Jalan-jalan ke-5 Museum di Jakarta yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Berhubung sebentar lagi akan tiba Hari Peringatan Pancasila yang diisi dengan hari libur, sepertinya tak ada salahnya kalau pada hari itu kamu isi dengan aktivitas berwisata atau jalan-jalan yang setidaknya bisa menambah wawasanmu. Ke mana lagi tujuannya kalau bukan jalan-jalan ke museum sebagai pusatnya wisata edukasi. Tak perlu jauh hingga luar kota, di Ibukota Jakarta juga banyak museum menarik lho. Meski monumen khusus Pancasila tak terdapat di sini, setidaknya ada 5 (lima) nih museum di Jakarta yang mungkin saja kamu belum tahu! Di mana saja ya? Sembari ngabuburit buka puasa, jalan-jalan ke lima museum ini aja yuk!

1. Museum Basoeki Abdullah

Suasana di dalam museum Basoeki Abdullah | Photo: jakarta.panduanwisata.id

Buat kamu yang menggemari seni lukis, museum ini mungkin sangat cocok untuk mengisi hari libur kamu sembari ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. Museum Basoeki Abdullah sejatinya adalah museum yang menampilkan seluruh karya lukisan Basoeki Abdullah yang pernah hidup sejak era Hindia-Belanda, dan meninggal pada tahun 1993. Kurang lebih, di museum ini terdapat sekitar 115 koleksi lukisan karya Basoeki yang konon juga pernah dipamerkan di hadapan petinggi-petinggi dunia seperti Ratu Elizabeth II, Ratu Belanda, dan lain sebagainya. Museum ini buka setiap hari, dengan tarif masuk hanya sebesar 2 ribu rupiah saja. Museum Basoeki Abdullah terletak di Jl Keuangan Raya No 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

2. Museum Sumpah Pemuda

Salah satu sudut Museum Sumpah Pemuda yang menampilkan diorama perjanjian Sumpah Pemuda | Photo: jakarta.panduanwisata.id

Selain Museum Gajah, Museum Sunda Kelapa, atau pun Museum Nasional, di Jakarta ada satu lagi museum yang menyimpan kisah penting Indonesia pada era sebelum kemerdekaan. Namanya Museum Sumpah Pemuda. Museum yang berada di bilangan Kramat Raya Jakarta Pusat ini terkenal karena keunikannya menyimpan kisah para pejuang yang mengusir penjajah di usia muda. Satu yang terkenal di museum ini adalah adanya diorama peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 2013. Diorama tersebut berada di bagian tengah museum dengan menampilkan tujuh patung pemuda yang sedang duduk dan satu patung yang sedang memainkan biola. Ngabuburit di lokasi ini sepertinya cukup nyaman, pasalnya museum ini dilengkapi dengan pendingin ruangan.

3. Museum Art Mon Decor

Karya seni kontemporer banyak ditampilkan di museum ini | Photo: youthmanual.com

Mungkin, tak banyak traveler yang tahu tentang museum ini. Namanya Museum Art Mon Decor. Sama seperti Museum Basoeki Abdullah, Museum Art Mon Decor juga menampilkan berbagai karya seni lukis. Bedanya, karya seni yang dipajang di sana memiliki tema-tema tertentu yang rutin berganti setiap tiga bulan sekali. Karya yang dipajang umumnya berasal dari para pelukis ternama seperti; Affandi, Sunaryo, hingga Srihadi Soedarsono. Museum ini terbagi atas tiga lantai yang semuanya dikhususkan untuk memamerkan lukisan, serta berbagai karya seni lainnya. Ingin mengunjungi museum ini? Kamu bisa menemukannya di Jl Rajawali Selatan Raya No 3, Kemayoran, Jakarta Utara. Tiket masuknya gratis!

4. Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Museum Polri)

Mengenal seluk beluk Polri dari sisi sejarah bisa ditemui di tempat ini | Photo: gedoor.com

Sebagai warga negara yang baik, kamu tentu sangat mengenal akan lembaga Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Tapi mungkin saja kamu belum begitu tahu soal seluk beluk sejarah kepolisian negeri ini. Nah untuk mengetahuinya, kamu bisa coba sowan ke Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Museum Polri). Museum ini berlokasi di Jl. Trunojoyo No 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sini tentu saja kamu bisa menjelajah museum yang dibagi jadi tujuh ruangan yakni; Ruang Koleksi dan Peristiwa, Ruang Sejarah, Hall of Fame, Ruang Kepahlawanan, Ruang Simbol dan Kesatuan, Ruang Penegakan Hukum, dan Kids Corner. Yang menarik dari Kids Corner, pengunjung anak-anak akan diajak melakukan simulasi menjadi polisi. Mereka akan belajar menjadi polisi detektif dan memecahkan suatu masalah. Cukup seru kan jika berkunjung ke sini bersama keluarga.

5. Museum di Tengah Kebun

Suasana di dalam Museum di Tengah Kebun penuh koleksi langka nan unik | Photo: Kompas.com

Museum yang satu ini bisa dibilang adalah museum yang istimewa. Pasalnya, sekilas museum yang diberi nama Museum di Tengah Kebun ini terlihat seperti rumah biasa pada umumnya. Namun seketika kamu masuk ke dalamnya, tempat yang memang dahulu merupakan rumah tinggal pribadi ini ternyata seakan disulap menjadi museumnya koleksi benda-benda langka sebut saja seperti misalnya patung, topeng, fosil kayu, hingga fosil kerang. Konon, sang pemilik museum ini mengumpulkan satu per satu koleksinya seorang diri selama 40 tahun dari berbagai negara. Penasaran untuk mengunjungi Museum di Tengah Kebun? Langsung saja sowan ke kawasan Kemang Jakarta Selatan. Tiket masuknya gratis, namun kamu diharuskan untuk booking terlebih dahulu kepada pihak pengelola, dikarenakan adanya kuota pengunjung harian.

Baca juga: 7 Tempat Hangout Seru nan Murah di Jakarta

Wah seru kan pilihan museum di Jakarta tadi? Meski tak melulu tentang sejarah negeri ini, mengenal keanekaragaman nusantara yang “disajikan” di lima museum di atas juga sama pentingnya seperti semangat Pancasila sebagai simbol keanekaragaman. Yuk ah berangkat! Jangan lupa serunya liburan kamu akan lebih sempurna lagi jika pilih akomodasi terbaik bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi budget terbesar dan terpercaya di Indonesia. Cari Airy Rooms di Jakarta? Temukan pilihannya di bawah ini.

Airy Kemang Puri Sakti Satu 43 Jakarta
Airy Premier Menteng Wahid Hasyim 53 Jakarta

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Feature image: triptrus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *