apresiasinya terhadap budaya wanita Bali yang tekun dan rajin dalam bekerja. 

Telusuri Perjalanan Hidup Sang Maestro

Antonio Blanco
Credit: indonesia.go.id

Sejak lulus dari National Academy of Art, New York, Blanco sempat bekerja sebagai pekerja seni di pusat perfilman dunia, Hollywood. Merasa tidak sejalan dengan tujuan hidupnya, ia mulai mengembara di samudra pasifik dan membawanya menemukan Ubud. 

Dari sekian banyaknya tempat yang Antonio singgahi, hanya Bali yang membuat Antonio jatuh cinta. Saat Antonio menelusuri kebudayaan Bali, Antonio mulai jatuh cinta dengan Ni Rondji seorang penari Bali, yang akhirnya menjadi istri sekaligus sumber inspirasi karya seninya. 

Untuk mengapresiasi seluruh karya Antonio Blanco, Raja Ubud Tjokorda Gede Agung Sukawati memberinya sebidang tanah yang luasnya 2 Ha untuk Antonio, dengan imbalan ia harus menyebar luaskan keindahan Bali di Eropa. Tanah inilah yang sekarang menjadi Museum Blanco Renaissance. Antonio Blanco memiliki 4 orang anak yaitu Cempaka, Mario, Orchid & Mahadevi. Namun, hanya Mario seorang yang mewarisi bakat seni sang ayah.

Museum Blanco 

Interior Blanco
Credit: rentalmobilbali.net

Museum Blanco ini memiliki gaya arsitektur bernuansa Bali dan Spanyol. Ada tour yang disediakan oleh keluarga Blanco untuk mengelilingi studio dengan berbagai penjelasan di masing-masing ruangannya. Biasanya, yang akan menjadi bahan perbincangan adalah bagaimana sosok Antonio Blanco melukis dengan begitu cepat dan menghasilkan lukisan yang begitu indah. Antonio Blanco pernah melukis Mick Jagger, Michael Jackson, Presiden Soekarno dan beberapa tokoh-tokoh ternama lainnya. Di museum ini  ada sekitar 300 lukisan yang bisa kamu eksplor. Selain itu, ada juga beberapa lukisan peninggalan Antonio Blanco yang tidak diperjual belikan. Tapi, setiap pengunjung tetap bisa dengan bebas menikmati semua karya beliau.

 Penangkaran Burung Langka

Burung di Museum Blanco
Credit: jauharoh.wordpress.com

Museum Blanco ini memiliki penangkaran burung langka, adapun burung yang ditangkar seperti burung kakatua paruh bengkok, rangkok, jalak bali dan beberapa jenis burung lainnya. Sejauh ini ada kisaran 280 burung. Uniknya, kamu bisa bebas berfoto dengan burung-burung yang ada di sana. Seru banget, ya!

Credit: suaramerdeka.com

Museum Blanco Renaissance pernah mendapatkan penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dari Kementerian Pariwisata. Kualitas karya yang mendunia dan diakui secara internasional ini patut kamu kunjungi dan jelajahi. Ada banyak hal tersembunyi dan masih bisa kamu temukan lagi dari setiap koleksi lukisan yang ada di sana. Tunggu apalagi, jelajahi keunikan seni dan budaya di Bali sekarang juga! Nah, itu dia rekomendasi destinasi dari Airy, selamat mencoba dan selamat liburan, ya! 

Rencanakan liburan hematmu di Bali, kamu bisa booking tiket pesawat kamu di Airy App, tersedia berbagai pilihan maskapai dengan harga terjangkau. Juga ada banyak pilihan kamar hotel Airy yang tersedia di Bali dengan jaminan kenyamanan untukmu. Coba sekarang download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Supaya liburanmu lebih hemat lagi, buruan follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, ya! Ada banyak informasi tentang promo-promo Airy!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *